Tentu bagi sebagian besar masyarakat kita pernah mendengar kata Integrasi. Apalagi kata-kata Integrasi. Istilah yang sering muncul di Koran atau televisi, bahkan dalam beberapa acara seminar.

Integrasi sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu Integration, yang memiliki arti pembauran hingga menjadi kesatuan yang utuh dan bulat.

Sehingga dapat dijabarkan bahwa arti dari Integrasi sendiri adalah proses mengkoordinasikan berbagai tugas, fungsi, dan bagian-bagian, sedemikian rupa sehingga dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan.

Kemudian Integrasi ini sendiri nantinya akan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Integrasi Nasional, Integrasi Sosial, dan Integrasi Kebudayaan.

Yang pertama adalah Integrasi Nasional. Kata Integrasi di awal sudah dijabarkan bahwa memiliki makna pembauran menjadi suatu kesatuan yang bulat.

Nah, jika digabungkan dengan kata Nasional, berarti Integritas Nasional memiliki arti atau pengertian sebuah kebangsaan yang meliputi suatu bangsa.

Sebuah kata yang sesungguhnya amat dalam bagi bangsa Indonesia, untuk membangkitkan jiwa nasionalisme bukan?

Namun di luar itu semua, ada sebuah penjabaran yang lebih meluas yang dikemukakan oleh ICCE, yaitu adalah sebuah persatuan dan kesatuan sebuah Negara.

Maksudnya, Integrasi Nasional itu mencerminkan proses persatuan orang-orang dari berbagai wilayah yang berbeda baik suku, budaya, ekonomi, maupun agama.

Kemudian ada Integrasi Sosial. Dari makna Integrasi yang berarti pembauran hingga menjadi kesatuan yang utuh kemudian ditambah dengan makna dari kata Sosial.

Sosial maksudnya umum, tidak bisa berdiri sendiri, dan perbedaan.

Sehingga jika digabungkan menjadi Integrasi Sosial maka maknanya menjadi penyesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan social sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang serasi.

Yang terakhir adalah Integrasi Kebudayaan, yang memiliki makna penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga mencapai keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat.

Dan yang perlu kita pahami tentang Integrasi adalah, bahwa proses penyatuan dalam makna dari Integrasi ini tak bisa terjadi begitu saja namun melewati suatu proses yang cukup panjang dan sangat lama.