Dalam dunia yang penuh perhitungan dan transaksi, nampaknya pengaturan keuangan menjadi ilmu yang wajib dipelajari.

Salah satu ilmu yang bisa menjadi jalan untuk tetap “survive” dalam dunia yang mengandalkan kapital alias modal adalah investasi.

Investasi sendiri maknanya menurut beberapa pakar berarti penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki. Biasanya investasi berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang.

Dalam sebuah negara, investasi dilakukan untuk menarik modal dalam negeri maupun modal asing. Hal ini dilakukan oleh pemerintah sebab kegiatan investasi akan mendorong pula kegiatan ekonomi suatu negara, penyerapan tenaga kerja, peningkatan output yang dihasilkan, penghematan devisa atau bahkan penambahan devisa.

Nah pengertian lain dari investasi sebenarnya adalah sebuah rencana untuk menginvestasikan sumber-sumber daya, baik proyek raksasa ataupun proyek kecil untuk memperoleh manfaat pada masa yang akan datang.

Banyak investasi yang berbentuk nilai uang, ada juga dalam bentuk aktiva atau barang seperti tanah, rumah, bangunan , mesin dan lain sebagainya.

Namun biasanya pada akhirnya nanti semua jenis invesasi itu akan dinilai dan dikonversikan dalam nilai uang.

Nah, kalau kamu bingung ingin menjalankan investasi yang mana, berikut ada beberapa jenis investsi yang bisa kamu lakukan.

1Reksadana

pemeriksaanpajak.com

Reksa dana adalah investasi yang menghimpun dana dari masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi untuk kemudian diinvestasikan ke aset finansial lainnya.

Dana itu biasanya disimpan di bank penyimpanan yang disebut dengan bank kustodian. Reksa dana adalah solusi bagi orang yang ingin berinvestasi dalam banyak aset namun memiliki dana yang terbatas.

Hal ini dimungkinkan karena dana yang dihimpun dari banyak pihak cukup besar untuk kemudian dapat diinvestasikan pada saham, obligasi dan instrumen pasar uang sesuai dengan kebijakan dari Manajer Investasi.

2Mata Uang Asing

www.pakistantoday.com.pk

Segala macam mata uang asing biasanya dapat dijadikan alat investasi. Investasi dalam mata uang asing ini lebih beresiko.

Pasalnya dibandingkan dengan investasi lain, nilai mata uang asing di Indonesia menganut sistem mengambang bebas (free float) yaitu benar-benar tergantung pada permintaan dan penawaran di pasaran.

3Properti

www.poznansky.com

Investasi dalam properti berarti investasi dalam bentuk tanah atau rumah. Ini bisanya banyak dilakukan oleh orang-orang di Indonesia.

Harga properti di masa yang akan datang kecenderungannya naik sehingga cocok untuk investasi. Selain bisa dijual kembali, investasi rumah atau bangunan bisa disewakan sehingga mendatangkan penghasilan.

4Saham

www.beritaasli.com

Saham ialah kepemilikan atas sebuah perusahaan. Dengan membeli saham di suatu tempat, berarti orang yang memiliki saham sama halnya dengan membeli sebagian perusahaan tersebut.

Apabila perusahaan tersebut mengalami keuntungan, maka pemegang saham biasanya akan memperoleh sebagian keuntungan yang disebut deviden.

Saham itu juga bisa dijual kepada pihak lain, baik dengan harga yang lebih tinggi yang selisih harganya disebut dengan capital gain maupun lebih rendah daripada kita membelinya yang selisih harganya disebut capital loss.

5Emas

therealasset.co.uk

Emas merupakan barang berharga yang paling diterima di seluruh dunia setelah mata uang asing.

Harga emas akan mengikuti kenaikan nilai mata uang dari negara-negara G-7. Semakin tinggi kenaikan nilai mata uang asing tersebut, semakin tinggi pula harga emas.

Selain itu harga emas biasanya juga berbanding searah dengan inflasi. Semakin tinggi inflasi, biasanya akan semakin tinggi pula kenaikan harga emas.

Seringkali kenaikan harga emas melampaui kenaikan inflasi itu sendiri.

6Tabungan

bprdbl.co.id

Dengan menyimpan uang di tabungan, maka akan mendapatkan suku bunga tertentu yang besarnya mengikuti kebijakan bank bersangkutan.

Produk tabungan biasanya memperbolehkan kita mengambil uang kapanpun yang diinginkan.

SHARE