Sudah tahu tentang jaringan komputer belum guys? Yup di jaman sekarang ini tentunya harus tahu ya tentang jaringan komputer, secara jaman sekarang gak seperti dulu lagi, kalau nyari ilmu harus nyari di buku atau guru, sekarang sekali ketik lewat handphone langsung muncul banyak pilihan.

Yup, jaringan komputer merupakan salah satu jarigan yang cuup menarik bagi siapapun. Terutama bagi kalangan pelajar yang suak atau hobi banget dengan namanya komputer.

Jaringan yang dalam bahasa inggris disebut network merupakan sistem operasi yang terdiri atas sejumlah komputer dan perangkat jaringan lainnya. Bekerja secara bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan sebagai jaringan kerja yang terhubung satu sama lain.

Atau juga bisa diartikan jaringan komputer adalah suatu sistem yang didalamnya terdiri dari dua atau lebih perangkat komputer serta perangkat – perangkat lainnya yang dibuat atau dirancang untuk dapat berkerja sama dengan tujuan agar dapat berkomunikasi, mengakses informasi, meminta serta memberikan layanan atau service antara komputer satu dengan yang lainnya.

Jaringan komputer bisa terhubung, baik dengan atau tanpa kabel. Masing-masing titik atau nodes berfungsi sebagai stasiun kerja. Salah satunya berfungsi sebagai media jasa atau server yang mengatur fungsi tertentu dari titik lainnya.

Secara mendasar, teknologi jaringan komputer merupakan perpaduan antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi.

Mari kita bahas secara mendalam tentang jaringan komputer

1Sejarah Jaringan Komputer

aqshalkusakkusuk.blogspot.com

Yup memang pengertian jaringan komputer telah diuraikan di atas, sekarang kita akan mengenali sejarahnya. Pasti dong sejarah itu juga menarik dan bermanfaat bagi kita. Pada tahun 1940 merupakan tahun di mana munculnya konsep jaringan komputer di Amerika. Konsep itu digagas oleh proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken.

Pada awalnya proyek itu hanya ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer untuk digunakan bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian

Selanjutnya pada tahun 1950 ketika berbagai jenis komputer mulai berkembang hingga hadirnya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia, untuk mendukung hal tersebut di atas, ditemukanlah konsep distrubusi proses berdasarkan waktu yang disebut dengan nama Time Sharing System atau disingkat TSS.

Mulai saat itulah untuk pertama kalinya bentuk jaringan komputer diterapkan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lain yang terhubung dalam suatu jaringan komputer. Dalam proses TSS telah mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

Departemen Pertahanan Amerika, U.S. yaitu DARPA atau Defense Advanced Research Projects Agency memutuskan untuk mengadakan peneltuan yang tujuannya untuk mengkoneksikan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik pada tahun 1969. Program penelitian itu dikenal dengan sebutan ARPANET.

Kemudian pada tahun 1970, telah lebih dari sepuluh komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Pada tahun 1970 itu juga setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi atau Distributed Processing.

Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.

2Manfaat Jaringan Komputer

sites.google.com

Yup setelah kita bahas panjang lebar di atas, tentu dong kita juga harus tahu tentang manfaat jaringan komputer. Secara kasat mata memang sudah dapat kita dapatkan manfaatnya, bahkan kadang sadar atau tidak sadar orang banyak mendapatkan kemudahan lewat jaringan komputer walau mereka tidak tahu.

Kemudahan Akses

Manfaat jaringan komputer sudah jelas sekali ya guys, bahkan secara umum manfaat ini sudah menjalar ke semua kalangan. Kemudahan akses sangat bermanfaat bagi semua orang, bahkan anak yang masih sekolah dasar pun mampu mendapatkan manfaat ini.

Yup, dengan jaringan komputer, kita bisa mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah diseberluaskan melalui suatu jaringan, semisal jaringan internet.

Contoh yang sederhana, kita bisa mengunduh foto artis atau dokumen yang ada media sosial internet.

Pengiriman Data

Manfaat berikutnya dari jaringan internet adalah pengiriman data. Melalui email atau media sosial di internet kita bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien. Bahkan bisa dikatakan kecepatan pengiriman data ini kecepatan kilat hanya menunggu beberapa detik saja untuk mengirim.

Berbeda sekali tentunya dengan yang tidak menggunakan jaringan internet, mereka yang menulis surat dan dikirim lewat kantor pos akan menunggu sampai beberapa hari.

Menghubungkan Seseorang

Seperti yang sudah banyak dilakukan di media sosial di internet, banyak orang bisa berhubungan dengan orang berbagai negara, tidak hanya negeri tetangga atau se asean saja, tapi juga di negara terjauh sekalipun.

Selain itu, pengguna juga dapat mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time dengan bantuan jaringan komputer. Jadi tidak hanya sekedar pesan suara saja.

Akses Berita Tercepat

Yup, sudah jelas sekali ya guys, manfaat ini sudah banyak juga didapat oleh banyak orang. Hanya dengan sekali atau 2 kali ketik kita sudah mendapat informasi paling Update, paling gress dan sangat cepat sekali kita mendapatkannya.

Kita dapat mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah, tidak hanya berita di negeri sendiri tapi juga berita di belahan negara manapun, melalui internet dikarenakan internet merupakan salah satu contoh jaringan komputer.

Multiguna

Yup dengan adanya jaringan internet, 1 benda bisa bermanfaat bagi banyak orang. Sebagai contoh wifi, dengan adanya wifi yang alatnya Cuma satu tapi bisa bermanfaat bagi banyak orang

Misalkan lagi dalam suatu kantor memerlukan printer, kita tidak perlu membeli printer sejumlah dengan komputer yang terdapat pada kantor tersebut. Kita cukup membeli satu printer saja untuk digunakan oleh semua karyawan kantor tersebut dengan bantuan jaringan komputer.

3Keuntungan dan Kerugian Lain dari Jaringan Komputer

iosinotes.blogspot.com

Keuntungan Jaringan

Keuntungan utama yang langsung terasa dari network sharing itu adalah, Internet yang mendunia, karena pada hakikatnya Internet itu  sendiri  adalah  serangkaian  komputer (ribuan bahkan jutaan komputer) yang saling terhubung satu sama lain. Berevelusi dan berkembang dari waktu ke waktu, sehingga membentuk satu jaringan kompleks seperti yang kita rasakan sekarang ini.

Keuntungan lain dilihat dari sisi internal network adalah :

Resource Sharing,

Dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersama-sama. Misal seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mangatasi masalah jarak.

Reliabilitas tinggi

Dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.

Menghemat uang

Komputer berukutan kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecapatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan komputer kecil/pribadi.

Akan tetapi, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi.

Hardware sharing, Bagi pakai hardware secara bersama-sama

Dengan adanya fasilitas jaringan kemudian menggunakan alat yang bernama printer server. maka sebuah printer laser berwarna yang mahal sekali harganya dapat dipakai secara bersama-sama oleh 10 orang pegawai. Begitu pula halnya dengan scanner, Plotter, dan alat-alat lainnya.

Keamanan dan pengaturan data

Komputer dalam sebuah lingkungan bisnis, dengan adanya jaringan tersebut memungkinkan seorang administrator untuk mengorganisasi data-data kantor yang paling penting. Dari pada setiap departemen menjadi terpisah-pisah dan data-datanya tercecer dimana-mana.

Data penting tersebut dapat di manage dalam sebuah server back end untuk kemudian di replikasi atau dibackup sesuai kebijakan perusahaan. Begitu pula seorang admin akan dapat mengontrol data-data penting tersebut agar dapat diakses atau di edit oleh orang-orang yang berhak saja.

Ke-stabilan dan Peningkatan performa komputasi

Dalam kondisi tertentu, sebuah jaringan dapat digunakan untuk meningkatkan performa keseluruhan dari aplikasi bisnis, dengan cara penugasan komputasi yang di distribusikan kepada beberapa komputer yang ada dalam jaringan.

Kerugian Jaringan

Berbagai keuntungan dari media-media jaringan telah panjang lebar dijelaskan diatas, akan tetapi kerugian belum disinggung sama sekali. So, kita juga perlu bahas kerugiannya.

Jaringan dengan berbagai keunggulannya memang sangat membantu sekali kerja dalam suatu perusahaan. Tetapi kerugiannya juga banyak apabila tidak di sadari dari awal. Berikut beberapa kerugian dari implementasi jaringan  :

Biaya yang tinggi kemudian semakin tinggi lagi.

Pembangunan jaringan meliputi berbagai aspek: pembelian hardware, software, biaya untuk konsultasi perencanaan jaringan, kemudian biaya untuk jasa pembangunan jaringan itu sendiri. Infestasi yang tinggi ini tentunya untuk perusahaan yang besar dengan kebutuhan akan jaringan yang tinggi.

Sedangkan untuk pengguna rumahan biaya ini relatif kecil dan dapat ditekan. Tetapi dari awal juga network harus dirancang sedemikian rupa sehingga tidak ada biaya overhead yang semakin membengkak karena misi untuk pemenuhan kebutuhan akan jaringan komputer ini.

Manajemen Perangkat keras dan Administrasi sistem

Di suatu organisasi perusahaan yang telah memiliki sistem, administrasi ini dirasakan merupakan hal yang kecil, paling tidak apabila dibandingkan dengan besarnya biaya pekerjaan dan biaya yang dikeluarkan pada tahap implementasi.

Akan tetapi hal ini merupakan tahapan yang paling penting. Karena Kesalahan pada point ini dapat mengakibatkan peninjauan ulang bahkan konstruksi ulang jaringan. Manajemen pemeliharaan ini bersifat berkelanjutan dan memerlukan seorang IT profesional, yang telah mengerti benar akan tugasnya. Atau paling tidak telah mengikuti training dan pelatihan jaringan yang bersifat khusus untuk kebutuhan kantornya.

Sharing file yang tidak diinginkan

Memang ini sudah menjadi hal yang tidak diinginkan, ini juga selalu merupakan hal yang umum berlaku (ambigu), kemudahan sharing file dalam jaringan yang ditujukan untuk dipakai oleh orang-orang tertentu, seringkali mengakibatkan bocornya sharing folder dan dapat dibaca pula oleh orang lain yang tidak berhak.

Hal ini akan selalu terjadi apabila tidak diatur oleh administrator jaringan, apabila orang itu mengetahui sebuah rahasia dan ia adalah orang baik, maka akan aman rahasia tersebut, tapi bagaimana jika yang tahu rahasia itu adalah orang yang kurang baik, tentu akan menjadi masalah.

Apalagi jika file pribadi yang disimpan dalam komputer kantor tersebar, tentu itu menjadi momok yang menakutkan bagi mereka yang suka menyimpan file di komputer kantor.

Aplikasi virus dan metode hacking

Hal-hal ini selalu menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang, mengakibatkan network down dan berhentinya pekerjaan. Permasalahan ini bersifat klasik karena system yang direncanakan secara tidak baik.

Virus memang cukup membuat banyak orang gusar, secara data-data itu sangat penting, jika hilang akan membuat orang frustasi. Belum lagi jika lagi  banyak pekerjaan dan virus mengganggu jalanny pekerjaan, tentu akan membuat kita kehilangan semangat dalam bekerja.

4Macam-macam Jaringan Komputer

slideshare.net

Bahasan berikutnya tentang jaringan komputer yang perlu kita tahu adalah macam-macam jaringan komputer. Karena jaringan komputer memang tidak hanya 1 atau 2 saja, tapai ada beberapa dan tentu ini perlu kita tahu.

Berdasarkan Jangkauan Geografis

LAN

Local Area Network atau yang sering disingkat dengan LAN merupakan jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil saja, semisal warnet, kantor, atau sekolah. Umumnya jaringan LAN luas areanya tidak jauh dari 1 km persegi.

Biasanya jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s.

Selain menggunakan teknologi Ethernet, tak sedikit juga yang menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jaringan LAN.

MAN

Metropolitan Area Network atau MAN merupakan jaringan yang mencakup suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi. Bisa dibilang, jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN.

Jangakauan dari jaringan MAN berkisar 10-50 km. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi membuat rancangan menjadi lebih simple.

WAN

Wide Area Network atau WAN merupakan jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, semisal sebuah negara bahkan benua.

WAN umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun berada di lokasi yang berbeda.

Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/ Data

Jaringan Terpusat

Yang dimaksud jaringan terpusat adalah jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server dimana komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi/ data yang berasal dari komputer server.

Dalam jaringan terpusat, terdapat istilah dumb terminal (terminal bisu), dimana terminal ini tidak memiliki alat pemroses data.

Jaringan Terdistribusi

Jaringan ini merupakan hasil perpaduan dari beberapa jaringan terpusat sehingga memungkinkan beberapa komputer server dan client yang saling terhubung membentuk suatu sistem jaringan tertentu.

Berdasarkan Media Transmisi Data Yang Digunakan

Jaringan Berkabel (Wired Network)

Media transmisi data yang digunakan dalam jaringan ini berupa kabel.

Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya agar bisa saling bertukar informasi/ data atau terhubung dengan internet.

Salah satu media transmisi yang digunakan dalam wired networkadalah kabel UTP.

Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Dalam jaringan ini diperlukan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi datanya.

Berbeda dengan jaringan berkabel (wired network), jaringan ini tidak menggunakan kabel untuk bertukar informasi/ data dengan komputer lain melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi/ data antar komputer satu dengan komputer lainnya.

Wireless adapter, salah satu media transmisi yang digunakan dalamwireless network.

Berdasarkan Peranan Dan Hubungan Tiap Komputer Dalam Memproses Data

Jaringan Client-Server

Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer server dan komputer client. Biasanya terdiri dari satu komputer server dan beberapa komputer client.

Komputer server bertugas menyediakan sumber daya data, sedangkan komputer client hanya dapat menggunakan sumber daya data tersebut.

Jaringan Peer to Peer

Dalam jaringan ini, masing-masing komputer, baik itu komputer server maupun komputer client mempunyai kedudukan yang sama.

Jadi, komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya komputer client juga dapat menjadi komputer server.

Berdasarkan Topologi Jaringan Yang Digunakan

Topologi jaringan komputer merupakan bentuk/ struktur jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan yang lain.

5Tujuan Jaringan Komputer

mbanetit.com

Setiap apa yang dilakukan manusia selalu ada tujuannya. tidak mungkin manusia membuat sesuatu tanpa ada kejelasan. Nah, jaringan komputer dibangun dengan beberapa tujuan, antara lain seperti di bawah ini.

Manajemen Sumber Daya Lebih Efisien

Banyak pengguna dapat saling berbagi perangkat printer tunggal dengan kualitas tinggi tanpa mengganggu aktifitas pengguna lainnya. Hal ini dapat mengefisiensikan pengeluaran untuk membeli perangkat printer lebih dari satu.

Selain itu, lisensi perangkat lunak yang dipergunakan untuk jaringan dapat menekan biaya dibandingkan dengan menggunakan lisensi untuk yang terpisah per satuan komputer dalam jumlah pengguna yang sama.

Selain itu, para pengguna juga dapat berbagi perangkat CPU, memori dan harddisk secara bersamaan pula.

Mempertahankan Informasi Tetap Handal dan Up To Date

Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna memiliki akses data dari berbagai lokasi yang berbeda dalam waktu yang hampir bersamaan.

Selain itu, dengan adanya jaringan komputer, ketika proses pembaharuan dijalankan oleh salah satu pengguna tidak sampai membatasi akses pengguna lainnya untuk mengakses data yang dibutuhkannya.

Mempercepat Proses Berbagi Data

Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan. Hal ini tak dapat dipungkiri, telah menjadi kelebihan yang tidak dapat diungguli oleh metode yang lain.

Dengan keberhasilan mempercepat proses berbagi data, maka kecepatan pengguna untuk melakukan proses lanjutan setelah mendapatkan data bisa dilakukan jauh lebih cepat.

Kelompok Kerja Berkomunikasi secara Efisien

Surat dan penyampaian pesan merupakan hal penting dalam komunikasi. Semakin cepat antar pengguna melakukan komunikasi, maka proses mencapai tujuan juga dapat dilakukan lebih cepat pula.

Sistem jaringan mendukung hal ini. penyampaian surat dan pesan secara elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan.

Disamping itu, terdapat sistem penjadwalan, pemantauan proyek, pertemuan secara online dan groupware, dimana semuanya membantu tim bekerja dengan lebih produktif.

Melayani Klien secara Lebih Efektif

Tentu pastinya ya guys, akses jarak jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan secara langsung tanpa harus bolak balik melakukan pengambilan data ke pusatnya atau bahkan balik ke komputer kantor.

Selain itu, klien juga dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok untuk kebutuhan-kebutuhan yang khas. Ini sangat memudahkan tentunya.

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer berfungsi menjalankan perintah untuk meminta sekaligus memberikan layanan secara terpadu.

Pihak yang meminta layanan disebut dengan klien dan yang memberikan layanan disebut dengan pelayanan atau server. Arsitektur ini disebut dengan sistem klien-server dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Sedangkan keuntungan utama yang dapat langsung terasa dari jaringan ini salah satunya dengan kehadiran internet yang mendunia. Karena pada dasarnya internet merupakan serangkaian komputer berjumlah ribuan, bahkan hingga jutaan.

Kesemuanya saling terhubung satu sama lain. Berevolusi dan berkembang dari waktu ke waktu. Sehingga membentuk satu jaringan kompleks seperti yang kita rasakan sekarang ini.

Di mana, komputer yang berada di ujung utara bumi dapat terhubung langsung dengan komputer yang berada di ujung selatan bumi hanya dalam waktu beberapa detik saja.

6Kemananan Jaringan

superhugeblog.blogspot.com

Sebuah jaringan atau sistem yang dibuat manusia tentu ada kelemahan dan kekurangannya, untuk itu agar semua aman dan terkendali perlu adanya sistem keamanan dalam jaringan komputer. Yuk mari kita bahas bersama tentang keamanan jaringan komputer.

Keamanan jaringan komputer adalah proses untuk mencegah dan mengidentifikasi penggunaan yang tidak sah dari jaringan komputer. Langkah-langkah pencegahan membantu menghentikan pengguna yang tidak sah yang disebut “penyusup” untuk  mengakses setiap bagian dari sistem jaringan komputer.

Tujuan Keamanan jaringan komputer adalah untuk mengantisipasi resiko jaringan komputer berupa bentuk ancaman fisik maupun logik baik langsung ataupun tidak langsung mengganggu aktivitas yang sedang berlangsung dalam jaringan komputer.

Metode dan Aplikasi Sistem Keamanan Jaringan Komputer

Secara umum ada dua metode pada sistem keamanan jaringan komputer:

Metode yang digunakan untuk melindungi data saat transit jaringan dan metode kontrol paket yang  transit  ke jaringan

Sementara kedua metode ini secara drastis mempengaruhi trafik yang ke dan dari sebuah situs, namun tujuannya sangat berbeda.

Transit Keamanan

Tidak ada sistem yang digunakan untuk  menyimpan data yang aman untuk transit ke jaringan publik. beberapa metode tersedia untuk mengenkripsi trafik antara situs. Ada Dua Aplikasi keamanan jaringan komputer secara umum adalah sebagai berikut:

Virtual Private Networks:

Membangun sebuah jaringan privat dengan menggunakan TCP  IP untuk mendukung tingkat yang lebih rendah dari stack TCP  IP yang kedua. Dalam encapsulate form  trafik IP dikirim di berbagai bentuk jaringan fisik. Setiap sistem yang melekat pada jaringan fisik mengimplementasikan standar untuk mengirim pesan IP  pada link tersebut.

Paket Level Enkripsi:

Cara lain mengenkripsi trafik di lapisan yang lebih tinggi dalam stack TCP IP adalah level paket enkripsi.  Sejumlah metode yang ada untuk otentikasi aman dan sesi enkripsi telnet dan relogin yang merupakan contoh dari enkripsi pada tingkat tertinggi dari tumpukan (lapisan aplikasi).

Regulasi Trafik

Bentuk yang paling umum dari keamanan jaringan komputer di Internet adalah regulasi trafik. Jika paket, yang melakukan sesuatu yang berbahaya ke host remote tidak pernah pergi ke sana, remote host akan tetap terpengaruh.

Untuk regulasi trafik itu sendiri terbagi beberapa macam, yaitu regulasi trafik router, regulasi trafik firewall dan host regulasi trafik.

Yup, itulah panjang lebar kali tinggi pembahasan tentang jaringan kompter, mulai dari pengertian, manfaat, tujuan, sejarah, keuntungan dan kerugian, jenis-jenis jaringan, serta kemanan jaringan komputer.

Semoga bermanfaat bagi kita semua.