Bicara soal seni kriya, berarti bicara tentang sesuatu yang mempunyai hubungan erat dengan keterampilan tangan atau kerajinan tangan yang memerlukan ketelitian tinggi dalam setiap detil karya yang dibuat.

Seni kriya sudah muncul di Nusantara sejak zaman dahulu. Seni kriya inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya seni rupa yang ada di Indonesia.

Contoh dari seni kriya yang ada di Indonesia adalah relief, batik, keramik grafis, anyaman, sulam, patung, tenun dan masih banyak lagi contoh karya seni tradisional lain.

1Keahlian Tangan

duduul.com

Kriya adalah jenis karya seni terapan yang menitik beratkan pada ketrampilan tangan untuk mengolah bahan baku yang ada di sekitar lingkungan hingga menjadi benda yang mempunyai nilai fungsi dan juga nilai estetis.

Kriya sendiri mengunakan banyak keahlian dalam seni rupa murni seperti cara untuk mengukir, cara mematung untuk menghasilkan suatu produk.

Dalam proses pembuatan karya seni kriya ini tidak terlalu memperhatikan kepuasaan emosi tertentu, tapi lebih kepada nilai estetis bahkan nilai jual.

2Menghasilkan Benda Bernilai Seni

blogmamen.com

Seni kriya sendiri berasal dari kata “Kr” (bahasa sansekerta) yang mempunyai arti mengerjakan. Berawal dari akar kata tersebutlah kemudian mengalami perkembangan menjadi kata “kriya”.

Dalam artian khusus kriya adalah mengerjakan sesuatu untuk menghasilkan benda atau obyek yang mempunyai nilai seni. Ada unsur keindahan yang ditonjolkan

3Pekerjaan Mengolah Sesuatu

qolbunhadi.com

Istilah seni kriya berarti mengerjakan. Kata dasar tersebut kemudian mengalami perkembangan menjadi lebih bervariasi seiring perkembangan zaman.

Nah, mengenai pergulatan asal muasal kriya ini yang menurut beberapa pakar menyatakan bahwa sebetulnya kata kriya belum pernah dipakai dalam bahasa Indonesia, tapi dalam bahasa asalnya, yaitu sansekerta.

Perkataan kriya memang berasal dari bahasa sansekerta. Ada juga pengertian lainnya dari kamus yang diartikan sebagai pekerjaan, atau “damel” (membuat) dalam bahasa jawa.

4Keterampilan

nisarosyidatun.blogspot.com

Pada akhirnya, pengertian kata “kriya” juga terdapat dalam bahasa Indonesia yang berarti atau ketrampilan tangan.

Sedangkan dalam bahasa Inggris, biasa disebut dengan craft yang mempunyai arti energi atau kekuatan. Kenyataannya seni kriya sering diartikan sebagai karya yang dihasilkan karena keterampilan seseorang.

Dalam tradisi Jawa, penting sekali keterampilan dalam membuat (mengubah) benda yang digunakan sehari-hari menjadi benda yang memiliki nilai. Entah itu nilai estetis saja atau sekaligus memiliki nilai kebermanfaatan.

Selain itu juga dibutuhkan pengetahuan dan kepekaan akan keindahan yang bagi beberapa kondisi hanya bisa dirasakan oleh para seniman, orang-orang yang secara khusus mendalami ilmu seni kriya ini.

5Hiasan dan Barang Bermanfaat

carajuki.com

Seni kriya merupakan karya seni yang biasa digunakan sebagai hiasan untuk mendekorasi rumah, maupun ruang kerja. Seni kriya bisa masuk ke segala jenis usia, ke seluruh lapisan masyarakat.

Maka, selain berfungsi sebagai hiasan, seni kriya juga biasanya dibuat dalam bentuk benda yang dapat digunakan sehari-hari.

Tas, misalnya. Tas ini termasuk seni kriya yang masuk ke dalam kategori karya seni kriya berbahan dasar kulit. Bahan yang digunakan untuk membuat tas ini murni dari kulit hewan.

6Kebutuhan Emosional

duduul.com

Pembuatan seni kriya yang tak hanya berdasar pada aspek fungsional namun juga dapat dimanfaatkan sebagai sebuah media untuk memenuhi kebutuhan emosional akan keindahan.

Maka seni kriya memang identik dengan pembuatannya yang tanpa mesin alias manual. Seni kriya termasuk seni hand made yang memiliki ciri khas unik dibanding karya seni lainnya.