senikarikaturbywahyuwidh.blogspot.com

Pengertian Seni Lukis Menurut Para Ahli yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Posted on

Kamu sering berkunjung ke pameran lukisan? Tentu kamu akan terpana memandang lukisan-lukisan yang kadang kala sulit ditebak oleh mata namun mengandung pesan dan unsur yang sangat mendalam. Hanya orang-orang berjiwa seni saja yang mampu memahaminya.

Seni lukis merupakan turunan dari seni rupa. Melukis memang bukan hal yang asing lagi dizaman sekarang, bahkan dibeberapa sekolah melukis sudah menjadi mata pelajaran wajib bagi para muridnya.

Bagi penikmat lukisan, sebuah karya lukisan adalah keindahan yang menimbulkan decak kagum sehingga tidak jarang para kolektor sanggup mengeluarkan sejumlah uang yang tidak sedikit hanya untuk memiliki lukisan yang mencuri perhatiannya.

Oleh karena itu, meskipun tidak memperhatikan nilai guna, karya seni lukis merupakan salah satu karya seni yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Nah, sebelum lebih jauh membahas tentang seni lukis bagaimana jika kita mengetahui terlebih dahulu pengertian seni lukis dari berbagai sumber. Penasaran kan? Yuk simak ulasannya berikut.

Galeria Fasya Art Studio

wisnujadmika.wordpress.com
wisnujadmika.wordpress.com

Lukis merupakan cabang atau bagian dari seni rupa dimana wujud dari lukis itu sendiri merupakan karya dua dimensi (dwi  matra).

Walaupun memiliki dasar pengertian yang sama dengan seni rupa, namun lukis memiliki arti yang lebih karena lukis merupakan sebuah pengembangan yang lebih utuh dari sekedar menggambar.

Wah, ada benernya juga ya. Karena menggambar itu adalah seni yang sederhana, sedangkan melukis adalah seni dengan gaya yang jauh dari sederhana. Hasil dari menggambar dan melukis saja berbeda sangat jauh.

Aristoteles

12411460erwin.wordpress.com
12411460erwin.wordpress.com

Seorang filosof sekaligus ilmuwan ini juga memberikan pengertian tentang seni rupa. Menurutnya seni rupa adalah sebuah peniruan terhadap alam tetapi harus memiliki sifat ideal.

Wajar saja jika seni lukis kerap kali melukiskan alam, manusia, sejarah dan lain sebagainya. Yap! Mungkin memang objek utama seni lukis adalah peniruan terhadap alam.

Brade

kesindomu.blogspot.com
kesindomu.blogspot.com

Brade mengatakan bahwa seni lukis adalah pemanfaatan budi dan akal (waduh, budi memang nasibnya selalu dimanfaatkan ya. Hiks!) untuk menghasilkan karya yang membahagiakan jiwa spiritual manusia.

Jadi menurut abang Brade ini, dikatakan seni lukis jika mampu memberikan kebahagiaan jiwa pada manusia. Sudah dapat dipastikan, seorang pelukis akan sangat senang setelah melihat hasil lukisannya.

Lager

princessay.wordpress.com
princessay.wordpress.com

Hayo dibaca yang benar, Lager ya bukan LAPER apalagi BAPER. Wkwkwk.

Biasanya jomblo yang suka salah baca. Ups! Menurut abang Lager, seni lukis adalah kegiatan yang menciptakan perasaan, dan mampu memberikan pemahaman perasaan tersebut kepada yang melihatnya.

Herbert Read

wisnujadmika.wordpress.com
wisnujadmika.wordpress.com

Seni lukis jika menurut Herbert Read adalah kegiatan rohani yang merefleksikan jasmani. Lalu ia mempunyai daya yang mampu membangkitkan perasaan atau jiwa orang lain.

Waw! Horor juga ya. Wkwkwk.

Edmund Burke Feldman

awakendreamer.tumblr.com
awakendreamer.tumblr.com

Pengertian seni lukis dari abang yang satu ini yaitu ekspresi ide-ide atau emosi dan pengalaman-pengalaman melalui beberapa unsur. Unsur tersebut adalah unsur visual , yang terdiri dari garis, warna, bentuk, tekstur dan ruang gelap atau terang.

Menurutnya juga unsur-unsur tersebut harus memiliki beberapa ornamen, seperti kesatuan, keseimbangan, irama dan perbandingan ukuran.

Waduh, kalau yang ini agak membingungkan ya guys? Hehe.

Dan Suwaryono

www.yumii.web.id
www.yumii.web.id

Dan Suwaryono mengemukakan bahwa seni lukis adalah seni yang memiliki dua faktor. Faktor yang pertama yaitu faktor ideoplastis. Maksudnya adalah faktor ide, pengalaman, emosi, fantasi dan lain-lain.

Sedangkan faktor yang kedua adalah faktor fisioplatis yang meliputi hal-hal teknis, termasuk organisasi elemen-elemen visual seperti garis, ruang, warna tekstur, bentuk (shape) dengan prinsip-prinsipnya.

Nah, itulah tadi beberapa pengertian seni lukis. Bagaimana? Apakah kamu sudah tertarik dengan seni yang satu ini? Silahkan mempelajari dan mencoba berkreasi dengan lukisanmu ya.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *