Halo pecinta musik! Tentu kamu sangat menyukai dengan satu hal yang namanya musik. Musik selain menjadi sesuatu yang enak didengar juga terkadang menjadi teman disaat bosan.

Ketika mulai suntuk dengan kegiatan, kamu akan mendengarkan musik untuk menghilangkan jenuh. Atau ketika melakukan perjalanan jauh, kamu akan merasa perjalanan lebih nyaman jika ditemani dengan musik.

Nah, jika selama ini kamu hanya menikmati musik yang ada bagaimana jika kamu mulai mengetahui tentang pengertian seni musik itu apa.

Mau tau? Yuk simak ulasan berikut.

Seni musik adalah suatu cabang seni yang menggunakan musik sebagai sarana untuk mengungkapkan ekspresi pembuatnya.

Sedangkan musik adalah seni yang menggunakan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali. Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif, dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

1Pengertian Seni Musik secara Etimologi

kabardaripanyileukan.blogspot.co.id

Secara etimologi kata musik berasal dari bahasa Inggris: music. Sedangkan kata music berasal dari bahasa Yunani: mousikê. Kata tersebut digunakan untuk merujuk kepada semua seni yang dipimpin oleh Muses.

Namun, kebanyakan seni yang dipimpin oleh Muses berupa seni musik dan puisi. Kemudian di Roma, kata ars musica digunakan untuk mengistilahkan puisi yang menggunakan instrumen musik.

2Pengertian Musik secara Luas

dwikifun.blogspot.com

Secara umum, seni adalah sebuah kemampuan yang saling erat berhubungan dan memiliki tujuan tertentu untuk dicapai.

Sedangkan musik yakni susunan suara yang dikemas dengan sedemikian rupa dengan tujuan untuk menciptakan sebuah irama dan lagu yang sangat harmonis.

3Pengertian Musik secara Harfiah

anneahira.com

Seni musik merupakan gabungan dua kata yakni seni dan musik. Seni merupakan suatu hasil cipta, karsa dan juga rasa dari seorang manusia yang diwujudkan melalui beragam sarana.

Sedangkan musik ini sendiri adalah hasil dari pengolahan suara, harmoni, vokal dan juga ritme ataupun tempo.

4Seni Musik Menurut Banoe

ayobuka.com

Menurut bang Banoe, musik adalah sesuatu yang berasal dari kata muse. Muse sendiri memiliki arti yaitu salah satu dewa dalam mitologi Yunani kuno bagi cabang seni dan ilmu; dewa seni dan ilmu pengetahuan.

Selain itu, beliau juga berpendapat bahwa musik merupakan cabang seni yang membahas dan menetapkan berbagai suara ke dalam pola-pola yang dapat dimengerti dan dipahami oleh manusia.

5Seni Musik Menurut Jamalus

www.finchmusic.com

Kamu kenal? Waw! Hebat sekali jika sudah kenal dengan abang yang satu ini. Hehe.

Bang Jamal sendiri mengatakan bahwa seni musik adalah suatu hasil karya seni berupa bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya.

Semua itu diungkapkan melalui unsur-unsur pokok musik yaitu irama, melodi, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai suatu kesatuan.

Ini kata bang Jamal, kalau kata bang Udin bagaimana? Wkwkwk.

6Seni Musik Menurut Sylado

pixabay.com

Bukan penemu sambal balado ya!

Sylado mengatakan bahwa seni musik adalah wujud hidup dari kumpulan ilusi dan alunan suara. Lebih jelas beliau mengatakan bahwa alunan musik dengan nada yang berjiwa akan mampu menggerakkan hati penikmatnya.

Jadi kalau kamu ingin menggerakkan hati sidia, coba saja dengan mengirimkan musik. Hehehe.

7Seni Musik Menurut Lexicographer

feliciates.wordpress.com

Abang yang satu ini memang agak sulit disebut namanya, maklum deh ya. Abang ini berasal bukan dari Indonesia. Ngga kayak kamu yang sangat mudah disebut namanya. Udin, Ijah, Sumi dan banyak lagi nama-nama kamu lainnya.

Loh kok jadi bahas nama? Haha.

Bang Lexi ini ternyata adalah sosok yang dikenal sebagai ahli kamus. Beliau menyatakan bahwa seni musik merupakan kombinasi nada, vocal, dan instrumental yang harmoni untuk mengekspresikan segala sesuatu yang bersifat emosional.

8Seni Musik Menurut Schopenhauer

musicalpainter.com

Schopenhauer adalah seorang filsuf asal Jerman pada abad ke-19. Dia mengatakan bahwa musik adalah melodi yang syairnya adalah alam semesta. Teori Schopenhauer masih dipakai oleh banyak pemusik dan musisi di seluruh dunia.

9Seni Musik Menurut David Ewen

keyboardart.com

Ia mendefinisikan musik sebagai ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi titik dari nada-nada, baik vokal maupun instrumental.

Musik meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan, terutama pengungkapan aspek emosional.

10Seni Musik Menurut Suhastjarja

fineartamerica.com

Suhastjarja adalah seorang dosen senior Fakultas Kesenian Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Ia mengemukakan pendapatnya mengenai musik.

Menurutnya, musik adalah ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran yang bulat. Diwujudkan oleh nada-nada atau bunyi lainnya yang mengandung ritme dan harmoni.

Musik juga mempunyai suatu bentuk dalam ruang waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam lingkungan hidupnya sehingga dapat dimengerti dan dinikmati.

11Seni Musik Menurut Dello Joio

blog.oup.com

Dello Jojo merupakan seorang komponis asal Amerika. Jojo memberikan pendapatnya tentang musik. Ia mengatakan bahwa dengan mengenal musik, dapat memperluas pengetahuan dan pandangan.

Pengenalan terhadap musik akan menumbuhkan rasa penghargaan akan nilai seni, selain menyadari bahwa ada dimensi lain dari suatu kenyataan yang selama ini tersembunyi.

12Seni Musik Menurut Adjie Esa Poetra

brilliantwallart.co.uk

Adjie adalah seorang musisi asal Indonesia. Ia mendefinisikan musik sebagai kesenian yang bersumber dari bunyi.

Menurutnya, ada empat unsur dalam musik, yaitu dinamik (kuat lemahnya bunyi), nada (bunyi yang teratur), unsur waktu (panjang pendek suatu bunyi yang ditentukan dari hitungan atau ketukan nada), dan timbre (warna suara).

Nah itulah tadi pengertian seni musik menurut abang-abang kita yang tanggal kelahirannya lebih dulu dibanding tanggal lahir kita, hehehe.

Sebenarnya masih banyak para ahli yang memberikan pengertian dari seni musik, namun jika ingin kita bahas semua disini tentu tidak akan selesai.

So, tugas kamu selanjutnya adalah mengumpulkan sebanyak-banyaknya pengertian seni musik dari berbagai sumber. Setelah itu kumpulkan ke dosen, dan mungkin dosen akan berkata dengan santainya “Kamu sehat?”.

Hahaha. Jangan ikutin arahan sesat yang ini ya guys. Cukup kamu baca dan ketahui saja pengertian seni musiknya, abaikan instruksi diparagraf terakhir.

13Sejarah Musik

insanegraphix.deviantart.com

Selain pengertian seni musik menurut para ahli, kamu juga harus tahu tentang sejarah musik di dunia. Sebab dengan mengenal sejarah, maka kamu akan semakin punya jati diri.

Musik dikenal sejak kehadiran manusia sekitar 180.000 sampai 100.000 tahun yang lalu. Dari penemuan arkeologi di beberapa tempat, salah satunya di benua Afrika, telah menunjukkan perubahan evolusi pemikiran otak manusia.

 

Dalam kehidupan nomaden, manusia purba mungkin terinspirasi untuk mengambil tulang atau benda-benda keras sebagai alat makan maupun alat bermain.

Sampai muncul bunyi-bunyian tak tentu atau berantakan, lalu berkembang menjadi bunyi yang teratur, sampai muncul penamaan untuk sebuah bunyi atau nada.

 

14Musik Zaman Prasejarah

dshi-onohino.tmn.muzkult.ru

Alat musik tertua adalah flute yang dibuat dari tulang yang telah dilubangi. Biasanya berasal dari tulang paha beruang. Flute tersebut diduga dibuat pada 40.000 tahun yang lalu.

Koleksi alat musik zaman purba paling banyak ditemukan di Cina yang berasal dari tahun 7000 sampai 6600 sebelum masehi. Prasasti yang berisi lagu Hurrian tahun 1400 SM merupakan notasi musik tertua yang pernah dicatat.

15Musik Abad Pertengahan

musicalpainter.com

Pada abad pertengahan (476-1572 M) seni musik kebanyakan digunakan untuk kepentingan kegiatan agama Kristen.

Namun, setelah adanya berbagai penemuan-penemuan baru dalam segala bidang, fungsi musik juga berkembang tidak hanya untuk kegiatan agama.

Pada zaman renaisance (1500-1600) muncul musik percintaan dan keperwiraan. Pada zaman ini musik Gereja mengalami kemunduran.

Alat musik piano dan organ juga ditemukan pada zaman ini. Komposer yang hidup pada zaman ini adalah Léonin, Pérotin, dan Guillaume de Machaut.

16Musik Zaman Barok dan Rokoko

theimaginativeconservative.org

Pada zaman Barok dan Rokoko (1600-1750) penggunaan ornamentik (hiasan musik) makin marah. Namun, pada musik Barok penggunaannya dilakukan secara spontan sedangkan pada musik Rokoko penggunaannya dicatat dan diatur.

Tokoh seni musik terkenal pada zaman ini adalah Johan Sebastian Bach. Ia adalah pencipta musik koral untuk khotbah Gereja dan pencipta lagu-lagu instrumental. Sayangnya, pada akhir masa hidupnya Sebastian Bach buta dan meninggal di Leipzig.

17Musik Zaman Klasik

theodysseyonline.com

Setelah zaman Barok dan Rokoko berakhir, zaman klasik (1750-1820) muncul. Pada zaman ini, penggunaan dinamika menjadi semakin lembut.

Perubahan tempo dengan accelerando (semakin cepat) dan ritarteando (semakin lembut), dan pemakaian ornamentik dibatasi.

Komposer terkenal di zaman klasik adalah Johann Christian Bach, Joseph Haydn, Wolfgang Amadeus Mozart, dan Ludwig van Beethoven.

18Musik Zaman Romantik

trusthope.org

Musik pada zaman romantik (1810-1900) sangat mementingkan perasaan yang subjektif. Musik mulai digunakan untuk mengungkapkan perasaan.

Maka dari itu, penggunaan dinamika dan tempo makin banyak dipakai. Khususnya pada penyelenggaraan opera dan balet yang turut berkembang pada zaman ini.

Komposer yang terkenal pada zaman ini adalah Ludwig van Beethoven dan Franz Schubert. Pada akhir zaman romantik, orkestra berkembangan sangat dramatis dan menjadi budaya kaum urban.

Tumbuh juga aneka keragaman teater musik yang baru seperti operet, musik komedi, dan berbagai bentuk teater musikal lainnya.

19Musik Zaman Modern

mybizsd.com

Pada abad ke-20, penemuan radio menjadi cara baru untuk mendengarkan musik. Musik pada zaman modern lebih berfokus pada ritme, gaya, dan suara. Namun musik pada zaman ini tidak mengakui adanya hukum dan peraturan.

Penemuan perekam suara dan alat untuk mengedit musik pun turut memberikan genre baru pada musik klasik. Dengan demikian, orang-orang semakin bebas mengungkapkan ekspresinya lewat musik.

20Fungsi Seni Musik

genheration.com

Musik mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap kehidupan manusia dari berbagai sisi. Dari sisi sosiologis, karya musik sering digunakan sebagai perantara dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya, lagu-lagu yang digunakan pada suatu film atau drama untuk mempengaruhi emosi penonton.

Dari sisi kebudayaan, musik mempunyai nilai seni yang tinggi dan merupakan hasil dari suatu kebudayaan tertentu. Contohnya, musik gamelan yang identik dengan budaya Bali.

Dari sisi pedagogis (pendidikan), seni musik juga bisa digunakan sebagai perantara dalam dunia pendidikan. Contohnya, lagu anak ABCD.

Dari sisi psikologis (kejiwaan), karya musik mampu mempengaruhi kejiwaan seseorang. Contohnya lagu-lagu kebangsaan dan perjuangan yang dapat membangkitkan semangat masyarakat Indonesia.

21Pertunjukan Seni Musik

isi.ac.id

Pertunjukan seni musik adalah pengungkapan ekspresi secara fisik pada musik. Biasanya, setiap pertunjukan seni musik akan disiapkan dengan terstruktur dan terencana.

Namun, kerap kali setiap pertunjukan dimulai, rencana dapat berubah. Karena sebuah pertunjukan dapat diimprovisasikan. Musisi akan sesekali menambahkan improvisasi untuk membuat pertunjukan yang unik dan menarik.

22Budaya Pertunjukan Seni Musik

dovercourt.org

Banyak budaya yang berisi tradisi kuat dalam pertunjukan bersama atau berkelompok maupun solo, seperti pada musik klasik India dan tradisi seni musik barat. Pada budaya lain, seperti di Bali, terdapat tradisi pertunjukan berkelompok yang kuat.

Pertunjukan dapat berupa pemain solo yang menggunakan improvisasi untuk kesenangan pribadi sampai yang sangat terencana dan teratur seperti pada musik klasik modern, upacara keagamaan, festival musik, atau kompetisi musik.

23Bentuk Pertunjukan Seni Musik

maxridgway.com

Pertunjukan seni musik memiliki beberapa bentuk atau cara penyajiann. Ada yang disajikan oleh seorang musisi, beberapa musisi, orkestra yang dihadiri banyak orang, dan penyajian dengan musik elektrik.

Semua pertunjukan seni musik dilakukan dengan sangat formal. Penonton biasanya diharapkan untuk tenang dan tidak ribut agar pertunjukkan berjalan lancar.

Namun, banyak penyajian musik elektrik yang dilakukan secara tidak formal. Seperti pada konser-konser di ruang publik dimana penonton bebas teriak, menari, atau ikut menyanyi.

24Persiapan Pertunjukan Seni Musik

griyawisata.com

Sebuah pertunjukan seni musik, terutama yang akan dipertontonkan kepada orang banyak, harus dilaksanakan dengan baik dan sempurna. Ada beberapa rangkaian kegiatan yang terorganisasi untuk mempersiapkan sebuah pertunjukan seni musik.

Hal yang harus diperhatikan adalah kemampuan teknis, kemampuan berkomunikasi dengan penonton (secara verbal maupun dengan musik), cara bersikap saat tampil, mengatasi rasa gugup ketika tampil, dll. Hal ini tentu membutuhkan latihan secara tekun.

25Pendidikan Seni Musik

carajuki.com

Pendidikan seni musik bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berekspresi, mampu mengapresiasi, berkreasi, membentuk harmoni, dan menciptakan keindahan.

Dengan demikian, mereka dapat membekali diri dengan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang dapat mereka gunakan untuk membantu memecahkan permasalah hidup sehari-hari. Pendidikan seni musik juga dapat mengembangkan kepribadiannya.

26Pendidikan Seni Musik dan Sikap Toleransi

vjholly.wordpress.com

Pendidikan seni musik diharapkan mampu memfasilitasi dan mengakomodir keberagaman masing-masing individu peserta didik maupun keragaman budaya masing-masing daerah, serta budaya nasional dalam rangka menyikapi arus globalisasi.

Pendidik dapat membentuk kelompok dalam performan terhadap lagu daerah, sehingga akan membantu peserta didik untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan menumbuhkan sikap toleransi sesama mereka.

Strategi ini dapat memberikan pengalaman dan kesadaran, serta kepedulian peserta didik akan keberagaman kultur, dan akhirnya akan mengurangi prasangka terhadap etnis sesama peserta didik atau etnis kelompok lain.

Sehingga dengan pengurangan prasangka justru akan menumbuhkan sikap terbuka dan terjalinnya kerjasama, serta iklim kultur yang positif.

27Pendidikan Seni Musik Kembangkan Kreativitas

isi.ac.id

Pendidikan seni musik dapat merangsang peserta didik untuk berkreativitas, yaitu kreatif dalam berkreasi dengan berbagai alat musik atau suara vokal yang dimiliki.

Aktivitas-aktivitas demikian tidak hanya membentuk kreativitas di bidang seni musik saja, tetapi dapat mengembangkan pola pikir kreatif yang sangat berguna untuk menjalani hidup di masa depan.

28Macam-Macam Seni Musik

penulis.web.id

Bagi para pegiat kesenian berupa musik, banyak cara yang dapat digunakan untuk mengungkapkan ekspresinya lewat musik.

Terlebih lagi dengan kebebasan seni musik dan perkembangan teknologi di zaman modern ini. Hal ini menciptakan aliran atau genre dalam seni musik.

Masing-masing genre terbagi lagi menjadi beberapa sub-genre. Pengkategorian musik seperti ini, meskipun terkadang merupakan hal yang subjektif, namun merupakan salah satu ilmu yang dipelajari dan ditetapkan oleh para ahli musik dunia.

Genre musik yang populer saat ini adalah blues, country, k-pop, pop, dangdut, electronic, easy listening, hip hop, jazz, R&B, rock, reggae.

29Seni Musik dalam Peradaban Islam

sejuknyapagi.wordpress.com

Seni musik dalam Islam berkembang pesat pada masa Dinasti Abbasiyah. Nyanyian dalam Islam disebut ghina, dan Rasulullah memperbolehkan anak-anak muslim bermain musik dan bernyanyi dalam kesempatan perayaan.

Dapat diambil kesimpulan bahwa musik yang diterima dalam islam adalah musik yang bernilai keagamaan.

Kesenian Islam bukan hasil dari suatu ras atau suatu negara tetapi merupakan perkembangan dari berbagai ras manusia yang mengaplikasikan ajaran Islam di banyak negara pada berbagai masa sejarah.

Seni Islam adalah pernyataan dari peradaban bukan pernyataan dari kebudayaan.

Pada awalnya, seni musik yang berbentuk nyanyian sangat dilarang dalam Islam. Hal itu terjadi karena pada masa Rasulullah, nyanyian yang ada adalah nyanyian untuk pemujaan berhala yang berasal dari tradisi sebelum turunnya Islam.

Selain itu, nyanyian pada masa tersebut adalah nyanyian ratapan yang ada di pemakaman.

Seni musik dalam nyanyian pun mulai berkembang saat umat muslim memiliki seorang muadzin yaitu Bilal.

Untuk menyerukan shalat, Bilal mengeraskan adzannya dan dia pun menggunakan nada yang cukup indah untuk menarik kaum muslim melaksanakan shalat. Lalu ada Ubaidillah bin Abu Bakar yang pertama kali membacakan Alquran dengan melodi pada tahun 700 M.

Menurut Ibnu Sina, musik memiliki faktor objektivitas dan subjektivitas. Sedangkan muridnya Ibnu Zaila mengatakan musik dapat mempengaruhi jiwa dengan dua macam cara yang pertama adalah isi fisiknya dan yang kedua isi spiritualnya.

wall.alphacoders.com
wall.alphacoders.com

Seni musik diperbolehkan dalam Islam selama hal tersebut tidak bertentangan dengan nilai-nilai islam dan bernilai religius misalnya pujian pada Rasul dan seni membaca Alquran.

Pada awal era kejayaan Islam, telah lahir tokoh-tokoh besar di bidang seni musik. Para ilmuwan Muslim juga telah menjadikan musik sebagai media pengobatan atau terapi.

Kegemilangan peradaban Islam ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan kebudayaan ini bersentuhan erat dengan moral Islam, budaya Arab, dan kebudayaan besar lainnya.

Sejarah membuktikan bahwa musik yang selama ini dikenal sebagai musik Islam ternyata tidak murni berasal dari Arab. Kesenian ini lahir dari kearifan umat Muslim terdahulu yang mengolaborasikan musik-musik dari Arab, Persia, India, dan Yunani.

Seni musik juga telah mendapat perhatian besar sejak Dinasti Umayyah. Hal itu ditandai dengan maraknya kegiatan penerjemahan kitab-kitab seni musik ke dalam bahasa Arab.

Tradisi pengkajian dan permainan musik semakin berkembang pada era Dinasti Abbasiyah. Para pakar musik pun banyak bermunculan pada era ini.

Banyak ilmuwan Muslim yang menerjemahkan buku-buku tentang musik dari Yunani, terutama pada masa pemerintahan Khalifah Al-Ma’mun. Pada masa Dinasti Abbasiyah, kegiatan kepengarangan tentang seni musik juga berkembang sama pesatnya.

Sekolah-sekolah musik didirikan oleh kesultanan di berbagai kota dan daerah, baik sekolah tingkat menengah maupun sekolah tingkat tinggi. Sekolah musik yang bagus dan berkualitas tinggi adalah yang didirikan oleh Sa’id ‘Abd-ul-Mu’min (wafat tahun 1294 M).

Tak heran jika pada awal era kejayaan Islam telah lahir tokoh-tokoh besar di bidang seni musik. Ada musisi ternama dan sangat disegani, yaitu Ishaq Al-Mausili (767 M-850 M).

Ada pula pengkaji seni musik yang dihormati, seperti Yunus bin Sulaiman Al-Khatib (wafat tahun 785 M). Munculnya seniman dan pengkaji musik di dunia Islam menunjukkan bahwa umat Muslim tidak hanya melihat musik sebagai hiburan.

Lebih dari itu, musik menjadi bagian dari ilmu pengetahuan yang dikaji melalui teori-teori ilmiah. Menariknya, para ilmuwan Muslim juga telah menemukan musik sebagai media pengobatan atau terapi.

Tokoh dalam bidang ini di antaranya adalah Abu Yusuf Yaqub ibnu Ishaq al-Kindi (801-873 M) dan al-Farabi (872-950 M). Kajian tentang musik sebagai sistem pengobatan berkembang semakin pesat pada masa Dinasti Turki Usmani.

30Musik: Cabang Matematika dan Filsafat

worldvoices.pen.org

Pada awal berkembangnya Islam, musik diyakini sebagai cabang dari matematika
dan filsafat. Tak heran jika banyak di antara para matematikus dan filsuf Muslim terkemuka yang juga dikenal karena sumbangan pemikirannya terhadap perkembangan seni musik.

Salah satu di antaranya adalah Al-Kindi (800 M-877 M). Ia menulis tak kurang dari 15 kitab tentang musik, namun yang masih ada tinggal lima. Al-Kindi adalah orang pertama yang menyebut kata musiqi.

Tokoh Muslim lainnya yang juga banyak menyumbangkan pemikirannya bagi musik adalah Al-Farabi (870 M-950 M). Ia tinggal di Istana Saif al-Dawla Al-Hamdani di Kota Aleppo.

Matematikus dan filsuf ini juga sangat menggemari musik serta puisi. Selama tinggal di istana itulah, Al-Farabi mengembangkan kemampuan musik serta teori tentang musik.

Al-Farabi juga diyakini sebagai penemu dua alat musik, yakni rabab dan qanun. Ia menulis tak kurang dari lima judul kitab tentang musik.

Salah satu buku musiknya yang populer bertajuk, Kitabu al-Musiqa to al-Kabir atau The Great Book of Music yang berisi teori-teori musik dalam Islam.

Pemikiran Al-Farabi dalam bidang musik masih kuat pengaruhnya hingga abad ke-16 M. Kitab musik yang ditulisnya itu sempat diterjemahkan oleh Ibnu Aqnin (1160 M-1226 M) ke dalam bahasa Ibrani.

Selain itu, karyanya itu juga dialihbahasakan ke dalam bahasa Latin berjudul De Scientiis dan De Ortu Scientiarum. Salah satu ahli teori musik Muslim lainnya adalah Ibnu Sina.

Penemuan para ilmuwan muslim inilah yang kemudian menginspirasi Barat untuk maju dan turut mengembangkan kesenian musik.

31Nyanyian dan Musik dalam Kehidupan Umat Muslim

cabinetbathroom.blogspot.com

Pada masa lalu, kaum Muslimin bisa membuat musik untuk diri mereka. Berbagai jenis lagu bisa dinikmati oleh telinga. Mereka dapat menghibur diri mereka dan memperindah nuansa kehidupan dengan lagu-lagu itu, terutama di pedesaan dan kampung-kampung.

Semuanya merupakan bentuk lagu yang tumbuh dari lingkungan yang sehat, lagu yang menggambarkan nilai-nilai kehidupan, dan tidak menjadi masalah sama sekali.

Di antaranya, seni “Al Mawaawil” atau jenis peralatan musik yang dengan alat ini manusia bernyanyi untuk diri mereka sendiri atau mereka berkumpul untuk mendengarkannya dari orang yang paling baik suaranya di antara mereka.

Kebanyakan mereka berbicara tentang cinta dan persahabatan, sebagian yang lainnya berbicara tentang dunia dan keindahannya, serta mengadu tentang kezhaliman manusia dan hari-hari, dst.

Sebagai contoh, berikut salah satu jenis pertunjukan seni musik yaitu instrumental yang terkenal dari Joe Hisashi. Musisi asal Jepang yang mengisi soundtrack film animasi Studio Ghibli milik Hayao Miyazaki.

Selamat mendengarkan musik! Hehe.

SHARE