Istilah teater berasal dari kata Theatron, yang artinya “tempat di ketinggian” sebagai tempat meletakkan sesajian persembahan bagi dewa pada zaman Yunani Kuno.

Sedangkan dalam KBBI, teater adalah gedung atau ruangan tempat pertunjukan sandiwara, film, dsb.

Namun pengertian tersebut berkembang yang kemudian teater tidak hanya berarti tempat, tetapi diartikan lebih luas menjadi segala hal yang dipertunjukkan di depan orang disebut teater.

Teater adalah seni drama yang merupakan penampilan perilaku manusia dengan gerak, tari, dan juga dalam nyanyiannya terdapat dialog serta akting pemain.

Dalam sejarahnya, Yunani tercatat sebagai bangsa pertama yang mengembangkan teater, tepatnya sekitar 2.500 tahun yang lalu.

1Perjalanan Hidup

zhwart.xyz

Selain itu, istilah teater dapat diartikan dengan dua cara yaitu dalam arti sempit dan dalam arti luas. Teater dalam arti sempit dideskripsikan sebagai sebuah drama (perjalanan hidup seseorang yang dipertunjukkan di atas pentas, disaksikan banyak orang dan berdasarkan naskah tertulis).

Perjalanan hidup biasanya memang menampilkan makna yang sangat besar bagi penonton. Maka, seni teater ini pun tak ubahnya dengan kisah biografi.

2Adegan Peran

jogjanews.com

Sedangkan dalam arti luas, teater adalah segala adegan peran yang dipertunjukkan di depan orang banyak, seperti ketoprak, ludruk, wayang, sintren, janger, mamanda, dagelan, sulap, akrobat, dan lain sebagainya.

3Drama

ulunlampung.blogspot.com

Dalam perkembangannya, istilah teater selalu dikaitkan dengan kata drama. Hubungan kata “teater” dan “drama” bersandingan sedemikian erat yang pada prinsipnya keduanya merupakan istilah yang berbeda.

Drama merupakan istilah yang berasal dari bahasa Yunani Kuno “draomai” yang berarti bertindak atau berbuat dan dalam bahasa Perancis “drame” menjelaskan tingkah laku kehidupan kelas menengah.

4Visualisasi Di Atas Panggung

usmarismailhall.indonetwork.co.id

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa istilah “teater” berkaitan langsung dengan pertunjukan, sedangkan “drama” berkaitan dengan peran atau naskah cerita yang akan dipentaskan.

Jadi, teater adalah visualisasi dari drama atau drama yang dipentaskan di atas panggung dan disaksikan oleh penonton. Dengan kata lain drama merupakan bagian atau salah satu unsur dari teater.

5Ritual

hendrayudhantopanico.blogspot.com

Selain itu, definisi teater juga merupakan manifestasi dalam pembentukan strata sosial kemanusiaan yang berhubungan langsung dengan masalah ritual.

Seperti, upacara adat ataupun upacara kenegaraan, keduanya mempunyai unsur-unsur teatrikal yang juga memiliki makna filosofis mendalam.

Zaman dahulu, teater sempat menjadi ajang upacara bagi dewa-dewa. Namun, seiring perkembangan zaman, seni teater mengalami perubahan menjadi sebuah pertunjukkan yang mengedepankan nilai-nilai kehidupan.

6Interpretasi Naluriah

kelola.or.id

Teater juga bisa dikatakan sebagai sebuah manifestasi dari aktivitas naluriah seperti hal nya, anak-anak yang bermain perang-perangan, bermain sebagai ayah dan ibu dan lain sebagainya.

7Dialog Kehidupan

jogjanews.com

Cerita dari permasalahan kehidupan manusia yang berbentuk adanya percakapan atau dialog dan dipentaskan menggunakan gerakan di depan banyak orang.

Dialog atau percakapan di dalam teater menjadi unsur penting dalam sebuah drama atau teater sebab dengan dialog tersebut akan mampu menyampaikan isi cerita yang dipentaskan.

Saat ini teater atau drama tak hanya sebagai wahana untuk mengenal sejarah saja namun juga sebagai hiburan yang bisa dengan mudah kita jumpai setiap hari dalam tayangan acara televisi.

8Visualisasi Gerak

carajuki.com

Teater juga merupakan refleksi kisah dengan gerak. Adapun gerakan yang baik dalam pertunjukkan teater ialah gerak yang terlihat (blocking baik), jelas (tidak ragu-ragu, meyakinkan).

Geraknya juga harus dimengerti (sesuai dengan hukum gerak dalam kehidupan), dan dihayati (sesuai dengan tuntutan atau jiwa peran yang ditentukan dalam naskah).