Kehidupan kita saat ini tak bisa dilepaskan dari perangkat pintar. Bahkan kini perangkat pintar tak selalu identik dengan komputer berat yang tak bisa dibawa kemana-mana.

Perangkat pintar ini sudah tertanam juga di dalam gadget yang bahkan bisa dimasukkan kantong baju. Selain kecanggihan perangkat keras (hardware) juga karena perkembangan perangkat lunak (software).

Software memang lazim disebut perangkat lunak. Sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras.

Mudahnya, jika perangkat keras adalah perangkat yang terlihat kasat mata, maka software adalah sistem yang tertanam dalam hardware tersebut. Software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun bisa untuk dioperasikan.

Pengertian software komputer menurut beberapa sumber adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer.

Data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.

Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan bahasa pemrograman yang ditulis oleh programmer untuk selanjutnya di kompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware.

Nah secara umum ada beberapa jenis software yang banyak digunakan. Berikut ini beberapa daftarnya.

1Free Software

www.cogniview.com

Sesuai namanya, software yang satu ini memang gratis. Awalnya konsep Free Software ditemukan oleh Richard Stallman dan Free Software Foundation.

Intinya, Free Software adalah software yang bebas digunakan, diubah, dipelajari, disalin dimodifikasi namun harus tetap dapat dinikmati secara bebas oleh pengguna yang lain.

Kamu bisa mengubah software jenis Free Software secara bebas tanpa perlu minta izin ke siapapun. Tujuannya memang agar software yang dibagikan bisa berkembang sesuai dengan kebutuhan sang pengguna tanpa perlu dibatasi.

readwrite.com
readwrite.com

Untuk dapat menjadikan free software sebagai perangkat lunak bebas, perangkat lunak tersebut biasanya harus memiliki sebuah lisensi, atau berada dalam domain publik dan menyediakan akses ke kode sumbernya bagi setiap orang.

Gerakan perangkat lunak bebas (free software movement) pertama kali dikembangkan pada tahun 1983, yang bertujuan untuk memberikan pada setiap pengguna komputer.

Sejarah Perangkap Lunak Bebas

Pada era tahun 1950-1970 Para pengguna komputer dapat secara bebas membagi dan menggunakan perangkat lunak.

Dalam hal ini para industri perangkat keras sangat mendukung dan merasa diuntungkan dengan adanya perangkat lunak yang berjalan di atas perangkat keras yang mereka produksi, sehingga perangkat keras tersebut sangat dibutuhkan.

Pada tahun 1970 dan akhir 1980 para perusahaan yang memproduksi perangkat lunak mematenkan karyanya, sehingga dilarang untuk menggunakan perangkat lunak secara berbagi dan mulai menyebarkan perangkat lunak dala bentuk biner atau format yang terkompilasi serta bukanya dalam kode sumber untuk menghindari perangkat lunak yang dapat dipelajari maupun dimodifikasi.

Richard Stallman pada tahun 1983 meluncurkan proyeknya yang bernama GNU setelah merasa kecewa dengan pengaruh yang diakibatkan dari perubahan budaya industri komputer beserta para penggunanya.

Pengembangan perangkat lunak bersistem operasi GNU ini bermula semenjak bulan januari tahun 1984, sedangkan yayasan perangkat luak bebas (FSF) berdiri pada bulan oktober 1985.

Ia mengenalkan definisi perangkat lunak bebas dan “copyleft”, akni suatu model lisensi yang menjamin kebebasan dalam hal pengguna perangkat lunak bebas terhadap semua orang.

Perangkat lunak bebas adalah usaha besar dari dunia Internasional untuk menghasilkan perangkat lunak yang dipakai oleh individu, perusahaan besar dan lembaga pemerintahan.

Perangat lunak dapat secara bebas mempunyai penetrasi pasar yang bagus dalam aplikasi server internet misalnya seperti Apache HTTP Server, bahan skripsi PHP, sistem basis data MySQL.

Paket besar perangkat lunak juga tersedia seperti Linux/GNU dan Free BSD. Pengembangan-pengembangan perangkat lunak juga bebas membuat versi bebas dari aplikasi-aplikasi dekstop yang kebanyakan digunakan, misalnya semacam penjelajahan web, pemutar multimedia dan paket perkantoran.

Akan tetapi yang perlu jadi catatan bahwa banyak kategori, perangkat lunak bebas yang digunaka individu maupun pengguna rumahan yang hanya memiliki porsi kecil dari pasar yang lebih banyak dikuasai oleh perangkat lunak yang berbayar.

Rata-rata perangkat lunak bebas di distribusikan melalui online secara gratis atau melalui off-line dengan dikenai biaya distribusi.

Keuntungan ekonomis dari model perangkat lunak bebas sudah diakui beberapa perusahaan besar seperti Red Hat, IBM dan Sun Microsystem.

Banyak juga perusahaan yang bisnis intinya tidak dalam sektor teknologi informasi dan lebih memilih perangkat lunak bebas sebagai solusi internet mereka, hal disebabkan karena investasinya yang rendah dan kebebasan untuk kustomisasi.

2Software Berbayar

www.whatiscomputersoftware.com

Kebalikan dari Free Software, software jenis ini jelas berbayar. Jika kamu ingin mengunakan dan menginstallnya di perangkatmu, kamu harus membayar lisensinya terlebih dahulu.

Jika sudah membeli, kamu juga tidak diperkenankan menyebarluaskan ke orang lain sofware tersebut. Lisensi yang dibeli biasanya hanya khusus untuk satu orang atau satu komunitas atau perusahaan.

Pengguna juga tidak bisa mengutak atik jenis software. Mode pembaruan dari software tersebut biasanya disediakan oleh perusahaan software.

Beberapa jenis software yang berbayar antara lain Windows, Microsoft Office, Corel Draw dan lainnya.

Pengertian Windows, Microsoft Office dan Corel Draw

Windows ialah salah satu software sistem operasi yang dikeluarkan perusahaan microsoft Inc.

Microsoft Windows ialah software sistem informasi yang paling populer untuk para pengguna PC. Tampilan windows yang “user friendly” membuatnya jadi pilihan utama.

Melihat kemajuan windows yang sangat cepat sejak berdirinya tahun sembilan puluhan dengan mengeluarkan windows versi 3.11 dan disusul dengan windows 95,98,2000,windows xp,windows vista, me dan windows 7.

Semakin baru versi yang diproduksi semakin memudahkan pula bagi para penggunanya dalam menggunakan sistem operasi tersebut atau dengan dukungan dari software aplikasi yang lainnya.

Microsodt Office ialah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran yang dibuat microsoft dan didesain untuk di jalankan di atas sistem operasi microsoft windows dan mac os x.

Beberapa jenis microsoft office yang tenar adalah word, excel dan power point. Versi terbaru dari aplikasi microsoft office ialah office 15 (office 2013) yang di luncurkan sejak 29 januari 2013.

Corel Draw ialah suatu program komputer yang melakukan editing terhadap garis vektor. Program ini diproduksi oleh corel, yakni sebuah perusahaan yang kantor pusatnya di Ottawa, Kanada.

Fungsi Corel Draw mengolah gambar. Maka dari itu banyak dimanfaatkan pada pekerjaan di bidang publikasi maupun percetakan atau pekerjaan lain yang membutuhkan visualisasi.

Beberapa kelebihan menggunakan program Corel Draw diantaranya:

  1. Hasil gambar dengan vektor dapat di tekan terhadap tingkat yang paling rendah, akan tetapi hasilnya tidak kalah dengan gambar yang berbasis raster atau bitmap.
  2. Penggunaan Corel Draw, khususnya pada tool-tool yang terdapat di dalamnya sangat mudah dipahami para penggunanya, bahkan oleh orang yang baru menggunakannya.
  3. Corel Draw sangat baik untuk menyingkronkan antara tulisan dan gambar layaknya Adobe Potoshop.
  4. Banyaknyak pengguna Corel Draw membuat adanya komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Oleh karena itu akan membuat kita mudah jika ingin belajar Corel Draw, karena banyak ditemukannya tutorial, trik dan tips yang diproduksi pengguna lain.

3Shareware

archive.org

Shareware adalah perangkat lunak yang disediakan untuk pengguna tanpa membayar secara uji coba dan sering dibatasi denga jangka waktu tertentu.

Aplikasi ini adalah jenis aplikasi uji coba. Pengguna diberikan kesempatan untuk menikmati software ini namun ada jangka waktu penggunaannya.

Atau tidak diberi jangka waktu namun beberapa fitur versi lengkapnya tidak ditampilkan sehingga tidak bisa digunakan secara maksimal.

Alasan di balik perangkat lunak Shareware adalah memeberikan pembeli kesempatan untuk mencoba menggunakan program sebelum membeli lisensi untuk versi lengkap dari perangkat lunak kongsi tersebut.

4Malware

securelist.com

Nah software yang satu ini harus dihindari. Jenisnya adalah jenis perusak. Dari katanya, malware adalah gabungan dari kata malicious dan software.

Software jenis ini diciptakan sebagai perusak sistem yang ada. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik.

Perangkat perusak mencakup virus komputer, cacing komputer, kuda Troya (Trojan horse), rootkit, perangkat pengintai (spyware), perangkat iklan (adware), perangkat jahat (crimeware) dan perangkat lunak lainnya yang berniat jahat dan tidak diinginkan.

5Adware

www.gadgetreview.com

Adware adalah software yang memiliki peran dalam menyisipkan iklan ke dalam programnya. Software ini gratis, akan tetapi dengan kompensasi iklan yang tampil.

Cara Memasang Adware di Komputer

Kebanyakan adware memanfaatkan aplikasi software yang sifatnya gratis, misalnya seperti software shareware dan software freeware yang diperoleh dari internet.

Dalam aplikasi tersebut menyimpan program adware yang dikemas di dalamnya. Oleh karena itu saat user melakukan penginstalan aplikasi gratis tersebut, maka program adware akan terinstal secara otomatis.

Sebenarnya di dalam proses instalasi aplikasi gratis yang didalamnya terdapat adware ada form yang menampilkan persetujuan pengguna untuk meginstal program adware.

Yang jadi permasalahan adalah kebanyakan user tidak menyadari informasi persetujuan tersebut. Selain hal itu juga kebanyakan user tidak membaca secara teliti pedoman dan peraturan pengguna dalam menginstal, sehingga adware dengan mudahnya menyusup ke sebagian besar pengguna aplikasi gratis tersebut.

Program adware dapat berupa aplikasi yang terpasang langsung pada sistem komputer maupun aplikasi berupa plugin yang tertempel pada browsernya user.

Bahaya menggunakan adware

Kita perlu mengetahui bahwa adware memiliki perbedaan dengan spyware maumun virus. adware tidak mempunyai ai kemampuan merusak sistem atau hardware komputer.

Adware hanya menampilkan iklan yang mengarahkan para penggunanya ke alamat situs yang tidak diharapkan.

Dalam hal ini ada beberapa adware yang berkemampuan untuk memata-matai aktifitas penggunanya, tujuannya untuk mengirimkan informasi ke perusahaan. Oleh karena itu dapat menayangkan iklan yang sesuai dengan yang diinginkan user.

Pengaruh lainnya iklan lebih mengarah kepada user agar tertarik untuk berkunjung ke link yang ditampilkan oleh iklan terhadap program adware tersebut.

Meskipun pengaruh adware tidak dapat merusak sistem komputer secara langsung, akan tetapi beberapa poin ini harus diwaspadai oleh para penggunanya.

Kerugian yang dapat terjadi akibat adware

  1. Pengguna akan merasa tidak nyaman dengan banyaknya iklan yang muncul pada komputer.
  2. Pengguna akan kesulitan untuk mendapatkan info yang dibutuhkan, karena banyak informasi yang rujukannya situs promosi dari hasil pencarian.
  3. Program adware menyusup menjadi mesin pencari utama browser, sedang mesin pencari tersebut masih diragukan kemampuannya.
  4. Yang paling berbahaya jika ada adware yang memasang iklan yang dapat mengarahkan user ke aplikasi maupun situs yang berbahaya.

6Spyware

personnalproject.com

Software jenis ini memiliki fungsi memantau atau memata-matai aktifitas komputer yang dikerjakan user. software ini sering disalahgunakan untuk kepentingan pencurian data.

Definisi Spyware adalah turunan perangkat lunak yang beriklan dan memantau kebiasaan para penggunanya dalam melakukan penjelajahan internet untuk mendatangkan iklan yang banyak kepada para penggunanya.

Akan tetapi karena perangkat lunak beriklan tidak begitu berbahaya atau tidak mencuri data, spyware mengirim dan melakukan hasil yang ia kumpulkan kepada pembuatnya. Perangkat lunak beriklan umumnya hanya mengirimkan data ke perusahaan marketing.

Kerugian menggunakan software spyware

  1. Pencurian Data, Banyak informasi yang diambil tanpa seizin pemiliknya adalah hal yang sering terjadi oleh para pengguna dalam menjelajah internet, akan tetapi banyak pula yang mengambil data-data pribadi seperti halnya alamat surat elektronik (Spam).
  2. Tambahan biaya pemakai internet, kerugian dari adanya spyware adalah borosnya bandwidth dikarenakan iklan yang banyak dan terampasnya privasi.

Sebenarnya spyware tersebut beriringan dengan PopUp Windows yang tidak lain pasti memakan lebar pita yang lebih banyak, selain itu juga mengakibatkan loading internet semakin lambat.

Pencegahan dampak negativ spyware

  1. Menginstal vius, dengan menginstal virus pengguna dapat menangkap beberapa program komputer yang tidak di kehendaki.
  2. Memutakhirkan antivirus, Memutakhirkan virus sangat penting untuk memutakhirkan data antivirus tersebut.
  3. Menampilkan berkas tersembunyi di komputer, dengan menampilkan berkas tersembunyi, maka kita akan dapat mengetahui berkas yang mencurigakan.
  4. Program pemburu perangkat lunak spyware dan adware, dengan menggunakan perangkat lunak pemburu, maka kita akan dapat menangkal spyware dan adware.
  5. Mematikan cookie.

7Open source

www.acornsoftware.net

Open source software atau software sumber kode terbuka adalah software yang bisa dirubah, dikembangkan dan disebarluaskan, karena kemungkinan user untuk melihat source code dari software. Software ini biasanya dikembangkan oleh perorangan maupun komunitas yang mempunyai lisensi General Public License (GPL).

Contoh software open sourch

  1. Linux, adalah software sistem operasi yang yang sangat populer dan gratis.
  2. XAMPP, adalah paket software yang fungsinya untuk simulasi dan pengembangan web, begitu juga di dalamnya Apache dan MySQL (Database).
  3. Mozilla Firefox, adalah software yang memiliki fungsi menjelajah halaman web di internet.
  4. Open Office adalah paket software yang fungsinya mengolah kata, database dan tabel, biasanya banyak digunakan di perkantoran.
  5. osCommerce, adalah software aplikasi web yang fungsinya sebagai toko online.
  6. ClamWin dan ClamAV ialah software antivirus.
  7. Audacity ialah software perekam serta pengolah audio.
  8. GIMP ialah software yang fungsinya mengolah foto serta gambar digital.
  9. VidioLAN ialah software yang fungsinya memutar file multimedia.
  10. Blender ialah program untuk membuat model 3 D, misalnya seperti game dan animasi.
  11. Filezilla, ialah software jaringan yang fungsinya mentransfer file via protokol FTP pada jaringan internet atau komputer.
  12. Mplayer ialah software yang fungsinya memutar musik berbasis open sourch.

8Picasa

www.droid-life.com

Picasa ialah perangkat aplikasi lunak untuk meninjau, mengedit serta mengelola gambar berupa digital, begitu juga di dalamnya terdapat fitur sosial media yang terintegrasi.

Aplikasi ini diciptakan oleh Life Scape.Inc sejak tahun 2002. Picasa juga diakuisisi google di tahun 2004. Aplikasi ini berjalan pada windows vista, windows xp,linux, mac os x, windows me, windows 98 dan windows 7. hanya tersdia versi lama.

Picasa adalah nama gabungan dari seorang pelukis dari spanyol yakni Pablo Picasso, frasa Spanyol mi Ccsa yang memiliki makna “rumahku”. serta pic yang diadopsi dari bahasa inggris pic dari kata “picture” yang artinya gambar.

Sejarah versi picasa

Windows, Pada bulan januari 2015, versi picasa yang terakhir adalah 3.9 yang menyupport windows xp,windows 7 dan windows vista serata mempunyai integrasi dengan google + bagi para pengguna layanan tersebut. Versi 3.9 juta menghapuskan integrasi dengan album web picasa bagi pemakai google.

Linux, Pada tahun 2006 versi linux sudah dapat diunduh secara gratis bagi setiap pemakai sistem operasi linux. versi ini telah beradabtasi dari versi windows yang menggunakan data pustaka wine.

Google telah memproklamirkan bahwa mereka menyingkirkan picasa untuk linux. Untuk menggunakan versi terakhir picasa linux, pengguna linux dapat memakai wine serta memasang picasa untuk windows.

Pemakai linux dapat menggunakan program lain untuk menggugah ke album web picasa, seperti digikam dan shotwell.

Mac Os X Pada bulan januari 2009, google merancang versi beta picasa untuk Mac (Hanya Mac yang berbasis intel). Selain itu juga terdapat tambahan untuk iphoto yang menggugah ke album web picasa.

Ada juga alat penggugah album web picasa yang berdiri sendiri untuk Mac OS X 10.4 atau terbaru. Picasa untuk Mac ialah rancangan Google Labs.

9Macromedia Flash

fabioricotta.deviantart.com

Macromedia flash atau yang saat ini dikenal dengan flash ialah suatu perangkat lunak komputer yang termasuk produk unggulan adobe sistem. Adobe flash berfungsi untuk membuat gambar vektor atau animasi gambar.

Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak tersebut memiliki file extension swf yang dapat diputar dan dijelajah web yang sudah di pasang Adobe Flash Player.

Flash menggunakan bahasa komputer atau pemrograman yang bernama Action Script yang keluar pertama kalinya pada flash 5.

Awalnya flash dikelola oleh macromedia pada tahun 2005. Flash 1.0 di luncurkan tahun 1996 usai macromedia membeli program animasi vektor yang bernama Future Splash.

Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran mengatas namakan “Macromedia” atau Macromedia Flash 8, hingga akhirnya pada tanggal 3 desember 2005 Adobe System mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya.

Oleh karena itu Macromedia Flash berubah nama menjadi Adobe Flash.

10Adobe Dreamweaver

reviewsaerolosdh.cf

Adobe Dreamweaver ialah program yang fungsinya untuk membuat serta menyunting halaman web. Software dicetuskan oleh Adobe System.

Aplikasi yang satu ini banyak dipergunakan oleh para designer, programmer dan developer web untuk mempermudah para penggunanya, kelengkapan fiturnya sangat mendukung terhadap teknologi terkini.

Adobe Dreamweaver terdapat fitur editor WYSIWYG (What You see is What You Get) atau dalam bahasa sehari-harinya Design View. Yang dimaksud disini adalah tampilan hasil akhir web kita nanti akan sama dengan tampilan saat proses perancangan halaman web.

Dengan adanya banyak fitur pada Adobe Dreamweaver, membuat sebuah web bukanlah menjadi sesuatu yang sulit, kita tidak butuh terlalu menguasai banyak bahasa pemrograman web seperti javascript, CSS, HTML dan lain sebagainya, sehingga dengan mengetahui dasar-dasarnya saja sudah cukup.

Fungsi adobe dreamweaver

Dreamweaver memiliki berbagai macam fungsi, diantaranya sebagai berikut:

  1. Sebagai designer situs web.
  2. Sebagai pembuat program berbasis web.
  3. Sebagai pembuat template blog.
  4. Sebagai pembuat situs web tanpa adanya sentuhan langsung dengan bahasa pemrograman.

Kelebihan adobe dreamweaver

Berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan software Adobe Dreamweaver.

  1. Dapat membentuk kerangka website dengan cepat dan mudah.
  2. Tersedia berbagai jenis tema.
  3. Memiliki 3 tampilan, seperti design view, code view dan split view.
  4. Memiliki fitur preview.
  5. Hasil kodenya tertulis secara rapi.
  6. Memiliki alat-alat khusus untuk membuat program yang berbasis web.
  7. Mudah dioperasikan para pemula.
  8. Memiliki banyak plugin

11Firmware

mapadatecnologia.com.

Firmware ialah perangkat lunak yang sering dikenal sebagai program tetap dan tertanam pada unit perangkat keras, seperti alat-alat elektronik, komponen-komponen komputer dan alat-alat telekomunikasi.

Tidak ada batas yang kuat dan jelas untuk dijadikan pembatas sebagai pemisah antara software dan firmware, karena keduanya termasuk istilah deskripsi yang sangat luas.

Meski demikian, pada awalnya firmware diciptakan sebagai perangkat lunak dengan tingkat yang lebih tinggi. Firmware yang tertanam di perangkat keras dapat berubah tanpa harus menggantikan komponen dari perangkat keras itu sendiri.

Firmware yang terdapat pada produk konsumen

Sistem waktu dan kontrol yang terdapat pada mesin cuci.

  1. Remot control untuk televisi.
  2. Pemutar lagu MP3 Player.
  3. Firmware yang terdapat pada kalkulator.

Firmware yang terdapat pada komponen komputer

  1. UEFI
  2. BIOS
  3. Open Firmware
  4. ARCS pada komputer Silicon Graphic
  5. Kickstart

Commercial Software

gisgeography.com
gisgeography.com

Commercial Software (Software berbayar) ialah perangkat lunak yang diciptakan dan bertujuan untuk komersil, Semua yang ingin menggunakan software ini diharuskan untuk membayar atau membeli kepada pihak yang mendistribusikannya.

Pengguna dapat membelinya kepada developers (Pengembang) software maupun kepada rekanan dari pengembang software tersebut.

Biasanya pengguna yang menggunakan software berbayar tidak diperkenankan untuk menyebar luaskan maupun membagi software yang telah dibeli lisensinya secara bebas tanpa seizin penerbitnya.

Diantara contoh software berbayar ialah Adobe Photoshop,Corel Draw dan Microsoft Visual Basic NET dan masih banyak lagi yang lain.

Umumnya Commercial Software dilindungi oleh peraturan undang-undang hak cipta, sedangkan untuk mendapatkannya harus melakukan pembelian.

Keuntungan memakai Commercial Software

Lisensi berbayar, software ini diciptakan dengan lisensi ini sengaja dibuat untuk kepentingan komersial, oleh karena itu user yang akan menggunakannya wajib membeli dan mendapatkan izin dari pemilik atau pemegang hak cipta.

Jumlah user terbatas, Setiap user hanya diberi 1 lisensi, akan tetapi ada juga beberapa perusahaan yang memberi lisensi untuk beberapa komputer dengan nama satu orang atau satu lisensi, misalnya seperti smadav pro.

Tidak boleh menggandakan aplikasi, Satu komputer hanya untuk satu aplikasi itu sendiri, apabila ingin menambahnya, maka diwajibkan untuk membeli lisensi lagi, misalnya antivirus berbayar.

Kode sumber program tertutup atau tidak dapat diketahui, Sistem pengamanan software comercial sangatlah ketat jika dibandingkan dengan open sourch yang kode programnya terbuka bagi kalangan yang ingin mengembangkan software tersebut.

Support diatasi oleh perusahaan pembuat, Jika terdapat masalah yang terjadi pada program tersebut, maka perusahaan akan membantu konsumennya.

Kelemahan Commercial Software

Harga lisensi sangat mahal, bahkan terkadang melebihi harga komputer itu sendiri, seperti halnya harga OS Windows yang memiliki harga cukup mahal, oleh karena itu banyak sekali penyedia jasa cracked Os Windows itu sendiri.
Beda versi, terkadang juga lisensinya berbeda, sehingga mengharuskan untuk membeli lisensi lagi, misalnya windows 7, yang memiliki perbedaan lisensi antara starter dengan profesional serata yang lainnya.
Kode sumber program tertutup, sehingga sangat mungkin adanya trojan di dalam program.
Tidak dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan, perusahaan tidak memberi kesempatan kepada usernya untuk memodifikasi program tersebut jika merasa bosan.
Apabila pembuat software bangkrut, maka pelayanannya tidak jelas.

 

SHARE