Tata surya merupakan kota di luar angkasa. Susunan tata surya lebih luas berjuta kali lipat dibandingkan tata ruang sebuah benua di planet bumi.

Pernahkah kamu berpikir untuk bertamasya ke luar angkasa? Atau sekedar ingin menikmati pemandangannya dari teropong bumi? Memang kedengarannya tata surya begitu menakutkan tapi percayalah, tata surya itu sangat indah.

Ada banyak orang yang bertanya-tanya, apakah tata surya itu? Bagaimana tata surya terbentuk? Daripada penasaran, langsung simak saja ulasan berikut ini.

1Memahami Tata Surya

iqbalzonecoolz.wordpress.com

Sebelum kamu belajar tentang asal usul tata surya, pahami dulu apa yang dimaksud dengan tata surya tersebut. Beberapa pakar astronomi memang mengeluarkan teori tata surya yang berbeda-beda.

Namun, pada intinya tata surya merupakan kumpulan benda-benda langit dan sebuah bintang besar yang dinamakan matahari. Seluruh pergerakan di tata surya dipengaruhi oleh gaya gravitasi.

13littlepictures.com
13littlepictures.com

Benda-benda langit terdiri dari delapan planet yang selama ini kamu kenal, lima planet katai, satelit alami sebanyak 173 buah dan berjuta-juta benda langit lainnya. Misalnya saja, meteor, meteorid, komet, dan asteroid.

2Asal Mula Tata Surya

andimahardika.blogspo.com

Ada banyak hipotesis yang menjelaskan terjadinya tata surya. Hipotesis paling terkenal adalah teori Nebula dan Big Bang.

Teori Nebula dikemukakan oleh Emanuel Swedenborg pada tahun 1734 yang kemudian disempurnakan oleh Immanuel Kant (1775).

bondanpradipta.blogspot.com
bondanpradipta.blogspot.com

Teori ini menyebutkan bahwa tata surya bermula dari gaya gravitasi yang membuat kabut menyusut. Lalu kabut berputar ke arah tertentu, suhunya memanas dan akhirnya berubah menjadi bintang super besar yang disebut matahari.

Sementara itu, teori big bang menyatakan bahwa asal mula tata surya dari ledakan dahsyat suatu massa yang memiliki berat jenis sangat besar. Ketika meledak, bagian yang berhamburan menjauhi pusat ledakan.

Berjuta-juta tahun lamanya, benda-benda kecil hasil dari ledakan itu membentuk suatu kelompok yang disebut galaksi.

3Susunan Tata Surya

hdwallpaperscool.com

Tata surya dibedakan menjadi dua, yaitu tata surya bagian luar dan dalam. Tata surya bagian dalam terdiri dari planet terestrial dan asteroid yang terbuat dari logam dan silikat dan dekat dengan matahari.

Planet terestrial yang dimaksud yakni planet yang komposisinya berupa batuan padat, tidak punya satelit, dan sistem cincin. Planet ini terdiri dari 4 planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Planet Mars merupakan planet terkecil di susunan tata surya bagian dalam. Jaraknya 1,5 AU dari matahari. Beberapa waktu lalu, sejumlah ilmuwan menemukan adanya titik kehidupan di planet Mars.

Namun, penemuan tersebut masih bersifat dugaan. Belum ada bukti yang menguatkan. Pasalnya, atmosfer di Mars sangat tipis dan minim oksigen.

Lalu, apa yang dimaksud tata surya bagian luar? Sama halnya seperti tata surya bagian dalam, susunannya pun terdiri dari planet, satelit berukuran raksasa, komet periode pendek dan lain sebagainya.

tatasuryadanbenda-bendaluarangkasa.blogspot.com
tatasuryadanbenda-bendaluarangkasa.blogspot.com

Planet yang terdapat di tata surya bagian luar merupakan planet gas berukuran raksasa. Misalnya saja, Planet Jupiter yang sebagian besar tersusun atas helium dan hidrogen. Bahkan Neptunus memiliki proporsi gas yang lebih besar dari es.

Ada 4 planet yang berada di tata surya bagian luar, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Planet Jupiter adalah planet terbesar di alam semesta. Ukurannya 318 massa bumi dan 2,5 kali massa seluruh planet di tata surya ini.

Jupiter dan Saturnus sama-sama dikelilingi cincin yang terdiri dari berbagai gas. Komposisi atmosfer kedua planet ini pun memiliki kesamaan.

Walaupun ukuran Saturnus lebih kecil dari Jupiter atau 60% dari volume Jupiter. Saturnus dikenal sebagai planet paling tidak padat di antara planet lainnya.

Nah, kalau Uranus adalah planet teringan di antara planet-planet lainnya di susunan tata surya bagian luar. Anehnya, planet ini mengelilingi matahari dengan poros 90o ke ekliptika. Jika dalam tatanan semesta, Uranus memang memiliki kelainan orbit.

Itulah pengertian tata surya yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat.