Siapa yang tidak tahu tentang tsunami hari ini. Sejak daerah Sumatera sekitar Aceh ditenggelamkan pada tahun 2004, gelombang laut satu ini telah menjadi ancaman yang jauh lebih mengerikan daripada berbagai bencana yang mungkin terjadi di Indonesia.

Banjir, longsor, angin topan, gunung meletus, dan berbagai bencana lainnya bukan tandingan tsunami dalam hal apapun. Namun, ada banyak hal yang belum kami ketahui tentang tsunami, barangkali beberapa hal di bawah ini merupakan salah satunya.

1Pengertian Tsunami

abc.net.au

Tentu saja kamu tahu betul pengertian tsunami, ia adalah gelombang laut. Kata tsu dalam bahasa Jepang berarti pelabuhan, sedangkan nami berarti gelombang. Tentu saja yang dimaksud adalah gelombang yang menghantam pelabuhan.

2Sebab Musabab

subductionzone.us

Gelombang pembunuh ini dapat disebabkam oleh banyak hal. Salah satu penyebab timbulnya tsunami adalah gempa bumi dengan pusat gempa berada di laut. Gempa laut ini umumnya disebabkan oleh pergeseran lempeng tektonik antar lempeng benua.

Penyebab lainnya dapat dimungkinkan karena terjadinya erupsi gunung berapi yang berada di laut, ledakan bawah laut, atau bahkan sangat mungkin disebabkan oleh jatuhnya meteor besar ke lautan.

3Tsunami 2004

agunkzscreamo.blogspot.com

Sekira 80% tsunami yang terjadi di bumi berasal dari kawasan ring of fire terutama di daerah laut Pasifik. Kamu mungkin telah dapat menebak bahwa tsunami besar tahun 2004 adalah tsunami dengan dampak terparah yang pernah tercatat hingga saat ini.

Gelombang pembunuh ini menerjang kasar dan tanpa ampun 14 negara dari Thailand hingga Afrika. Dengan tingkat guncangan 9 pusat gempa mencapai 9,3 skala richter, lahir gelombang pembunuh yang sangat mengerikan.

ibtimes.co.uk
ibtimes.co.uk

Tsunami pada masa itu diperkirakan membunuh lebih dari 280.000 orang, bahkan dikatakan hingga saat ini jumlah korbannya tetap tidak dapat dipastikan secara tepat karena begitu banyaknya korban yang kemungkinan tidak tercatat.

Energi gelombang atau daya hantam yang dilepaskan oleh tsunami pada tahun 2004 lebih besar dari jumlah total energi seluruh tsunami di dunia selama 25 tahun terakhir.

newstatesman.com
newstatesman.com

Besaran energinya mencapai 23.000 energi ledakan bom atom nuklir yang diledakkan secara bersamaan dalam satu waktu. Untuk membayangkannya, 1 kiloton (1000 ton) bahan peledak TNT dapat menghancurkan radius 2 km2.

Bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima setara 15 kiloton TNT dan bom Nagasaki setara 20 kiloton TNT. Nah, daya hancur yang disebabkan oleh tsunami adalah sekitar 23.000 bom atom yang diledakkan di Hiroshima atau Nagasaki.

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Dan yang paling mengerikan, kecepatannya dapat setara dengan kecepatan pesawat jet, hingga 970 km per jam. Ketinggian gelombang pada tahun tahun 2004 bahkan mencapai 30 meter. Bagaimana? Kamu bisa membayangkannya?

Jika kamu terkena gelombang laut ini, jangan pernah mencoba berenang. Jika tidak menemukan tempat berlindung atau berpegangan, kamu harus mencari benda mengapung dan biarkan dirimu terus mengapung mengikuti arus hingga arus air benar-benar tenang.

4Masa Lalu Gelombang Pembunuh

wcdrr.org

Pada tanggal 22 Mei 1960, Chile hancur hanya 15 menit setelah gempa sebesar 9,5 skala richter. Gelombang setinggi 25 meter menghantam pantai di Chili, 15 jam kemudian gelombang ini ini sampai ke Hawaii dan 22 jam kemudian mencapai di Jepang.

versesofuniverse.blogspot.co.id
versesofuniverse.blogspot.co.id

Dua tahun sebelumnya, sebuah mega-tsunami menghantam Lituya Bay, Alaska, tahun 1958. Kamu bisa tebak berapa ketinggian gelombang mega-tsunami ini? Ketiggiannya mencapai 524 meter. Ajaibnya, hanya tercatat 2 korban jiwa.

5Jepang dan Gelombang

scienceblogs.com

Sejak tragedi tahun 2011 di Jepang yang menelan korban meninggal lebih dari 10.000 orang, 17.400 orang hilang dan 2.755 orang cedera. Kerugian yang ditimbulkan mencapai 232 juta dolar Amerika.

Jepang akhirnya memutuskan untuk memasang teknologi peringatan gelombang laut yang sangat canggih. Dengan biaya penggunaan 20 juta dolar Amerika per tahun, telah terpasang lebih dari 1.500 seismometer dan 500 sensor pengukur ketinggian air laut.