huffingtonpost.com

Inilah 7 Rahasia Menjadi Pengusaha yang Bahagia

Posted on

Pada suatu titik tertentu, orang biasanya akan mencari asal muasalnya. Awal pencarian itu pula yang kerap menjadi alasan banyak karyawan dengan predikat terbaik di sebuah perusahaan keluar dari tempat kerjanya.

Mungkin kamu salah satu diataranya. Setelah keluar, kini jadilah kamu self employed. Bekerja dengan segala upaya diri sendiri. Atau mungkin lebih terkenal dengan sebutan entrepreneur.

Buat kamu yang baru saja ingin memulai kehidupan self employed, jangan salah langkah. Bisa-bisa pencarianmu atas asal muasal dan tujuan hidup tidak ketemu dengan pas.

Apa cirinya? Kamu tidak bahagia.

Nah, berikut beberapa kunci meraih kebahagiaan dalam upayamu sebagai self employed dan entrepreneur saat ini.

Silaturahim dengan Kerabat dan Kawan Seperjuangan

kompasiana.com
kompasiana.com

Hal pertama untuk memulai rutinitas “kehidupan baru” adalah dengan mencari kawan lama sebagai partner seperjuangan. Manusia tidak bisa hidup sendiri, jadi biasakan untuk menjalin hubungan baik dengan semua orang.

Jangan lupa bahwa dengan bertemu kerabat dan kawan lama kamu mungkin akan mendapat peluang usaha yang pas denganmu. Dan jangan lupa juga bahwa silaturahim yang benar dan tulus akan membuka pintu-pintu rezeki.

Bangun Personal Branding dengan Kepercayaan

complianceandethics.org
complianceandethics.org

Bahasa kerennya mungkin sering disebut integritas. Kamu harus dapat memperkenalkan diri kamu sebagai kamu, bukan sebagai orang lain. Jadilah diri sendiri tonjolkan kapasitas dan kapabilitasmu sendiri.

Tapi ingat jangan juga jadi over promise atau malah less promise. Jadi saja orang yang jujur dan dapat dipercaya.

Jangan Jadi Yes Man, tapi Jadilah Open Minded

uoblibdems.uk
uoblibdems.uk

Jangan ragu katakan tidak pada peluang emas. Kamu harus fokus dan punya prioritas pertimbangan. Yang terpenting untuk dikejar sekarang adalah menjadi pengusaha yang bahagia.

Nah, tapi kamu juga jangan membatasi diri. Tetaplah bersikap ramah pada semua orang. Tawarkan solusi sesuai kebutuhan, berikan pelayanan profesional, maka kamu akan cepat mendapatkan klien langganan.

Plan and Do

manheimtownship.org
manheimtownship.org

Kamu harus punya tujuan dan rencana. Tulis apa yang kamu kerjakan, kerjakan apa yang kamu tulis. Catatan itu penting bagi seorang pengusaha. Catatan itu sebagai tempat berkumpulnya evaluasi dan ide baru.

Buat rencaa yang terstruktur, berjangka. Jangka pendek, jangka menengah, hingga jangka panjang.

Eat, Pray, Game

blogs.ft.com
blogs.ft.com

Ambil hadiahmu. Buat reward untuk dirimu, waktu untuk bersantai. Kalau kamu suka wisata kuliner, puaskan seleramu namun jangan sampai berlebihan bahkan kekenyangan.

goodwillfinancial.com
goodwillfinancial.com

Kalau kamu suka traveling, pergilah sejauh dompet tidak jebol dan mengganggu bangunan bisnismu. Banyak hal yang dapat dilakukan tanpa membuang biaya dan tetap membuatmu bahagia kok.

Salah satunya? Beribadah, bersyukur dan berdoa.

Manusia memang butuh hubungan dengan penciptanya, jadi jangan sampai kesibukan berdagangmu membuatmu lupa pada Sang Maha Pemberi Rezeki. Jadilah entrepreneur yang religius.

Berikan yang Terbaik dan Tersenyumlah

onecantrust.org.uk
onecantrust.org.uk

Satu hal pamungkas yang harus dilakukan seorang pengusaha bahagia tidak lain dan tidak bukan tentu memberikan kesempatan pada orang lain untuk menikmati kebahagiaan pula.

Banyak gerakaan sosial, banyak panti dan rumah sosial, banyak orang lain yang membutuhkan kebahagiaan. Jadi sisihkanlah harta dan kebahagiaanmu khusus untuk mereka. Kamu akan menjadi lebih bahagia karena hal itu.

jayandlaura.com
jayandlaura.com

Kamu akan menjadi jauh lebih bahagia dengan memberi. Lengkapi semuanya dengan senyuman. Senyuman dan keikhlasan dapat membawa kita pada kebahagiaan dengan level yang lebih tinggi.

Kebahagiaan nurani, kebahagiaan non-materi dan kebahagiaan hakiki.

Belajarlah menertawakan diri saat mengalami kegagalan. Bersikaplah lembut dan dukung pada kawanmu yang mengalami kegagalan. Gagal ini harus dijalani agar kamu bisa tahu bagaimana berjalan dalam kesuksesan.

Selamat menjadi pengusaha bahagia!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *