Usia muda bukanlah halangan mencapai kesuksesan dalam bidang wirausaha. Justru kesempatan ini bisa menjadi peluang sangat besar.

Sebab pada usia muda, tubuh masih bugar, semangat diri pun sedang dalam posisi puncak. Tentu hal tersebut sangat mempengaruhi aktivitas dan tingkat produktivitas.

Contohnya, 5 pemuda dan pemudi Indonesia ini telah membuktikan bahwa usia muda adalah kesempatan emas untuk berbuat hal besar. Siapakah mereka?

1Hamzah Izzulhaq

makeindonesia.com

Pria berusia 22 tahun ini memang sejak kecil sudah menunjukan bakat wirausaha. Terlihat ketika masa-masa sekolah, ia suka menjual kelereng, koran, sampai payung.

Kini ia sudah membuktikan kegigihannya dengan menjadi pengusaha sukses sebuah bimbingan belajar. Tak tanggung-tanggung, di usia muda ia sudah memiliki 3 lisensi cabang.

Cabang yang didirikan mampu menampung rata-rata 200 siswa per semesternya. Melihat peluangnya yang besar, Hamzah memberlakukan franchise pada usaha bimbingan belajarnya.

Omzet yang didapatkan tiap semesternya sebesar 360 juta rupiah. Semenjak tahun 2011, Hamzah telah menjadi Direktur Utama dari CV Hanamasa Indonesia.

2Hafiza Elfira

brilio.net

Mahasiswi Universitas Indonesia ini menginisiasi program bakti sosial untuk memberdayakan para wanita penderita kista. Ia mengajari dan memasarkan produk hasil tangan para penderita kista di Sintala Banten.

Ibu-ibu tersebut diajari menjahit manik-manik pada jilbab, kemudian Hafiza menjualnya. Hasil penjualan juga tidak ia nikmati sendiri. Hafiza menggunakannya sebagai dana kesejahteraan untuk ibu-ibu tersebut.

3Yasa Singgih

smart-money.co

Peluang menjual pakaian dan sepatu yang masih langka ini dimanfaatkan oleh Yasa Singgih, pemuda kelahiran tahun 1995.

Omzetnya setiap bulan mencapai 100 sampai 150 juta rupiah. Saat ini, Yasa sudah mendirikan perusahaan yang diberi nama PT Paramita Singgih dan brand fashion Men’s Republic.

4Febri Juanda

harnas.co

Apakah kamu pernah berkunjung ke Food Addict dan Yellow Trux?

Bisnis cafe ini telah dijalani oleh Febri Djuanda sejak tahun 2012. Di usia yang masih terbilang muda, Febri berhasil membuktikan kepada banyak orang bahwa ia mampu sukses hidup mandiri melalui keringat sendiri.

5Nicholas Kurniawan

festival.indonesianyouth.org

Bermula dari forum Kaskus, pemuda ini berhasil menjadi exportir Ikan Hias di Indonesia yang diperhitungkan posisinya.

Ia meraihnya juga dengan usaha yang tidak mudah. Nicholas pernah mencoba MLM, asuransi, dan menjual produk makanan maupun minuman. Semuanya gagal.

Tapi semua kegagalan itu tidak membuatnya menyerah. Akhirnya ia mencoba peruntungan dengan menjual ikan hias melalui forum jual beli Kaskus.

Sering juga ia ditipu namun, lagi-lagi hal itu tak membuatnya gentar. Atas hasil kegigihannya, kini omzet usahanya per-bulan mencapai Rp 100 juta.