Islam masuk ke Indonesia sudah sejak ratusan tahun silam. Masuknya Islam ke Indonesia adalah dengan masuknya para saudagar-saudagar timur tengah yang sengaja menyebar luaskan Islam ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

Dalam proses penyebaran Islam di Indonesia tidak menimbulkan ketegangan yang berarti. Meskipun ada 3 unsur agama dan kebudayaan yang saling berbeda di dalamnya. Hal ini disebabkan oleh tokoh-tokoh Islam pada masa itu yang tidak bersikap memusuhi.

Nah, apa saja sih peninggalan sejarah Islam yang masih bisa kamu nikmati saat ini? Yuk simak ulasannya berikut.

1MASJID

www.rasikapekalongan.co.id

Salah satu peninggalan sejarah Islam di Indonesia adalah masjid. Bahkan sudah tidak sulit lagi menemukan berbagai masjid di berbagai pulau di Indonesia.

Masjid merupakan tempat peribadatan ummat muslim, sehingga wajar jika seni arsitektur Islam yang satu ini sangat mudah dijumpai di Indonesia. Itu dikarenakan penduduk Indonesia yang mayoritas adalah muslim.

2KALIGRAFI

jasaukirjepara.wordpress.com

Selain masjid, peninggalan sejarah Islam di Indonesia yang masih dapat kita jumpai hingga kini adalah seni kaligrafi. Bagi Anda yang belum tahu, kaligrafi adalah suatu seni menulis huruf Arab dengan gaya dan susunan yang indah. Tulisan Arabnya sendiri umumnya diambil dari potongan surat atau ayat-ayat dalam Al Quran.

Seni kaligrafi yang menjadi peninggalan sejarah Islam di Indonesia pada masa silam dapat kita temukan sebagai hiasan ukir atau tulis misalnya pada dinding masjid, gapura, atau pada batu nisan.

3KERATON

surakarta.go.id

Keraton atau istana yang merupakan tempat tinggal bagi raja dan keluarganya sebetulnya telah ada sejak jaman pengaruh kebudayaan Hindu dan Budha.

Hanya saja, setelah Islam masuk, arsitektur keraton menjadi lebih banyak dipengaruhi oleh gaya arsitektur Timur Tengah.

4PESANTREN

raudlatululumkencong.blogspot.com

Sejak masuknya Islam di Indonesia, pesantren telah menjadi lembaga pendidikan agama yang telah melahirkan banyak mubaligh.

Pesantren dianggap sebagai salah satu peninggalan sejarah Islam di Indonesia karena dianggap turut berperan serta dalam kemajuan syiar Islam Nusantara.

Beberapa pesantren besar yang ada di Indonesia antara lain Pesantren Lasem di Rembang, Pesantren Tebuireng di Jombang, Pesantren Asembagus di Situbondo, Pesantren Lirboyo di Kediri, Al-Kautsar Medan, dan Pesantren As-Shiddiqiyyah di Jakarta.