Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata penjara? Tentu menyeramkan, gelap, kumuh, bau, sama sekali jauh dari kata kenyamanan. Benarkan? Ngaku deh! Kalau ditawarkan masuk penjara tentu akan langsung kamu tolak. hehe.

Penjara yang ini berbeda dengan penjara suci ya. Tapi by the way, kamu tahu ngga sih penjara suci itu apa? Haha. Ini adalah julukan untuk tempat bernama pondok atau pesantren. Yah, memang hanya alumni pesantren yang bisa memahaminya.

Kembali ke penjara! Eh maksudnya bukan kembali masuk penjara ya, tetapi kembali ke pembahasan penjara. Ternyata di dunia ini ada beberapa penjara yang jauh dari bayangan kebanyakan orang. waw! Seperti apakah penjara tersebut? Simak yuk.

1Bastoy Prison, Norwegia

www.berita2populer.com

Kamu tahu kan biasanya kalu di film-film narapidana yang di penjara akan mendekam di balik jeruji besi? Tapi di Norwegia itu tidak berlaku, narapidana disini bisa dengan bebas menghirup udara segar.

Penjara Bastoy ini jadi penjara ekologi pertama di dunia. Narapidana tinggal di pondok-pondok kayu, dan bekerja di pertanian penjara. Selama waktu luang, mereka memiliki akses ke kegiatan seperti menunggang kuda, memancing, bermain tenis, dan ski lintas negara.

Hebatnya lagi, penjara Bastoy baru saja mendapat penghargaan di tahun 2014 karena dianggap mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan dan toleransi.

Kamu berminat? Wkwk.

2Justice Center Leoben, Austria

www.youtube.com

Semua narapidana tentu mendambakan penjara semacam ini. Bagaimana tidak, disini narapidana disediakan fasilitas seperti kamar mandi pribadi, dapur dan ditambah televisi.

Hebatnya lagi, para penghuni sel ini dipersilakan untuk menggunakan pakaian pribadi layaknya orang tak tersangkut hukum. Waw! Ini namanya liburan gratis, bukan penjara. Bener ngga?

3Champ-Dollon Prison, Switzerland

answersafrica.com

Penjara ini letaknya di Jenewa, Swiss. Dulu penjara ini dikenal sebagai penjara dengan tingkatan kepadatan yang luar bisa dengan berbagai penyebaran penyakit di dalamnya.

Namun di tahun 2008, penjara ini mengalami perubahan yang lebih baik. Bangunan diperluas dan diberi fasilitas yang layak untuk penghuninya.

Tak lagi behimpitan dengan narapidana lain, para penghuni kini bisa tidur dengan kamar tidur sendiri dan kamar mandi di dalam penjara layaknya hotel bintang 3. Tenang guys, masih bintang 3 kok, belum bintang 5. Hehe.

4JVA Fuhlbuet Prison, Jerman

www.insideindonesia.org

JVA Fuhlbuettel adalah penjara mewah di Hamburg, Jerman yang melayani narapidananya. Direnovasi dan dibuka kembali tahun 2011, JVA ini jauh lebih mewah dengan fasilitas seperti tempat tidur, sofa, dan toilet.

Bahkan narapidana diberi ruang untuk rapat kecil serta memiliki akses ke mesin cuci merek baru dan pengering untuk melakukan laundry sendiri. Buka usaha laundry bisa kali Om! Hehe.

5Sollentuna Prison, Swedia

answersafrica.com

Penjara yang satu ini terkenal dengan bersih, rapi dan nyaman. Di penjara ini juga disediakan kasur yang empuk, sofa, dan toilet yang bersih. Para napi bisa menikmati tv di sofa, memasak makanan favorit di dapur, dan memiliki akses ke gym untuk menunjang kesehatan.

6Penjara Pondok Bambu, Jakarta

sigit.agenproperti.com

Nah! Ternyata ada juga lho penjara mewah di Jakarta, jadi kamu ngga perlu khawatir. Kamu bisa mencobanya kok. Ups!

Di penjara ini Ratu Atut pernah menjadi penghuninya dan mendapat sorotan yang luar biasa di mata publik. Atut rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan pelayanan spesial di balik jeruji besi Pondok Bambu.

Tidak semua penjara menyeramkan kan? Ternyata banyak lho penjara dengan berbagai fasilitas mewah lainnya. Tetapi namanya penjara tetap saja penjara. Hehe.