Siapa yang senang berada di penjara? Tentu semua orang tidak akan ada yang suka, termasuk para penjahat itu sendiri. Selain tempatnya yang pengap, gelap, terkesan suram, keseharian di dalamnya pun sangat monoton.

Para narapidana menjalani rutinitas yang sama setiap hari. Ada yang mendapat kekerasan dari sipir, ada yang diperlakukan tidak manusiawi, atau dibiarkan begitu saja sampai napi tersebut mati.

Inilah 5 contoh penjara yang memiliki kehidupan mengerikan di dalamnya. Sebagian besar penjara ini sudah tidak digunakan lagi.

1La Sante Prison, Prancis

parisrevolutionnaire.com

Penjara ini terletak di Negara Prancis. Kehidupan di La Sante terkenal tidak manusiawi dan sadis, seolah tak ada harga untuk sebuah nyawa. Perlakuan kasar para sipir terhadap napi, dan napi kepada napi lainnya menjadi tontonan setiap hari.

Maka, tak mengherankan kalau banyak sekali napi yang memutuskan untuk bunuh diri atau kemudian menjadi gila. Selain kasus perbudakan, insiden pemerkosaan sesama napi hampir terjadi setiap hari.

2Bang Kwang Prison, Thailand

noticiasasombrosas.com

Nama lain dari penjara Bang Kwang Prison adalah Bangkok Hilton. Tempat ini tidak layak disebut sebagai penjara karena kondisi lingkungannya yang lebih mirip tempat pembuangan sampah.

Penjara yang tidak terlalu luas ini menampung banyak sekali narapidana. Pengelola penjara ini tidak memperhatikan sama sekali mengenai perawatan gedung, apalagi penghuninya.

Meskipun narapidana adalah orang-orang bersalah yang layak mendapat hukuman, tetap saja ia harus diperlakukan dengan baik dan manusiawi.

Di penjara ini, standar kesehatan sangat minim, bahkan nyaris tidak begitu diperhatikan. Jika ada narapidana yang sakit, mereka tidak akan mendapatkan pengobatan. Justru dibiarkan begitu saja sampai akhirnya napi tersebut mati mengenaskan.

3Carandiru Prison, Brasil

informationng.com

Sebuah insiden mengerikan terjadi di penjara yang berlokasi di Negara Brasil pada tahun 1992 silam. Kerusuhan besar di dalam penjara melibatkan nyaris seluruh penghuni di dalamnya.

Kemudian pihak kepolisian Brasil menurunkan pasukan lengkap dengan senjata yang mematikan untuk mengatasi kerusuhan tersebut agar tidak ada narapidana yang lolos atau berusaha kabur.

Mau tak mau, langkah pembantaian para napi yang terlibat dalam kerusuhan tersebut tak bisa terelakkan. Menurut informasi, korban yang berjatuhan mencapai angka ratusan.

4Alcatraz Island Prison, San Francisco

photoeverywhere.co.uk

Mungkin sebagian orang merasa familiar dengan lokasi ini. Seperti pernah muncul sebagai lokasi sebuah adegan film laga. Penjara ini terletak di tengah laut, jauh dari jangkauan masyarakat umum.

Penjara ini dibangun pada tahun 1920-an, berlokasi di sebuah pulau kecil. Para napi yang sudah mendekam di sini, tidak akan bisa berkomunikasi dengan pihak luar karena selain berada di pulau yang terletak di tengah lautan, penjagaan di tempat ini pun sangat ketat.

Ada satu peraturan di Alcatraz yang sangat tidak manusiawi. Para napi dilarang saling berkomunikasi dengan siapapun termasuk dengan napi lainnya. Apabila melanggar, maka akan dipukuli, disiksa sampai babak belur.

Sejak tahun 1963, penjara ini sudah ditutup dan tidak pernah dibuka lagi.

5Vladimir Central Prison, Russia

en.wikipedia.org

Penjara merupakan yang paling besar di Russia. Dibangun pada tahun 1783, berlokasi 100 mil dari Moscow.

Penjara ini merupakan tempat berkumpulnya para penjahat berbahaya di Russia. Bahkan putra mantan pemimpin Uni Soviet, Vasily Dzhugashvili pernah masuk ke dalam Vladimir Central! Wah

Hukuman paling ringan di penjara ini adalah 10 tahun. Mungkin karena para penghuni di dalamnya adalah penjahat kelas atas yang sangat berbahaya. Biasanya, narapidana yang mendekam di tempat ini, terkena sanksi seumur hidup.

Tidak ada pemandangan yang bisa dinikmati dari kehidupan di sebuah penjara karena sejauh mata memandang hanya ada tembok tinggi, gelap, dan rutinitas yang sama setiap harinya.

SHARE