Sejak lahir kita diciptakan sebagai makhluk sosial. Di mana kita membutuhkan orang lain dalam kehidupan kita. Itulah mengapa, Allah sangat menekankan kepada kita untuk bermuamalah yang baik kepada sesama manusia.

Salah satu bentuk menjaga hubungan itu adalah dengan saling mengunjungi atau bertamu ke rumah kerabat, saudara atau tetangga di sekitar kita.

Nah, karena tujuannya adalah mempererat ukhuwah dalam rangka ketaatan kepada Allah, maka perlu ada adab-adab yang kita jaga.

Dalam Islam, sudah sangat jelas diterangkan mengenai adab-adab ketika bertamu ini. Namun, terkadang banyak dari kita yang lupa atau tidak mengetahuinya. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita cari tahu kembali melalui ulasan yang berikut ini.

1Ketuklah Pintu dengan Lembut

boombastis.com

Ketika kita datang ke rumah orang dengan niat baik, maka kita perlu memulainya dengan sesuatu yang baik, yaitu mengetuk pintunya dengan lembut. Selain itu, kita pun harus berlaku sopan.

Hal ini perlu kita lakukan agar pemilik rumah ridho akan kehadiran kita di rumahnya. Dalam jumlah ketukan pun, hal ini sudah ada aturannya dalam Islam. Rasulullah pernah bersabda dalam sebuah hadits.

“Dari Abu Musa Al-Asy’ary RA, dia berkata: Rasulullah bersabda, ‘Minta izin masuk rumah itu tiga kali, jika diizinkan untuk kamu (masuklah) dan jika tidak maka pulanglah!’” (HR. Bukhari dan Muslim)

2Ucapkan Salam dan Mintalah Izin

modifikasisepedamotor.com

“Dari Kildah bin Al-Hanbal, bahwa dia masuk ke rumah Rasulullah tanpa mengucap salam dan meminta izin, maka beliau SAW pun bersabda, Kembalilah, ucapkan Assalamu’alaikum, bolehkah saya masuk.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

Saat kita bertamu ke rumah orang, walaupun pintunya dalam keadaan terbuka, namun kita dilarang keras untuk langsung masuk ke dalam. Seperti yang dijelaskan di hadits di atas, kita perlu mengucapkan salam dan meminta izin terlebih dahulu.

3Usahakan Tidak Menghadap Langsung ke Pintu

meuble.djbarokah.com

Saat kita hendak bertamu ke rumah orang, baik itu saat mengetuk pintu atau pun mengucapkan salam, maka kita sangat tidak dianjurkan untuk langsung menghadap ke arah pintu.

Kenapa tidak boleh seperti itu? Ini dikarenakan kita memberi kesempatan kepada pemilik rumah untuk mempersiapkan diri menyambut kehadiran tamu di rumahnya. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah.

“Adalah Rasulullah SAW jika mendatangi suatu pintu dan akan meminta izin, beliau tidak menghadap ke arah pintu. Akan tetapi beliau berada di sebelah kiri, atau kanannya. Jika diizinkan beliau baru masuk, jika tidak beliau pun kembali.” (HR Bukhari)

4Tidak Mengintip ke Dalam Rumah

sallanscorner.files.wordpress.com

“Andaikan ada orang melihatmu di rumah tanpa izin, engkau melemparnya dengan batu kecil lalu kamu cungkil matanya, maka tidak ada dosa bagimu.” (HR. Bukhari Kitabul Isti’dzan)

Saat kamu mengetuk pintu di rumah seseorang, lalu tidak kunjung dibukakan pintu, maka jangan coba-coba untuk mengintip ke dalam rumah. Hal ini sesuai dengan penjelasan hadits di atas.

5Duduk di Tempat yang Disediakan

catrumahminimalis.com

Selain mengetuk pintu, mengucapkan salam dan tidak mengintip ke dalam rumah, kita pun perlu mengedepankan adab ketika duduk saat bertamu.

“Dari Mu’awiyah bin Hudaij, ia berkata, Saya pernah meminta izin menemui Umar RA, Orang-orang lalu berkata, Duduklah di tempatmu sampai ia keluar menemuimu! Maka aku duduk di dekat pintunya hingga beliau keluar menemuiku.” (HR Bukhari)

Dari hadits yang disampaikan Rasulullah di atas, maka saat bertamu duduklah di tempat yang telah disediakan dan dipersilakan oleh salah satu penghuni rumah, sampai orang yang ingin kita temui keluar menemui kita.

6Mendoakan

salmahsumayya.wordpress.com

Jika tuan rumah yang kita kunjungi menjawab salam dan memberikan suguhan kepada kita, maka doakanlah ia. Selain itu ketika diberi suguhan, makan dan minumlah setelah dipersilakan. Jangan memilih-milih atau menolak suguhannya.