Medsos atau media sosial yang kita kenal di jaman sekarang. Semua kalangan mulai dari seorang bapak, ibu, pemuda bahkan anak-anak SD sudah mulai banyak yang tergila-gila dengan medsos.

Media sosial juga banyak menawarkan fitur-fitur yang menarik, mulai dari media untuk upload foto, upload video, chating, update status bahkan sampai telfon gratis. Dengan saya tarik sedemikian rupa akhirnya hampir semua  orang tertarik aktif di medsos.

Sayangnya aktif di medsos menjadi candu bagi orang, mereka rela menghabiskan banyak waktu untuk senyum-senyum sendiri di depan handphone atau laptop, hidup mereka serasa di dunia maya.

Akibatnya kecanduan medsos ini berakibat buruk bagi kehidupan seseorang. Inilah beberapa bahaya kecanduan media sosial yang perlu kita waspadai.

1Sulitnya Hidup Tanpa HP

zopini.com

Hal yang pertama tentu berakibat sulitnya jika hidup tanpa handphone atau juga bisa berat hidup tanpa smartphone, tanpa medsos. Secara tiap harinya selalu beraktifitas dengan HP, tanpa HP rasanya garing, tidak seru dan jenuh setengah mati.

Mereka yang sudah kecanduan tiap menit lihat HP, mau makan lihat HP, mau tidur lihat HP, sambil makan maen HP, masak sambil dengerin HP bahkan saat ibadah tak jauh dari HP.

Padahal kalau dipikir itu hanya kehidupan di dunia maya, dunia nyata jauh lebih seru dan menyenangkan. Bagi mereka yang sudah begini apapun akan dilakukan demi aktif di medsos.

Jika HP rusak bingung segera servis atau ganti, jika akun medsos hangus nangis seharian, jika ketinggalan info dikit aja bingung tidak karuan.

2Berkurangnya Sosialisasi Di Dunia Nyata

jpnn.com

Efek berikutnya akan berkurangnya sosial di dunia nyata, secara sibuk terus dengan teman dunia maya.Bahkan ada yang bilang bahsa medsos menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh.

Tentu pastinya secara memang berinteraksi secara online dan bisa dengan siapapun walau jarak yang jauh, bahkan beda negara sekalipun. Dan rata-rata interaksi di medsos itu bagi mereka lebih seru, alhasil inetraksi di dunia nyata jadi berkurang.

Mereka yang deket rumah jadi malas keluar, jadi malas berinteraksi dengan orang sekitar, malas dengan tetangga, bahkan malas mengurus anak.

3Pamer Merajalela

infinitewarr.com

Tentu dengan fitur upload foto dan upload video banyak para cewek khususnya upload foto sebanyak-banyaknya, asal foto bagus dikit pasang, gaya dikit pasang, pose unik pasang, foto makanan upload dan masih banyak lagi.

Bahkan ada juga yang upload foto pas ibadah, tentu dunk itu namanya pamer. Kalaupun bukan foto ibadah pasti hati akan terbesit untuk pamer, jika banyak komentar senangnya bukan maen, akhirnya perang pamer terjadi.

4Banyak Menyita Waktu dan Menggangu Konsentrasi

jalantikus.com

Dengan serunya interaksi di medsos tentu akan banyak menyita waktu, waktu yang seharusnya untuk belajar, waktu yang seharusnya untuk bekerja, untuk sosial di masyarakat jadi hilang dan terbengkalai.

Medsos juga akan menggangu konsenstrasi, ketika ada ceramah justru asyik bermedsos ria, ketika sedang belajar di sekolah malah saling asyik bermedsos, yang seharusnya bekerja dengan konsen tinggi rusak karena banyaknya bunyi chat di medsos dll.

5Boros Pengeluaran

jalantikus.com

Berikutnya yang tentu menjadi kerugian adalah boros dalam pengeluaran. Kita tahu bahwa untuk mengaktifkan medsos di HP butuh pulsa data internet dan semakin banyak yang dibuka semakin menarik bagi seseorang dan semakin cepat habis pulsa datanya.

Dengan begitu habis beli lagi, kurang tambah lagi, isi lagi, beli lagi dan begitu seterusnya gak ada habisnya. Bagi yang sudah berkeluarga tentu akan sedikit mengurangi tabungan, bagi anak sekolah, aduuh, uang dari bapaknya cuma buat begituan.

6Potensi Selingkuh Besar

health.kompas.com

Ini mungkin yang sudah kelewat batas. Nikmatnya berinteraksi dengan lawan jenis di medsos akan menyebabkan orang mudah baper atau bawa perasaan. Alhasil banyak mereka yang justru nyaman dengan teman dunia mayanya.

Dengan dirumah banyak masalah dan sedang nyamannya dengan teman dunia maya, potensi selingkuh besar sekali, secara lagi banyak masalah dan butuh perhatian, pasti curhatnya ke teman dunia mayanya.

Sudah banyak kok faktanya, bahkan ada yang sampai kabur demi menikahi seseorang yang dikenalnya memalui media sosial.

Bagi kita yang sudah kecanduan atau belum terlalu yuuk segera evalusai diri, benarkah kita sudah mendapat salah satu ciri-ciri diatas, jika iya sudah saatnya kita memperbaiki diri. Semoga bermanfaat ya, yuuk mari.