Obesitas merupakan satu kata yang paling menakutkan bagi setiap orang. Bukan hanya karena perkara penampilan jadi tidak indah, namun lebih mengerikan lagi karena kita akan dihantui oleh berbagai macam penyakit.

Banyak sekali penyakit di dunia ini yang disebabkan oleh obesitas atau kegemukan. Mulai dari jantung koroner, diabetes, radang persendian, gagal ginjal, kolesterol tinggi, stroke dan penyakit lainnya.

personal-trainer.nl
personal-trainer.nl

Kamu pasti tidak mau kan, dihinggapi aneka macam penyakit seperti itu? Apalagi jika usia kamu masih tergolong muda dan masih produktif-produktifnya bekerja. Pasti obesitas mengganggu sekali dong.

Tapi, sebenarnya apa sih yang menyebabkan obesitas itu? Obesitas sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari faktor genetik, hormonal maupun karena faktor pola makan.

Wah, pola makan ternyata bisa menyebabkan obesitas juga lho? Gimana nih, kamu sudah mengatur pola makanmu dengan baik belum?

Nah, salah satu bentuk pola makan yang perlu kita perhatikan adalah menu makan saat pagi hari. Kamu perlu tahu bahwa ada menu-menu makanan yang sebaiknya kita hindari saat pagi hari. Itu perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatanmu.

Apa saja menu makanan yang perlu kita hindari? Yuk langsung saja kita lihat bersama!

1Donat

ngegas.com

Kalau kamu senang memakan donat untuk sarapan pagi, sepertinya kamu perlu berpikir ulang dari sekarang. Donat walaupun memiliki kandungan kalori yang rendah, namun makanan yang satu ini kadar gulanya tinggi.

Oleh karena itu, daripada kamu obesitas atau diabetes karena sering mengonsumsi donat setiap hari, maka sebaiknya kamu hindari saja makanan yang satu ini. Ini lebih aman untuk kesehatanmu.

2Sirup Jagung

balancedgrettie.com

Apakah kamu sering mengonsumsi sirup jagung? Jika iya, maka kamu pun mulai sekarang perlu menghindarinya. Kenapa? Ini dikarenakan sirup jagung mengandung kadar fruktosa yang tinggi. Jadi bisa buat kamu tambah gemuk.

Wah, padahal sirup jagung kan enak, apalagi kalau dimakan bareng waffle. Enak banget deh pokoknya. Tapi, demi kesehatan kamu, kamu harus berusaha menghindarinya.

3Sosis

tokomesin.com

Makan sosis goreng dengan nasi hangat pada pagi hari tentunya enak sekali. Apalagi menu yang satu ini sangat praktis untuk disiapkan. Tapi tahukah kamu bahayanya makan sosis pagi-pagi?

Sosis memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Jadi kalau kamu makan sosis pagi hari, apalagi dengan frekuensi yang sering, maka ini bisa menggagalkan program diet kamu. Jadi hilangkanlah makanan ini dari menu pagi kamu.

4Sereal

flickr.com

Apakah kamu pernah mengonsumsi sereal berwarna-warni? Jika iya, maka kamu harus berjanji untuk tidak mengonsumsinya lagi dalam jumlah banyak dan dengan frekuensi yang sering.

Sereal memang dikenal sebagai salah satu menu sarapan pagi, namun sereal yang berwarna-warni memiliki kandungan gula yang tinggi. Sehingga ini berbahaya bagi program diet kamu. Bukannya kamu bertambah langsing, malah kamu nanti jadi semakin gemuk.

5Keripik Kentang

acehonline.info

Kalau kita makan keripik kentang, kita biasanya berasumsi bahwa makanan ini tidak akan membuat kita gemuk, karena kita pikir makanan ini tidak membuat kita kenyang.

Tapi, anggapan ini tentunya salah besar. Karena setelah mengalami berbagai macam proses produksi dan penambahan bahan-bahan lain seperti minyak, maka kalori dari keripik kentang ini pun menjadi tinggi.

Tentunya semakin tinggi kalorinya, maka semakin tinggi resiko kegemukan yang akan kita alami setelah mengonsumsi makanan ini.

Demikianlah beberapa makanan yang sebaiknya tidak kita konsumsi di pagi hari Menghindari makanan-makanan ini memang tidak mudah. Tapi jika kita punya tekad yang kuat, maka kita pun akan bisa menjalaninya. Salam hidup sehat.