Kalau kata orang sih, tepatnya kata banyak wanita yang sudah menjadi ibu, kalau sudah punya anak tuh tidur jadi nggak teratur. Siang jadi malam dan malam jadi siang. Bener nggak nih ibu-ibu?

Kok bisa begitu ya? Jelas bisa begitu, soalnya jadwal tidur bayi di bawah tiga tahun masih berubah-ubah. Apalagi kalau beberapa bulan baru dilahirkan. Biasanya bayi akan terbangun di malam hari karena kehausan dan penyebab lainnya.

ketututik.wordpress.com
ketututik.wordpress.com

Nah, oleh karena itu, ketika memiliki anak yang masih batita, maka ibu-ibu merasa penting untuk mengetahui dan mengatur pola tidur bayinya. Hal ini dilakukan supaya si ibu bisa melakukan aktivitas lain, seperti melakukan pekerjaan rumah tangga.

Wah, pengorbanan ibu begitu mulia ya untuk anaknya. Tapi, kira-kira ada nggak ya solusi untuk para ibu ini terkait pola tidur bayinya? Untuk membantu problematika pola tidur bayi, yuk kita lihat bersama strateginya di sini!

1Memilihkan Waktu Tidur untuk Bayi

teakpalace.com

Menurut Shelly Weiss, yang merupakan seorang dokter neurologi anak di the Hospital for Sick Children, Toronto. Ia mengatakan bahwa tidak ada standar yang pasti kapan bayi harus tidur saat malam hari.

Jadi, kita bisa menentukan dan memilihkan kapan waktunya bayi harus tidur saat malam hari. Nah, tapi pada umumnya bayi akan tertidur sekitar jam setengah tujuh malam hingga jam setengah delapan malam.

2Menjelang Tidur, Buatlah Ritual yang Sama

nisrina.co.id

Sejak bayi anak sudah mulai belajar mengenai pola. Walaupun intensitas bayi dalam menangkap pola itu masih rendah. Oleh karena itu, menjelang tidur buatlah sebuah ritual yang secara konsisten kita terapkan.

Ritual ini dimaksudkan agar bayi kita secara tidak langsung memahami bahwa saat ini adalah waktunya tidur.

Ritual ini berisi kegiatan-kegiatan yang singkat dan membuat bayi tenang, misalnya mengayun-ayun di dalam pelukan, mengelus-elus dan hal sederhana lainnya.

3Mematikan Lampu Saat Bayi Akan Tidur

suplemenuntuksemua.blogspot.com

Dengan menggelapkan ruangan, kita dapat membantu bayi untuk lebih cepat tidur. Dan untuk mematikan lampu, para ibu tidak perlu khawatir bayinya akan ketakutan karena bayi belum mengenal rasa takut, apalagi dengan gelap.

Bukankah dulu di dalam perut ibu juga gelap? Justru yang banyak takut dengan kegelapan adalah orang yang jauh lebih dewasa. Tentunya hal ini berdasarkan persepsi dan pengalaman yang menyebabkan persepsi takut dengan gelap.

4Trik Saat Menidurkan Bayi

simplemeditation.work

Secara alami, siklus tidur itu selalu berulang. Saat kita tidur di malam hari misalnya, sebenarnya kita mengalami beberapa kali siklus tidur, yang kalau pada bayi satu siklus tidur itu 40-50 menit, yaitu ketika tertidur dan terbangun lagi.

Nah, yang perlu kita waspadai dari siklus tidur bayi adalah saat ia terbangun. Kenapa perlu diwaspadai? Ini dikarenakan, bayi akan merasa tidak nyaman dan akan menangis, ketika menemukan bahwa keadaan di sekitarnya berbeda dengan saat ia tertidur.

Salah satu perbedaan itu adalah jika ibunya tidak berada di dekatnya saat ia bangun, padahal saat ia tertidur ibunya ada di dekatnya. Untuk mengatasi hal ini, maka kita perlu meninggalkan bayi kita sebelum ia benar-benar terlelap tidurnya.

5Fleksible

id.aliexpress.com

Seiring pertambahan usia bayi, maka waktu tidurnya akan semakin berkurang. Dengan berkurangnya waktu tidur ini, maka pola tidur bayi pun akan berubah-ubah. Bergantung kepada usianya.

Oleh karena itu, walaupun kita sudah berusaha mengatur pola tidur bayi kita, namun kita pun perlu menyadari bahwa sewaktu-waktu akan selalu kita temui perubahan. Oleh karena itu, bersabarlah dengan semua proses perkembangan anak. Salah satunya dengan pola tidur.

SHARE