Menjadi tua adalah sebuah kepastian. Seiring berjalannya waktu, tak terasa kita sudah tumbuh dewasa. Sudah menempuh sarjana, mendapatkan pekerjaan, bertemu dengan jodoh dalam pernikahan, memiliki anak yang lucu.

Tak berhenti disitu, anak-anak serasa tiba-tiba sudah dewasa dan kita sudah memiliki seorang menantu dan pada akhirnya cucu!

Wah begitu cepatnya kehidupan. Namun sebenarnya menjadi tua bisa menjadi sebuah penyadaran dalam diri kita. Sudahkah kita mengumpulkan bekal yang cukup atau belum.

Nah secara fisik, tentu saja seorang manusia akan mengalami perubahan seiring umur yang bertambah. Jika kamu mendapati beberapa ciri ini, kamu patut curiga jika sejatinya kamu sudah mulai tua.

1Keriput

caraterbarumengatasi.com

Hal pertama yang terlintas di pikiranmu saat mendengar kata tua mungkin adalah keriput atau kerutan. Memang benar jika salah satu tanda penuaan dini adalah keriput.

Keriput akan Nampak pada bagian bawah mata dan ujung mata serta daerah dahi dan alis juga bagian lainnya.

Jika telah muncul tanda-tanda keriput pada ujung mata anda berarti kamu telah mengalami penuaan,apalagi bila usia anda masih terbilang muda berarti anda telah mengalami penuaan dini.

Berbagai hal dapat menimbulkan hal semcam keriput pada ujung mata ini. Diantaranya radikal bebas, polusi,dan radiasi matahari.

2Flek

www.ummi-online.com

Untuk tanda penuaan dini yang kedua adalah timbulnya flek. Flek yang dikenal sebagai bercak-bercak hitam kecil ini merupakan tanda penuaan yang juga sering kita jumpai dan dapat dikatakan sebagai awal masuknya penuaan.

Flek atau bercak hitam ini biasanya atau lebih sering di jumpai pada kulit wajah kamu. Ini dikarenakan terkontaminasi radiasi matahari langsung dan polusi udara,sehingga menimbulkan penumpukan-penumpukan kotoran.

3Kantung Mata

www.obatkantungmata.com

Wajahmu akan terlihat kusam dan tua apabila matamu memiliki kantung mata dan lingkaran hitam mata panda.

Masalah ini terjadi karena pembuluh kapiler kecil yang bocor sehingga darah mengalami oksidasi dan menjadi gelap.

Kulit yang ada di bawah mata memang tipis sehingga warna hitam atau gelap akan tampak jelas di bagian tersebut.

4Penumpukan lemak

acehonline.info

Terjadinya penuaan dini pada seseorang dapat mengakibatkan terganggunya proses metabolisme pada tubuh, sehingga ini menyebabkan tubuh tidak mampu mestimulasi lemak secara tepat.

Hal ini berakibat terjadinya penumpukan lemak dimana-mana, tapi penumpukan ini akan lebih tampak pada bagian samping perut dan lengan kamu.

5Pigmentasi Kulit

www.4shared.com

Pigmentasi kulit bisa berupa berubahnya warna kulitmu menjadi pucat, menghitam atau kusam. Selain wajah, pigmentasi penuaan dini juga serong terjadi pada daerah dahi, bahu dan tangan.

6Kulit kering

www.cantikalamiah.com

Radikal bebas yang telah terjadi secara luas di dunia menyebabkan kulit mengalami penurunan koladen dan juga elastisitas yang dimiliki kulit.

Penurunan ini membuat kulit akan tampak lebih kering dan juga akan tampak kasar.

 

SHARE