Ketika menjalani aktivitas apakah kamu merasa kurang konsentrasi, merasa lelah dan mudah capek? Waspadai tanda-tanda tersebut, itu adalah beberapa tanda penyakit kekurangan darah atau biasa dikenal dengan Anemia.

Penyakit anemia adalah penyakit kekurangan darah dimana jumlah sel darah merah atau hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal.

Hemoglobin sangat berperan penting di dalam tubuh, karena berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Tak heran jika seseorang yang menderita anemia akan merasa cepat lelah, terlihat pucat dan terlihat gelisah.

Penyakit ini memeang sudah sering kita dengar bahakn mungkin pernah kita alami. Namun, jangan pernah menganggap sepele anemia, karena bisa menjadi kemungkinan anemia adalah manisfestasi dari suatu penyakit lain.

‘Mencegah lebih baik dari pada mengobati’, kita sering mendengar selogan tersebut.

Memang benar, kesehatan sangat penting, maka kita sebaiknya melakukan perlindungan diri dengan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit.

Sama halnya dengan anemia, agar kita terhindar dari penyakit tersebut maka kita perlu melakukan pencegahan anemia.

Salah satu cara pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan jumlah sel darah merah.

Berikut kandungan dari beberapa jenis makanan yang dapat mencegah anemia.

1Zat besi

vikybahagia.com

Zat besi memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Manfaat zat besi yang utama yaitu berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan serta menjaga kesehatan tubuh.

Salah satu fungsi utama zat besi adalah berperan dalam produksi hemoglobin dalam sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh sel-sel tubuh.

Maka dari itu, agar kita tidak kekurangan darah dan kebutuhan zat besi kita terpenuhi, maka kita perlu mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat besi tinggi.

Makanan yang mengandung zat besi dapat ditemukan pada daging, kacang-kacangan, sayuran dengan warna hijau gelap dan buah yang sudah dikeringkan, seperti bayam, kangkung, daging sapi, kentang, dan lain-lain.

2Folat

intisari-online.com

Asam folat atau Folat, vitamin yang mudah larut dalam air ini mempunyai banyak fungsi terutama dalam pembentukan sel di dalam tubuh.

Pada anak-anak dan orang dewasa, fungsi asam folat ini adalah untuk pembentukkan sel darah merah, pembentukkan sel otak, dan pencegahan anemia.

Makanan yang mengandung asam folat terdapat pada beberapa buah-buahan, sayuran, dan daging. Makan dengan sumber folat yang baik antara lain bayam, brokoli, pisang, tomat, kacang-kacangan, ikan, telur dan susu.

3Vitamin B12

www.teropongbisnis.com
Vitamin B12 adalah vitamin yang memiliki sifat larut dalam air, dan ini akan membuat sel-sel saraf dan sel-sel darah merah menjadi sehat. Vitamin B12 juga berguna untuk kelancaran fungsi dari beberapa proses penting yang dilakukan oleh tubuh.
Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan gejala penyakit seperti anemia, kelelahan, tubuh lemah, sembelit dan kehilangan nafsu makan.
Oleh karena itu untuk mencegah anemia sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang mengandung B12 antara lain ikan tuna, kepiting, ikan sarden, kerang, salmon, daging sapi, keju, telur maupun daging ayam.

4Vitamin C

panduanhidupsehat.com

Anemia karena kekurangan Vitamin C adalah sejenis anemia yang jarang terjadi, yang disebabkan karena kekurangan Vitamin C yang berat dalam jangka waktu yang lama.

Perlu kita ketahui, salah satu fungsi vitamin C adalah membantu penyerapan zat besi, sehingga jika terjadi kekurangan Vitamin C, maka jumlah zat besi yang diserap akan berkurang dan bisa terjadi anemia.

Mudah bagi kita untuk menemukan makan yang mengandung vitamin C, makanan tersebut dapat ditemukan pada cabai hijau, jeruk, tomat, semangka dan sayuran hijau lainnya.

Nah, sekarang kamu tahu beberapa makanan yang dapat mencegah terjadinya anemia.

Asupan gizi yang terkandung dalam makanan di atas tentu sangat baik bagi kesehatan tubuh kita terutama dalam pencegahan anemia. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here