Bagi sebagian besar anak-anak di masa pertumbuhannya, selain secara psikis mereka memiliki rasa ingin tahu, rentan juga bagi tubuh mereka untuk terserang penyakit.

Rasa ingin tahu yang dialami anak-anak ini mendorong mereka untuk bermain, berkeliaran, dan melakukan hal-hal baru yang membuat mereka penasaran itu.

Selain itu, mereka juga tak takut mencoba berbagai makanan atau minuman dan bahkan mencoba memasukkan barang-barang yang menurut mereka menarik ke dalam mulut.

Hmm, bisa kita bayangkan berapa banyak kuman penyakit yang menempel pada makanan atau minuman dan bahkan barang-barang yang belum jelas kesehatan dan kebersihannya tersebut.

Pada akhirnya ada beberapa penyakit yang menyerang sistem kekebalan atau imun dari anak-anak, salah satunya amandel yang ada di saluran tenggorokan.

Amandel sendiri adalah tonsil yang membantu sistem kekebalan atau imun pada tubuh anak-anak, terutama pada masa pertumbuhannya.

Dan peran tonsil ini sangat besar, apalagi untuk kondisi pertahanan tubuh anak ke depannya. Sehingga jika tonsil mengalami masalah bahkan sampai harus diambil, maka akan sangat merugikan.

Dari sisi kesehatan si Anak akan kehilangan salah satu ‘pasukan’ kekebalan atau imun tubuhnya, juga karena memang peran yang bisa dicover tonsil akan hilang.

Biasanya, penyakit amandel yang menyerang tonsil ini terjadi karena adanya kuman berupa bakteri atau virus yang menyerang sehingga menyebabkannya bengkak bahkan sampai menutupi saluran nafas.

Jika sudah membuat anak menjadi sulit bernafas karena bengkakan tonsil yang cukup besar, maka dengan terpaksa memang tonsil harus segera diambil.

Nah, orang tua harus mewaspadai sejak dini jika anak mulai mengeluh rasa sakit pada wilayah leher, area tenggorokan, merasa sulit dan nyeri saat menelan, dan kesulitan bernafas.

Jika gejala-gejala itu terjadi, segera bawa anak ke dokter untuk melihat kondisi tonsilnya. Selain itu orang tua juga bisa mengecek jika area sekitar tonsil anak mulai memerah.

Jaga kondisi kesehatan anakmu sejak dini demi masa depannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here