sehatsatu.com

Penyebab Amandel yang Perlu Kamu Tahu

Posted on

Banyak tanda yang bisa kamu rasakan saat penyakit amandel menyerang. Beberapa diantaranya seperti tenggorokan terasa sakit ketika makan.

Sulit menelan makanan. Merasa demam dan kedinginan. Adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening di sekitar rahang dan leher.

Dan gejala lain yang tidak disebutkan di sini. Sedangkan untuk beberapa penyebab penyakit amandel ini antara lain seperti;

Virus dan Bakteri

rachmadsyahrul.wordpress.com
rachmadsyahrul.wordpress.com

Faktor pertama yang menyebabkan penyakit amandel muncul dalam tubuh kamu adalah masuknya virus dan bakteri dan menginfeksi kelenjar amandel. Efeknya muncul peradangan yang menyakitkan. Virus yang berperan aktif dalam penyakit ini adalah Virus Epstein-barr dan streptococcus pygones.

Bakteri dan virus ini akan menjadikan bagian amandel meradang dan terasa sangat sakit. Tenggorokan akhirnya juga tidak berfungsi secara normal.

Sebagaimana pula pennyakit yang lain. Penyakit peradangan amandel disebabkan oleh masuknya virus dan bakteri dimana saat itu kondisi tubuh sedang lemah. Sehingga salah satu organ tubuh terinfeksi.

Kurang Vitamin C

drjhonsondds.com
drjhonsondds.com

Amandel juga dapat terjadi karena menurunnya daya tahan tubuh pada penderita penyakit amadel. Selain dapat menyembuhkan penyakit panas dalam , vitamin C yang cukup dapat meningkaykan daya tahan tubuh atau imunitas.

Jika imunitas dalam tubuh kurang maka akan berakibat tingginya potensi untuk terjadi peradangan pada bagian amandel.  Hal ini dapat mengakibatkan pula pembengkakan pada amandel.

Kurang Minum

ciri-manfaat.com
ciri-manfaat.com

Air putih merupakan salah satu sumber mineral yang diperlukan oleh tubuh setiap hari. Untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar maka tubuh harus mendapatkan asupan mineral yang cukup.

Selain dapat mengakibatkan penyakit pada ginjal, kurang minum air putih juga dapat menyebabkan penyakit amandel. Hal ini dikerenakan kondisi tenggorokan yang kering akibat kurangnya pelumas dalam tenggorokan sehingga mengakibatkan infeksi dan peradangan.

Untuk itu, menjaga asupan air minum sangat penting bagi kesehatan tubuh. Selain itu juga dapat mengobati berbagai penyakit. Sehingga menjadikan badan tetap bugar dan sehat.

Makanan Tidak Bersih

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org

Kebersihan dari setiap makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Karena makanan yang tidak bersih menjadi sarana bagi kuman, virus, dan bakteri untuk masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan penyakit.

Makanan yang tidak bersih dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti sakit perut, diare, muntah, mual, dan sakit kepala. Selain itu makanan yang membawa banyak kuman mengakibatkan peradangan atau infeksi pada amandel.

Pada kasus lain, hal ini juga dapat menyebabkan kambuhnya penyakit asma yang disebabkan oleh virus yang menempel pada makanan. Untuk itu sangat penting menjaga kebersihan makanan saat mengolah maupun saat akan mengkonsumsi makanan tersebut.

Makanan Terlalu Pedas

nonikhairani.com
nonikhairani.com

Penyebab lain dari penyakit amandel adalah terlalu banyaknya mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas. Makanan yang terlalu pedas akan menimbulkan peradangan atau inflamasi.

Selain itu juga dapat menyebabkan penyakit pada bagian tubuh yang lainnya seperti sakit perut, diare, dan panas dalam.

Infeksi pada bagian amandel akan membuat tenggorokan terasa sangat sakit dan perih. Kemudian akan menjadi sulit untuk menelan makanan. Selain itu juga dapat menjadikan hilangnya suara selama beberapa hari.

Makanan BerMSG Tinggi

businessindersider.com
businessindersider.com

Radang pada bagian amandel juga dapat disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak sehat. Terutama makanan yang mengandung MSG. Konsumsi makanan yang mengandung MSG tinggi akan menimbulkan efek inflamasi yang akan memperparah radang ada bagian amandel.

MSG ini banyak terdapat pada makanan instan terutama mie instan dan makanan ringan kemasan yang banyak dijual di pasaran.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *