caramengobatiasamlambung12.wordpress.com

Inilah Hal-hal yang Menyebabkan Asam Lambung Naik

Posted on

Tahukah kamu? Asam lambung adalah senyawa yang memiliki rumus kimia HCl atau asam klorida. Senyawa ini bersifat asam. Kadar HCl dalam asam lambung biasanya sekitar 0,5 persen dari total getah lambung.

HCl berfungsi sebagai disinfektan atau pembunuh kuman dan mengubah pepsinogen menjadi pepsin. HCl juga merangsang usus, hati, dan pankreas untuk mencerna makanan.

Asam lambung berfungsi membunuh bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh bersama-sama dengan bahan makanan. Pada dinding lambung terdapat lendir yang disebut mukus yang berfungsi melindungi lambung.

Namun, apabila jumlah lendir terlalu sedikit, atau sebaliknya asam lambung terlalu banyak, maka dapat terjadi luka pada dinding lambung.

Salah satu penyebab umum penyakit refluks asam atau asam lambung adalah kelainan perut yang disebut hernia hiatus. Hal ini terjadi ketika bagian atas perut dan LES bergerak di atas diafragma, otot yang memisahkan perut dari dada.

Biasanya, diafragma membantu menjaga asam dalam perut kita. Tapi kalau kamu punya hernia hiatus, asam bisa naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala penyakit refluks asam.

Inilah beberapa penyebab asam lambung naik :

Merokok

www.gudangkesehatan.com
www.gudangkesehatan.com

Racun yang keras dari rokok mampu mengikis lapisan perut dan tidak memungkinkan enzim pencernaan berfungsi dengan baik. Sehingga perokok berat mengalami kesulitan dalam mencerna makanan.

Rokok juga menyebabkan asam lambung naik kembali ke kerongkongan atau reflux yang mencetuskan penyakit GERD.

Faktor Makanan

tutinurmuntaha.wordpress.com
tutinurmuntaha.wordpress.com

Kamu harus lebih berhati-hati dalam memilah dan memilih makanan. Zaman sekarang udah susah bedain mana makanan sehat dan mana yang bener-bener sehat.

Bicara soal makanan, pasti kamu tau dong sama yang namanya gorengan. Nah, ternyata gorengan adalah jenis makanan yang juga memicu naiknya asam lambung. Jadi, kurang konsumsi gorengan berlebih ya.

Siapa yang kira bahwa buah tomat mampu memicu naiknya asam lambung? Yap! Ini karena tomat memiliki kadar asam yang tinggi, maka dari itu tomat agak kurang bersahabat dengan lambung.

Minuman Bersoda

galuhsurya.wordpress.com
galuhsurya.wordpress.com

Yang perlu kamu hindari juga adalah minuman bersoda. Minuman bersoda mengandung karbon yang dapat meningkatkan kadar asam pada lambung dan memicu GRED. Udah jelaskan kalo minuman bersoda memang kurang bersahabat sama kamu yang punya masalah pada lambung.

Alkohol

www.blog-netizen.com
www.blog-netizen.com

Wah, wah. Untuk yang satu ini memang sudah seharusnya kamu hindarin. Mau kamu punya masalah dilambung atau ngga. Karena yang satu ini memang ngga bersahabat sama sekali untuk tubuh.

Alkohol dapat memicu naiknya asam lambung. Tau kenapa? Karena dia menghentikan sistem kerja sel dalam lambung.

Kafein

www.ibnusyamil.com
www.ibnusyamil.com

Kafein yang berasal dari kopi bisa meningkatkan asam lambung karena memicu produksi asam lambung yang berlebihan. Agak kurangi konsumsi kopi atau makanan dan minuman yang mengandung kafein ya.

Kamu bisa mengalihkan ke makanan dan minuman lainnya untuk kesehatan lambungmu.

Berbaring Setelah Makan

gambarcantik.blogspot.com
gambarcantik.blogspot.com

Sebenernya yang sehat itu adalah berjalan seratus langkah setelah makan. Ini akan membantu proses pencernaan makanan pada lambung. Karena berbaring setelah makan akan meghambat proses pencernaan dan mengakibatkan asam lambung naik.

Makanya jangan males-malesan ya, habis makan ya jalan-jalan dulu. Jangan langsung tidur.

Makanan Pedas

tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com
tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Konsumsi makanan yang terlalu pedas bisa memicu naiknya asam lambung dan menyebabkan nyeri pada lambung.

Makanan pedas akan meningkatkan asam lambung karena akan membuat penderita merasa sakit perut dan gangguan pencernaan lain.

Gangguan Emosional

universitypost.dk
universitypost.dk

Gangguan emosional atau stress juga dapat memicu naiknya asam lambung. Makanya, santai aja. Jangan terlalu banyak memikirkan hal-hal yang ngga penting. Keep calm deh ya. Karena positif dalam berfikir itu sehat untuk badan loh.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *