Penyakit asam urat umumnya sering dikaitkan dengan usia senja atau orang-orang yang telah lanjut usia. Padahal, belum tentu hanya mereka saja yang bisa terkena penyakit ini.

Bahkan anak-anak sekalipun maupun remaja serta orang dewasa muda juga punya resiko yang sama dengan orang tua untuk bisa terkena penyakit ini.

Asam urat sering ditandai dengan adanya rasa ngilu, sakit, bahkan sampai kesulitan beraktivitas pada beberapa daerah lekukan badan, seperti pergelangan tangan, jari-jari, kaki, dan sebagainya.

Sebenarnya keadaan yang demikian terjadi karena adanya kadar asam urat yang terlampau tinggi melewati ambang wajarnya di dalam tubuh kita.

Sedangkan asam urat sendiri merupakan sebuah limbah yang dihasilkan dari proses pemecahan zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh manusia.

Setiap harinya, sama seperti sisa-sisa hasil reaksi apapun dalam tubuh kita, limbah bernama asam urat ini dibuang juga dari tubuh. Karena memang dia sudah tidak dibutuhkan lagi.

Organ yang bertugas membuang sisa hasil pemecahan zat purin ini adalah ginjal.

Uniknya, jika setiap harinya jumlah sisa hasil pemecahan zat purin yang disebut asam urat ini tak sesuai dengan angka normal, atau bisa dikatakan lebih sedikit, maka dia akan menumpuk di berbagai titik.

Titik-titik tersebut antara lain adalah di sekitar sendi-sendi, seperti di tangan, pergelangan tangan, kaki, jari-jari, dan sebagainya.

Asam urat yang menumpuk itu kemudian terus mengkristal di sana selama beberapa tahun, hingga akhirnya kita sadari bahwa ada sebuah kejanggalan di persendian kita, yaitu kesulitan bergerak dan nyeri.

Ketika akhirnya di tes darah, terbuktilah bahwa angka asam urat kita telah tinggi.

Yang perlu diwaspadai semuanya saja, bahwa jika kristal asam urat yang terus menerus dibiarkan menumpuk tanpa segera diobati, maka akan terjadi sinovium, atau radang sendi, yang menyakitkan.

Untuk itu, sejak dini, jauh-jauh hari, bagi siapapun saja, biasakanlah pola makan dan hidup sehat untuk aset masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here