Penyakit gout atau yang dikenal di masyarakat kita sebagai asam urat ditimbulkan oleh penumpukan zat asam urat di dalam darah. Zat asam urat dalam darah merupakan limbah yang terbentuk dari pemecahan zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh manusia.

Sebagian besar asam urat dibuang melalui ginjal berupa urin dan sebagian kecilnya dibuang melalui saluran pencernaan dalam bentuk feses. Akan tetapi, jumlah asam urat yang dibuang melalui organ-organ tersebut sangat terbatas setiap harinya karena pengaruh metabolisme tubuh.

Dan jika asam urat yang dibuang dari tubuh lebih sedikit daripada jumlah yang diproduksi, maka asam urat akan menumpuk dan lama kelamaan membentuk kristal-kristal tajam berukuran mikro yang bermuara pada sendi dan sekeliling jaringan sendi.

Jika semua hal itu telah terjadi, maka akan muncul peradangan pada lapisan lunak sendi yang terasa sangat sakit. Biasanya masalah ini sering muncul pada sendi kaki dan tangan. Karena itulah, untuk mencegah itu semua. Kita perlu mengetahui apa saja penyebab utama penyakit asam urat.

Berikut ini beberapa faktor utama penyebab penyakit asam urat yang harus kita hindari.

1Makanan Penyebab Penyakit Asam Urat

obatherbaldaunsirsak.com

Makanan yang kaya akan zat purin seperti jeroan berupa jantung, ginjal, otak, dan hati bisa menjadi faktor penyebab asam urat. Makanan lainnya seperti kerang-kerangan, ikan yang berminyak serta daging merah juga termasuk diantaranya.

2Makanan dan Minuman Beralkohol

hariandepok.com

Mengkonsumsi minuman dan makanan yang mengandung alkohol juga bisa memicu produksi asam urat dalam hati meningkat.

SelainĀ  itu, alkohol juga bisa mengurangi pembuangan jumlah asam urat yang tidak dibutuhkan tubuh melalui urin. Sehingga penumpukan asam urat menjadi semakin banyak.

Selain itu, beberapa jenis minuman beralkohol seperti bir juga memiliki kandungan purin yang tinggi. Jika sering mengkonsumsinya, maka resiko seseorang mengalami keluhan penyakit asam urat semakin besar.

3Minuman Berkadar Gula Tinggi

bantenpos.co

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa minuman ringan yang mengandung fruktosa tinggi dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit asam urat. Fruktosa adalah zat gula alami yang banyak ditemukan pada buah-buahan berasa manis.

4Obat-obatan Pemicu Asam Urat

sabiluna.id

Terdapat beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan meningkatkan kadar asam urat serta resiko penyakit gout. Jenis obat pertama adalah Niacin. Obat ini digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi.

Obat berikutnya adalah Diuretik atau pil air yang banyak digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan juga untuk mengobati penumpukan cairan di dalam tubuh yang tak wajar.

Selain itu, jenis obat pereda tekanan darah tinggi dan aspirin juga bisa memicu asam urat semakin tinggi.