caramengobatimaagkronis.wordpress.com

Waspadai 5 Faktor yang Menjadi Penyebab Asma

Posted on

Asma adalah suatu bentuk peradangan kronis pada saluran pernafasan dengan gejala yang bervariasi pada masing-masing orang. Hal ini juga dipicu oleh banyak faktor.

Asma biasanya muncul dengan gejala sesak nafas atau sulit bernafas disebabkan terjadinya peradangan pada saluran pernafasan tersebut.

Bagi kamu yang sering merasakan gejala asma, alangkah baiknya jika mengetahui faktor apa saja yang dapat memicu asmamu kambuh. Tentunya kamu tidak ingin terserang asma kembali bukan?

Berikut ini beberapa faktor penyebab timbulnya asma yang sering memicu atau bisa dikatakan sebagai faktor utama pemicu asma.

Faktor Genetika

sozlukanlaminedir.net
sozlukanlaminedir.net

Faktor genetik atau faktor bawaan merupakan penyebab paling sering seseorang terjangkit asma. Mereka yang terkena asma, biasanya memiliki riwayat keluarga yang juga mengidap asma. Bisa jadi penyakit asmanya diturunkan dari orang tua, kakek nenek  atau buyut.

Oleh karena itu, seseorang yang memiliki bakat asma, selayaknya lebih waspada pada ancaman terkena asma. Khususnya bila gejala-gejala asma mulai tampak sebagaimana orang tua atau kakek neneknya dulu ketika terserang asma.

Selama ini, orang yang memiliki penyakit asma disebabkan oleh faktor genetika lebih sulit untuk dihilangkan sama sekali. Akan tetapi gejala-gejalanya dapat dikurangi secara bertahap melalui proses terapi yang intensif.

Faktor Kondisi Saluran Nafas

slideplayer.info
slideplayer.info

Asma terjadi ketika saluran pernafasan mengalami iritasi. Sehingga saluran tersebut menyempit dan menyebabkan aktifitas bernafas menjadi sulit untuk dilakukan. Hal ini juga biasa disebut dengan sesak nafas.

Bagi sebagian orang, kondisi saluran pernafasannya memang sangat sensitif. Hal ini menjadikan saluran tersebut mudah mengalami iritasi. Efek yang terjadi kemudian adalah timbulnya sesak nafas yang membuat tubuh menjadi lemas dan pasokan oksigen ke otak berkurang drastis.

Faktor Lingkungan

ikea.com
ikea.com

Cukup banyak benda-benda asing yang terdapat di luar tubuh manusia yang bisa menjadi pemicu seseorang mengalami sesak nafas.

Apabila si penderita secara sengaja atau tidak melakukan kontak langsung dengan kondisi lingkungan tersebut. Resiko untuk sesak nafas menjadi naik secara drastis.

Beberapa kondisi lingkungan tersebut diantaranya seperti lingkungan yang berdebu, baik di dalam maupun di luar rumah.

Tungau yang menghuni kasur rumah tangga. Perubahan ekstrim pada suhu udara. Jamur, makanan tertentu dan iritant yang menyebar di udara merupakan beberapa contohnya.

Stress

maximumhealth.pw
maximumhealth.pw

Stress telah terbukti menjadi  salah satu faktor yang sering membuat seseorang terserang sesak nafas atau asma. Mereka yang mengalami tingkat stress yang tinggi, bahkan hingga depresi, akan mengalami banyak permasalahan pada kesehatannya. termasuk diantaranya masalah pada saluran pernafasannya.

Olahraga Berlebihan

reps-id.com
reps-id.com

Bagi para penderita asma, sangat tidak disarankan untuk melakukan olahraga yang berlebihan. Aktifitas ini akan sangat mengganggu kemampuan pernafasannya. Sehingga gejala asma atau sesak nafas akan muncul dan akan sangat mengganggu aktifitas sehari-hari.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *