Di masyarakat kita sering dikaitkan jika terlalu banyak makan telur atau ayam bisa menimbulkan bisul pada tubuh, apa benar demikian?

Hmm, ternyata terlalu banyak makan telur atau ayam bisa menimbulkan bisul itu hanya mitos lho!

Karena yang benar, penyebab timbulnya bisul pada tubuh adalah bakteri bernama Staphilococcus, atau beberapa bakteri lain, bahkan bisa juga karena jamur.

Biasanya parasit itu menyerang tubuh manusia yang sedang memiliki daya tahan atau imun yang rendah, sehingga dengan mudah mereka hinggap dan ‘mencetak’ sebuah bisul di sana.

Beberapa hal yang menyebabkan bakteri atau jamur penyebab bisul ini tumbuh di tubuh manusia selain karena kondisi tubuh yang kurang fit atau daya tahan tubuh yang rendah, juga ada sebab lainnya lagi.

Beberapa adalah karena faktor kebersihan tubuh yang kurang terjaga dengan baik, seperti jarang mandi, mandi dengan air kurang bersih, atau mandi namun kurang bersih.

Bisa juga karena tertular orang lain, sehingga bakteri atau jamur itu pindah menempel pada tubuh manusia lainnya.

Beberapa ada yang memang karena makanan, namun biasanya faktor ini tak terjadi pada makanan tertentu seperti ayam atau telur saja.

Bisul yang tumbuh karena sebab makanan diakibatkan karena adanya alergi dari seseorang itu terhadap salah satu atau beberapa zat yang terkandung dalam makanan yang dimakannya.

Nah, agar kamu tahu serta mewaspadainya sejak dini, ada tiga macam jenis bisul, serta beberapa gejalanya.

Yang pertama adalah Hidradenitis  Suppurativa, dimana bisul ini biasanya tumbuh pada daerah lipatan seperti ketiak dan pangkalan paha. Penyebabnya karena terjadi peradangan local pada kelenjar keringat.

Yang kedua adalah Akne Kista, dimana bisul ini biasanya tumbuh pada daerah kulit yang banyak mengandung minyak. Hal ini terjadi karena adanya penyumbatan kelenjar minyak akibat bakteri.

Dan yang terakhir adalah Kista Pilodinal, dimana bisulnya muncul pada daerah pantat akibat infeksi pada folikel rambut yang diperparah oleh gesekan pada daerah tersebut.