Sebagian besar orang pasti pernah mengalami kondisi dimana salah satu kuku kaki atau tangan mengalami cantengan.

Memang biasanya yang paling banyak terjadi di kuku area kaki, karena selain tempat di kaki biasanya lembab tertutup kaus kaki atau sandal, juga karena kuku di kaki lebih rapat dan agak sulit dipotong.

Cantengan ini ditandai dengan membengkaknya area sekitar kuku kaki, kemudian muncul warna merah yang menimbulkan rasa nyeri, dan kebanyakan ada nanah di area tersebut.

Beberapa penyebab dari cantengan pada kuku biasanya karena salah memotong kuku, sehingga ada sedikit kuku yang masih tajam kemudian menancap di kulit, mengakibatkan luka.

Luka itu menimbulkan ruang yang besar bagi kuman dan bakteri penyakit datang untuk menyerang, apalagi jika kondisi kulit tidak terjaga kebersihannya.

Akan ada sistem perlawanan dari tubuh yaitu dari leukosit atau darah putih, namun karena kondisi tubuh lemah, maka pasukan darah putih kalah dan mati menjadi nanah tersebut.

Sehingga muncul rasa ngilu tak tertahankan akibat adanya nanah dan infeksi bakteri sehingga menyebabkan bengkak dan memerah tersebut.

Jika sudah seperti itu, kamu bisa melakukan pertolongan pertama sesegera mungkin dengan membersihkan area cantengan dengan alcohol agar area menjadi bersih.

Jika alcohol dirasa amat menyakitkan, maka kamu bisa membersihkannya dengan air bersih, setidaknya area cantengan itu menjadi steril bebas dari kondisi kotor dan kuman penyakit.

Setelah dibersihkan, segera ambil kuku yang menancap pada kulit apabila penyebab dari cantengan itu karena hal tersebut, lakukan secara pelan-pelan dengan alat yang bersih.

Kemudian kamu bisa mengkonsumsi obat anti nyeri untuk meredakan rasa nyeri pada area cantengan yang kamu rasakan itu.

Jika memang perlu, kamu bisa membalut area cantengan itu dengan perban, namun kamu harus rajin mengganti perbannya agar tidak lembab dan malah menjadi area tumbuh kuman penyakit.

Untuk kewaspadaan, biasakanlah hidup sehat dan hati-hatilah saat memotong kuku.