Dada sesak atau sesak nafas sering disangkutkan dengan beberapa penyakit yang berhubungan dengan paru-paru atau saluran pernafasan.

Karena memang benar bahwa bernafas adalah satu satu kondisi vital yang dibutuhkan manusia, dimana tanpa bernafas manusia tak mungkin bisa hidup.

Karena salah satu ciri-ciri dari makhluk hidup yang masih hidup adalah bernafas, menghirup oksigen bersih yang dibutuhkan untuk metabolism tubuh manusia.

Selain sesak nafas yang mengakibatkan seseorang menjadi sulit menghidup udara segar, juga ada beberapa hal lain yang biasanya menyertainya.

Kadang sesak nafas disertai juga dengan rasa sakit pada dada atau beberapa anggota tubuh sekitarnya.

Ada juga yang sampai merasakan rasa nyeri tak tertahankan pada punggung yang lurus dengan dada, dan masih banyak gejala lain yang menyertainya.

Nah, yang perlu kamu ketahui bahwa tak selamanya dada yang sesak atau kondisi sesak nafas ini terjadi karena adanya masalah pada saluran pernafasan, walau memang sebagian besar mengarah ke sana.

Yang pertama, jika sesaknya mengeluarkan bunyi “ngik..ngik..”, membuatmu kesulitan bernafas dan sangat sesak seperti dada ditekan, biasanya itu adalah asma, atau ada masalah di paru-paru.

Yang kedua, jika sesaknya disertai dengan rasa sakit di dada sebelah kiri dengan rasa nyeri tak tertahankan, kamu perlu mewaspadai bahwa kemungkinan saja itu ada masalah dengan jantung.

Yang ketiga, jika sesaknya disertai rasa nyeri di ulu hati sampai punggung yang lurus dengan dada, berarti kemungkinan ada masalah dengan saluran pencernaanmu terutama lambung.

Biasanya ketiga hal itu yang paling sering diderita oleh sebagian besar orang yang ditandai dengan sesak nafas atau dada mengalami sesak.

Namun memang untuk lebih jelasnya, ketika kamu mengalami sesak nafas, walau tanda-tandanya jelas seperti diatas, agar lebih jelas segera konsultasikan ke dokter.

Karena dengan mengkonsultasikan ke dokter, atau ahlinya tersebut, akan jelas diketahui sebenarnya apa yang sedang kamu derita dengan gejala dada sesak yang seperti itu.