Dalam era globalisasi ekonomi saat ini, iklim kompetisi memang begitu kuat terasa. Setiap perusahaan produksi maupun jasa dituntut untuk memberikan inovasi dan pelayanan yang optimal kalau nggak mau tertinggal.

Dalam keadaan inilah para karyawan kantor benar-benar diposisikan seperti robot yang tak boleh salah dan selalu bekerja dengan baik. Padahal sebagai manusia biasa tentu para karyawan bisa saja melakukan kesalahan.

Maka tak heran jika banyak karyawan sekarang yang mengeluhkan rasa stres di tempat kerja. Ada survei menarik dimana survei itu mengungkapkan bahwa 1 dari 3 karwawan di Eropa mengalami stress di tempat kerja.

Entah stres itu akibat dari tekanan dan tuntutan atasan, atau stres karena sering melakukan kesalahan. Selain itu, setidaknya ada beberapa penyebab stres di tempat kerja:

  • Ketidakjelasan tugas yang diberikan.
  • Permintaan barang yang sangat tinggi.
  • Kurangnya perencanaan kerja.
  • Adanya ancaman di kalangan karyawan.
  • Teriakan dan makian para konsumen.
  • Teman kerja yang selalu mengganggu.
  • Ketidaknyamanan fisik, seperti suara mesin yang ribut, ventilasi yang kurang dsb.
  • Tidak adanya perbaikan untuk mengatasi masalah-masalah di atas.

Melihat banyaknya penyebab tersebut, tentu penting bagi pihak karyawan itu sendiri maupun dari pihak pimpinan perusahaan untuk mencarikan solusinya. Karena stres ini jika terus berlarut akan merugikan karyawan dan produktivitas perusahaan.

Berikut ini akan kita sampaikan solusi terbaik untuk mengurangi fenomena stres di kalangan karyawan.

1Bangun Iklim Kerja Menyenangkan

segiempat.com

Ikutlah membangun iklim kerja yang menyenangkan, yaitu dengan bersikap terbuka dan berkomunikasi dengan sesama rekan kerja.

2Perencanaan yang Baik

manuvr.co

Seperti yang disebutkan sebelumnya, stres bisa muncul karena cara kerja yang tidak terencana dengan baik, sehingga hasil kerja pun mengecewakan. Maka mulai dari sekarang rencanakan dengan baik aktivitasmu.

Susun pertanyaan apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas. Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya jangka panjang tapi juga jangka pendek (rencana bulanan, rencana harian).

3Belajar Dari Pengalaman

manuvr.co

Suatu peristiwa atau permasalahan kadang terulang di waktu yang berbeda. Walaupun tidak sama persis tapi paling tidak ada secara garis besar mirip. Ingat kembali apakah di masa lalu kamu menemukan masalah yang serupa dengan sekarang.

Kalau iya, berarti ada cara penyelesaian di masa lalu untuk menyelesaikan masalahmu sekarang. Atau jika ternyata dulu cara-cara tersebut gagal, berarti kamu menyisihkan cara tersebut dan meramu cara terbaru yang paling baik.

4Jangan Ragu Bertanya

manuvr.co

Pepatah lama tak pernah usang, kalau malu bertanya, akan sesat di jalan. Mungkin sebagai manusia kita tidak memiliki pengetahuan yang sempurna, dalam pekerjaan pasti ada hal-hal yang tidak kita ketahui.

Demi kelancaran pekerjaan, jangan ragu untuk bertanya kepada rekan, senior, atau juga atasan.

5Pahami Posisi, Tugas, dan Tanggung Jawab Kita

manuvr.co

Pahami dengan baik dimana posisi kita, apa tugas dang tanggung jawab kita di tempat kerja. Jangan sampai kita lalai terhadap itu semua atau sebaliknya terlalu overlap.

6Ambil Waktu untuk Break!

manuvr.co

Saat semua memuncak, jenuh, lelah, otak ‘ngehang’, maka jangan dipaksakan terlebih dahulu. Ambil beberapa menit untuk break, diam sejenak tanpa melakukan apa-apa dan berbicara apa-apa, sembari menarik nafas dalam-dalam.

7Menyelesaikan Tugas Tepat Waktu

manuvr.co

Salah satu yang memicu stres adalah karena menumpuknya tugas dan pekerjaan dalam waktu bersamaan. Karenanya, sebisa mungkin untuk tidak menunda-nunda pekerjaan dan menyelesaikan tepat waktu.

Selain akan menyenangkan pimpinan, pekerjaanmu juga akan makin teratur, lebih teliti karena tidak tergesa-gesa.