Diabetes Mellitus (DM) atau yang umum dikenal dengan kencing manis adalah penyakit yang ditandai dengan peningkatan kadar gula yang terus-menerus dan bervariasi, terutama setelah makan, sehingga tubuh tidak mampu menggunakan insulin dengan baik.

Cara kerja tubuh dalam memproduksi insulin yaitu makanan akan membuat glukosa di dalam darah semakin meninggi dan merasang pankreas untuk bekerja membuat insulin.

Pada saat yang sama, insulin bergerak membuat gula didalam sel darah untuk diubah menjadi energi atau energi cadangan. Namun, jika produksi glukosa terlalu banyak dalam darah maka membuat insulin sulit untuk bekerja lebih baik.

Penyakit ini biasanya menghampiri orang yang sudah berusia 30 tahun ke atas. Diabetes mellitus memang merupakan penyakit yang berbahaya karena jika dibiarkan bisa menyebabkan kematian.

Berikut ini adalah beberapa penyebab datangnya penyakit Diabetes mellitus;

1Jumlah Insulin

ilmupengetahuan.org

Penyebab diabetes ini disebabkan oleh hasil insulin tidak cukup untuk mengkomodasi kadar gula dan sel-sel dalam tubuh tidak merespon insulin. Hal terjadi ini dikarenakan kandungan lemak yang lebih besar dalam tubuh tidak sempurna dikarenakan kurangnya aktifitas gerak setiap harinya.

Jika sedang hamil, sebaiknya juga berhati-hati karena biasanya ketika seorang perempuan hamil maka insulin dalam darah menjadi rendah.

sehatmagz.com
sehatmagz.com

Rendahnya insulin ini bisa menyebabkan perempuan hamil terserang penyakit diabetes mellitus. Atur pola makan dan pola hidup dengan teratur dan sehat, bukan sekadar untuk diri sendiri melainkan juga untuk bayi dalam perut.

2Gizi Kurang

berandanusantara.com

Kurangnya insulin juga dikarenakan adanya virus atau faktor gizi yang tidak memadai pada anak-anak. Jadi untuk para orang tua yang saat ini memiliki anak yang masih kecil, sebaiknya penuhi gizi anak sebaik mungkin untuk hidup yang lebih sehat pada waktu yang akan datang.

3Pengaruh Genetik atau Keturunan

arapolines.blogspot.com

Jika kamu memiliki orang tua yang menderita penyakit Diabetes mellitus, sebaiknya mulailah menjaga kesehatan sedini mungkin dan rutinlah melakukan check up pada dokter.

Jika memang kamu sudah terdeteksi mendapat gejala penyakit diabetes mellitus, segera atur pola makan dan hidupmu menjadi lebih sehat lagi. Atur jumlah dan kandungan asupan makananmu.

Gen jelas memainkan peran dalam munculnya penyakit diabetes mellitus. Tetapi sebagian besar orang dengan diabetes tipe 1 (hingga 90%) diperkirakan tidak memiliki riwayat keluarga dengan diabetes, dibandingkan diabetes tipe 2.

Mengapa? Hal ini karena begitu banyak gen yang terlibat dan pengaruh lingkungan. Jadi, jika seseorang mewarisi satu gen dengan diabetes, ia hanya mewarisi kerentanan terhadap resiko diabetes.

4Kelebihan Berat Badan

dietherba.wordpress.com

Penyakit diabetes mellitus juga bisa disebabkan oleh obesitas. Hati-hati untuk yang memiliki berat badan berlebih. Kurangi berat badanmu sekarang juga dan mulai hidup sehat dengan makan makanan yang bersih, cukup gizi, kaya nutrisi, dan tentu olahraga yang teratur.

Makan yang berlebih menyebabkan gula dan lemak dalam tubuh menumupuk secara berlebihan. Kondisi tersebut menyebabkan kelenjar pankreas terpaksa harus bekerja keras memproduksi hormon isnulin untuk mengolah gula yang masuk.

Jika suatu saat pankreas tidak mampu memenuhi kebutuhan hormon insulin yang terus bertambah, maka kelebihan gula tidak dapat terolah lagi dan akan masuk ke dalam darah serta urine (air kencing).

Data statistik di Amerika menunjukkan bahwa 70% dari total penderita diabetes mellitus, merupakan orang yang memiliki berat berlebih (obesitas). Maka, diet bagi orang yang memiliki berat badan yang tidak seimbang sangat dianjurkan.

5Pola Hidup

duniainformasikesehatan.com

Jika ada racun dalam tubuh, bisa saja kamu terserang penyakit Diabetes Mellitus karena racun dalam tubuhmu juga mempengaruhi kerja insulin. Jadi sebaiknya kamu lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan.

Faktor gaya hidup yang tidak sehat adalah salah satu penyebab diabetes di usia muda karena saat ini banyak anak muda yang tidak mempedulikan masalah kesehatan tubuhnya dengan melakukan gaya hidup yang tidak sehat.

lighthouse-indonesia.com.
lighthouse-indonesia.com.

Penyakit ini sebenarnya bisa di cegah dan banyak pencegahan yang bisa di lakukan sejak usia dini karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Jangan terlalu lama berdiam diri di dalam rumah. Usahakan untuk selalu menggerakkan tubuh, beraktivitas yang menggunakan tenaga setiap hari. Olah raga menjadi hal yang wajib demi mencegah munculnya penyakit ini.