Pada umumnya encok sering dialami oleh orang yang lanjut usia.  Encok merupakan rasa pegal di bagian tubuh tertentu. Rasa pegal tersebut tidak bisa hilang dalam sekejap.

Beberapa ciri-ciri encok antara lain neyri, sendi kaku,rasa panas, kemerahan dan bengkak pada pangkal ibu jari kaki, tumit, lutut, pergelangan kaki, tangan dan siku.

Sebenarnya apa itu encok? Encok merupakan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di jaringan ikat, yakni ruang antara dua tulang atau di dalam tulang itu sendiri.

Tumpukan asam urat tersebut merupakan zat yang dihasilkan dari pemecahan purin. Purin itu sendiri merupakan bagia dari semua jaringan manusia dan ditemukan di berbagai jenis makanan.

Tidak semua orang mengetahui penyebab pasti encok ini, maka dari itu encok tidak dapat dicegah dan tidak dapat dihindari.

So, agar kamu terhindar dari encok yuk kenali penyebab-penyebab encok.

Faktor penyebab encok bisa dikarenakan kelebihan berat badan. Orang yang memiliki berat badan berlebih mudah terkena encok daripada orang yang memiliki berat badan ideal.

Mereka yang obesitas memiliki banyak jaringan ikat yang pecah sehingga jaringan ikat tersebut bisa memicu peningkatan produksi asam urat.

Selain itu terlalu banyak mengkonsumsi alkohol bisa menyebabkan terkena asam urat. Akohol bisa menyulitkan kinerja tubuh untuk bisa mengeluarkan asam urat.

Sehingga mereka yang terlalu banyak mengkonsumsi alkohol biasanya akan memiliki zat purin penyebab encok dalam tubuhnya.

Faktor penyebab encok lainnya adalah gangguan enzim. Jika enzim pada tubuh terganggu, maka tubuh akan kesulitan untuk memecah kandungan zat purin yang telah mengkristal di dalam tubuh.

Hal itu menyebabkan zat purin akan terus menumpuk sehingga orang mudah terkena encok.

Selain beberapa penyebab di atas, encok juga dapat terjadi jika kita mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin.

Makanan tersebut antara lain jeroan, ikan dan seafood, beberapa sayuran seperti kol, kacang polong atau bayam, dan juga gandum.

Setelah mengetahui beberapa penyebab encok, maka kita bisa berhati-hati daalm menjaga gaya hidup agar terhindar dari encok.

SHARE