Mengetahui penyebab gigi berlubang memang penting bagi kita semua. Sehingga kita bisa menghindari sakit gigi akibat gigi berlubang sedini mungkin. Sehingga kita dapat memiliki gigi yang sehat dan bersih sebagaimana yang diangankan setiap orang.

Gigi berlubang merupakan masalah yang cukup serius dan harus segera diatasi. Dalam gigi berlubang terdapat banyak bakteri yang bisa menimbulkan rasa sakit gigi sewaktu-waktu dan mudah munculnya. Rasa sakit pada gigi begitu nyeri yang pastinya tidak diinginkan semua orang.

Jika kamu telah mengetahui apa saja penyebab gigi berlubang, manfaatnya pun tidak hanya bisa kamu rasakan. Orang-orang terdekatmu pun akan merasakan manfaatnya. Mereka akhirnya juga dapat melakukan pencegahan agar tidak mengalami permasalahan gigi berlubang.

Bagi kamu yang sudah mulai penasaran, kira-kira apa saja penyebab utama gigi berlubang, yuk simak ulasan berikut ini.

1Cara Menyikat Gigi yang Tidak Benar

Penyebab pertama masalah gigi berlubang adalah cara menyikat gigi yang tidak benar. Hal ini juga yang menjadi penyebab terbanyak gigi berlubang. Cara menyikat gigi yang benar bukanlah dari kanan ke kiri atau sebaliknya sebagaimana yang sering diajarkan selama ini.

Cara menyikat gigi yang benar, dari atas ke bawah ataupun sebaliknya. Kemudian, lakukan selama 1 hingga 2 menit. Lebih baik lagi jika kamu melakukannya di depan cermin sehingga dapat mengetahui secara langsung letak kotoran pada gigi serta mengetahui apakah gigi sudah bersih atau belum.

2Adanya Bakteri

Bakteri merupakan penyebab kedua gigi berlubang yang juga merupakan penyebab yang cukup serius dibadingkan penyebab lainnya. Keberadaan bakteri dalam mulut dapat menybabkan kondisi kesehatan gigi semakin memburuk.

Bakteri ini menjadi penyebab utama pengikisan email pada lapisan luar gigi. Jika dibiarkan dan tidak segera diatasi, maka gigi dapat menjadi retak bahkan berlubang atau patah. Ditambah lagi jika kamu sering mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gula tinggi.

Bakteri yang bersarang di mulut akan mengubah sisa gula menjadi asam yang pada akhirnya membuat gigi yang berlubang terasa sakit dan nyeri.

3Sikat Gigi yang Salah

Sikat gigi juga merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan gigi. Jika memilih sikat gigi yang salah, justru dapat membuat kondisi gigi semakin memburuk seperti gigi berlubang. Sikat gigi yang benar menjadikan gigi tidak mudah terkikis dan tetap sehat.

Sikat gigi yang benar memiliki bulu lembut dan tidak kasar. Jika sikat gigi kasar, dapat membuat lapisan email gigi cepat terkikis dan lapisan tengah gigi terbuka. Jika sudah terlanjur terbuka, potensi untuk berlubang dan sakit semakin besar.

Penting pula untuk menjaga kebersihan sikat gigi. Jangan digunakan terlalu lama, paling tidak setiap 3 bulan sekali kamu harus mengganti sikat gigi.