Gusi merupakan bagian yang sangat penting dalam struktur mulut manusia. Karena didalam gusi terdapat beberapa syaraf dan akar gigi yang sangat sensitif bila mendapatkan rangsangan dari luar, terutama bila sampai terjangkit kuman yang terdapat dalam mulut kita.

Didalam mulut terdapat jutaan kuman yang siap menginfeksi gigi dan gusi kita, oleh sebab itu dengan rutin menjaga kebersihan mulut akan sangat membantu dalam merawat kesehatan gigi dan gusi.

Bila kamu tidak rajin dalam merawat gigi dan gusimu maka kamu akan mengalami beberapa masalah yang berhubungan dengan sakit pada gigi dan gusi bengkak. Tapi perlu kamu ketahui bahwa apabila gigi teah mengalami peradangan maka hal ini akan berdampak juga pada gusi kamu.

Gusi yang bengkak berarti gusi tersebut telah terinfeksi virus dan bakteri dalam mulut, dan telah terjadi peradangan atau inflamasi sehingga menyebabkan gusi menjadi berwarna lebih merah , menonjol, dan terkadang juga terlihat ada nanah didalamnya.

Ada beberapa penyebab gusi bengkak, namun gusi yang bengkak kadang terjadi karena radang gusi atau yang biasa disebut dengan gingivitis. Penyakit ini menyebabkan gusi menjadi iritasi kemudian menimbulkan pembengkakan.

Bila gingivitis tidak segera mendapatkan penanganan lebih lanjut maka akan menyebabkan hilangnya gigi. Penyebab dari gingivitis adalah kebersihan mulut yang sangat buruk dan memungkinkan plak menumpuk pada garis perbatasan gusi dan gigi sehingga menimbulkan peradangan yang serius.

Menumpuknya plak pada gigi juga menimbulkan karang gigi yang sangat beresiko untuk menusuk nusuk gusi hingga terjadi peradangan dan gusi bengkak.

Selain karena faktor kebersihan, kehamilan merupakan penyebab lain dari gusi yang bengkak. Selama kehamilan, hormone tubuh meningkatkan aliran darah pada gusi. Peningkatan aliran darah tersebut menyebabkan gusi menjadi mudah teriritasi lalu terjadi pembengkakan.

Perubahan hormonal ini juga dapat menghambat kemampuan tubuh dalam melawan bakteri yang biasanya menyebabkan infeksi pada gusi. Hal ini juga meningkatkan resiko terkena gingivitis.

Tapi tidak jarang juga terjadinya gusi bengkak karena malnutrisi atau kekurangan vitamin dalam tubuh. Terutama vitamin B dan C. Untuk itu selalu jaga kebersihan mulut serta konsumsi vitamin yang cukup untuk menghindari terjadinya gusi bengkak.