Pernahkah suatu ketika saat dirimu sedang menyikat gigi, kemudian terdapat darah yang bercampur dengan busa pasta gigi atau terlihat menempel pada sikat gigimu? Lalu dari manakah darah itu berasal? Tentu, darah tersebut dari gusi yang artinya kamu sedang mengalami gusi berdarah.

Dari munculnya masalah ini, artinya kamu harus segera mencari tahu apa penyebab dari gusi berdarah tersebut. Sehingga kamu bisa dengan cepat melakukan pengobatan dengan tuntas agar gusimu tak berdarah lagi, baik saat menyikat gigi atau aktifitas lainnya.

Perlu kamu tahu bahwa pada gusi terdapat banyak sekali pembuluh darah dengan ukuran yang sangat kecil dan rapat. Inilah yang menyebabkan gusimu berwarna kemerahan. Hal ini pula yang menyebabkan gusi mudah berdarah saat mengalami trauma, pembengkakan dan sebab lainnya.

Selain itu, gusi juga berfungsi sebagai penyokong gigi. Sehingga apapun yang terjadi pada gigi, secara langsung juga akan berpengaruh terhadap gusi. Begitu pula sebaliknya. Lantas apa saja yang dapat menjadi penyebab gusi berdarah? Simak penjelasan berikut ini.

1Kebersihan Gigi dan Mulut yang Buruk

Seseorang yang malas dalam membersihkan gigi, diantaranya seperti menggosok gigi dan flossing tentu akan menyebabkan terbentuknya plak, tartar dan kalkulus atau karang gigi yang berasal dari sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi.

Jika ketiga hal itu sudah mengerak pada gigi, maka gusi pun akan mudah iritasi dan mengalami peradangan. Peradangan inilah yang menimbulkan masalah gusi berdarah, bahkan pembengkakan pada gusi.

2Trauma pada Gusi

Terlalu bersemangat saat menggosok gigi atau menggunakan sikat gigi dengan bulu yang kasar akan dapat menimbulkan trauma pada gusi. Karena itulah, gunakan sikat gigi berbulu lembut serta gunakan secara benar.

Selain itu, jangan gunakan sikat gigi terlalu lama. Mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali dirasa cukup untuk menjaga gigimu tetap sehat dan bersih.

3Gigi Miring atau Mal-Posisi

Gigi yang muncul tidak semestinya seperti gigi yang tumbuh tidak secara vertical namun horizontal atau miring akan membuat makanan mudah terjebak dan sulit untuk dibersihkan. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus, maka gusi disekitarnya menjadi radang dan mudah berdarah.