Sudah tahu tentang Virus Hepatitis b belum guys? Virus ini bahaya lho, kamu yang belum tahu baca di bawah ini dech. Gaya hidup memang menentukan kesehatan seseorang, gaya hidup sehat saja belum tentu bisa terus sehat apalagi yang sembrono.

Virus hepatitis B termasuk virus yang mudah menular kepada orang lain. Penularannya bisa melalui tranfusi darah, jarum suntik yang digunakan tidak diganti dan di gunakan bersama-sama.

Atau alat kebersihan yang dilakukan bersama-sama seperti sikat gigi, handuk dan lain sebagainya.

Hepatitis B adalah penyakit hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B (HBV). Hepatitis B adalah salah satu penyakit hepatitis yang paling umum dari hepatitis virus, jenis hepatitis lainnya adalah hepatitis A, B, C, D, dan E.

Namun penyakit hepatitis B memiliki penyebab lain, termasuk penggunaan obat-obatan, mengonsumsi minuman beralkohol dalam jangka panjang, timbunan lemak di hati, dan paparan bahan kimia tertentu.

Tentu kamu tidak ingin terkena penyakit satu ini kan? Makanya kamu harus tahu apa saja penyebabnya biar tidak kena. Yuuk cek di bawah ini guys!

1Hubungan Seksual yang Tidak Aman

konfrontasi.com

Virus hepatitis B menyebar melalui darah, air mani, atau cairan vagina (termasuk darah haid) dari orang yang terinfeksi virus hepatitis B dan masuk ke tubuh orang lain yang tidak terinfeksi.

Jadi ketika seseorang berhubungan badan dengan orang yang tidak sehat atau positif terkan virus ini maka akan sangat mudah sekali menular. Hal ini banyak terjadi di negara Amerika, karena di sana banyak terjadi seks bebas di semua kalangan.

2Jarum Suntik yang Digunakan Bersama-sama

kaskus.co.id

Menggunakan jarum suntik secara bergantian tanpa di bersihkan dan bersama-sama akan mengakibatkan virus ini menular. Memang jarum suntik haruslah berbeda tiap orang yang memakai.

Kalaupun dibersihkan itupun tidak bisa menjamin bersih dari virus atau penyakit lain. Maka tidak heran peraturan pemerintah dalam kesehatan sangat tegas dalam hal ini.

3Pekerjaan Tertentu Seperti Ahli Laboratorium

sehatsangat.blogspot.com

Mempunyai pekerjaan seperti ahli lab mempunyai resiko yang besar ketika salah prosedur. Contoh ketika ambil sampel darah tapi terjadi kesalahan, bisa mengakibatkan menular kepada dirinya sendiri.

Atau juga petugas kesehatan yang ngecek darah seseorang, jika salah dan tidak memakai pengaman bisa saja tertular virus hepatitis b.

4Ketika Melahirkan

kuherbal.com

Seorang ibu hamil yang terkena virus hepatitis b, ketika melahirkan otomatis anaknya ikut terkena virus tersebut. Secara darah yang di alirkan ibu kepada anak adalah darah yang terkena virus.

Tapi ini tidak berlaku ketika ibu menyusui anaknya, ASI tidak menularkan virus semacam ini.

5Pernak-pernik, Tato atau Sejenisnya

storimages.wordpress.com

Jika memasang pernak-pernik atau menggambar tato dengan jarum suntik yang tidak di steril kan akan mengakibatkan virus ini menular.

Karena itu alangkah baiknya jika hendak memasang tato atau tindik, gunakan jarum suntik yang baru dan steril dari virus apapun, agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Tapi mending gak usah pasang dech guys, sehat lebih penting dari apapun juga kan.

6Menggunakan Alat Kebersihan Secara Bersama-sama

aliexpress.com

Pisau cukur dan sikat gigi bisa menjadi penyebab hepatitis B menyebar dilingkungan kita. Hal ini jika pisau cukur dan sikat gigi digunakan bersama-sama. Karena kemungkinan di alat tersebut ada sisa darahnya.

Karena itu jika berhubungan dengan alat kebersihan pribadi, sebaiknya digunakan sendiri saja, tidak digunakan bersama-sama guys.