Bila seseorang mengalami jantung berdebar debar ada beberapa indikasi yang dapat disimpulkan. Seperti tanda bahwa seorang tersebut sedang mengalami ketidakseimbangan adrenalin dalam tubuh akibat rasa gugup ataupun rasa cemas.

Tapi jantung berdebar juga dapat menjadi tanda bahwa seseorang mempunyai masalah didalam tubuhnya. Ada beberapa jenis penyakit yang menyebabkan jantung tiba tiba terasa berdebar debar. Seperti gula darah rendah dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, jantung yang berdebar juga dapat menjadi efek samping dari mengkonsumsi jenis obat tertentu. Walaupun hal ini tidak terlalu berbahaya akan tetapi bila rasa berdebar ini tidak segera diatasi akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Ada banyak cara untuk mengatasi jantung berdebar debar seperti cara cara berikut ini.

1Mandi dengan Air Dingin

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa berdebar debar adalah dengan mandi menggunakan air dingin ataupun hanya sekedar mencuci muka. Hal ini berfungsi untuk megembalikan irama jantung kembali dalam keadaan normal seperti semula.

2Latihan Pernafasan

Latihan pernafasan merupakan hal yang paling umum untuk mengatasi jantung yang berdebar. Dengan menarik nafas panjang kemudian menahan selama beberapa detik dan menghembuskannya akan membuat perasaan menjadi lebih rileks dan jika diulangi beberapa kali akan mengembalikan irama jantung.

3Minum Air Putih

Penyebab lainnya dari jantung berdebar adalah kurangnya mineral dalam tubuh atau yang biasa kita sebut dengan dehidrasi ringan. Oleh sebab itu cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi air putih agar tubuh terhidrasi.

Mengkonsumsi air putih secara konsisten setiap hari sebanyak delapan gelas akan menghindarkan tubuh dari dehidrasi dan jantung berdebar debar.

4Bersantai

Ketika kamu merasa sedang stress, cemas, dan kaget maka jantung kamu akan terasa berdebar debar. Untuk mengatasinya kamu dapat membuat tubuh menjadi lebih santai atau rileks dengan beristirahat atau hanya sekedar berbaring ringan.

Hal ini sangat ampun untuk mengatasi jantung berdebar karena rasa khawatir ataupun stress yang berlebihan. Usahakan agar kamu selalu berpikir positif atas segala masalah yang sedang kamu hadapi.