Otak terdiri dari tiga wilayah utama fungsi. Bagian terbesar adalah otak. Ini adalah otak seperti yang kita tahu. Ini adalah sumber dari berpikir, memori, pidato, belajar, membaca, menulis, kognisi dan gerakan oleh kemauan.

Otak terhubung ke sumsum tulang belakang pada sebuah daerah yang disebut batang otak. Ini mengontrol fungsi-fungsi yang paling vital seperti jantung ketukan, bernapas serta otot-otot yang mengendalikan penglihatan, pendengaran fungsi, makan dan gerakan.

Setelah kamu tahu betapa pentingnya fungsi otak, kamu juga harus tahu bahwa otak memiliki musuh yang sangat bahaya jika sudah menyerangnya. Iya. Itu adalah kanker otak.

Kanker adalah salah satu penyakit kronis yang sulit disembuhkan apalagi jika menyerang organ otak karena otak sendiri memiliki fungsi untuk menggerakkan semua bagian anggota tubuh manusia.

penyakit yang satu ini menyerangnya tidak mengenal usia, anak-anak sampai orang dewasa bisaterjangkit kanker otak. Di Indonesia diperkirakan terdapat sekitar 1200 kasus baru kanker otak untuk pria dan sekitar 800 kasus baru untuk wanita pada tiap tahunnya.

Kondisi ini memang bisa digolongkan langka di Indonesia, kamu ngga perlu khawatir. Akan tetapi kamu tetap harus memperhatikan pola hidup sehat untuk menghindari kanker otak dan penyakit lainnya. Karena kesehatan itu mahal harganya gaes.

Nah, untuk kamu ketahui inilah beberapa penyebab penyakit kanker otak :

1Faktor dari Luar

rumahsakit.unair.ac.id

Faktor dari luar biasanya dipengaruhi oleh obat-obatan yang terlalu sering dikonsumsi, merokok, atau memakan makanan berlemak.

Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan karsiogenik seperti minyak goreng yang dipakai berulang-ulang, bahan kimia yang termakan serta paparan radiasi dalam gelombang tertentu juga dapat memicu berkembangnya sel kanker.

Salah satu pemicu kanker otak juga adalah terlalu sering mengkonsumsi alkohol. Untuk yang satu ini memang tidak ada toleransi ya gaes. Ini harus kamu hindari bahkan jangan pernah kamu dekati!

Wah, mulai sekarang kamu harus lebih ekstra hati-hati dalam memilih makanan. Terutama makanan yang dijajakan di pasar atau bahkan supermarket gaes.

2Faktor dari Dalam

fatherhood.id

Maksudnya adalah faktor atau penyebab yang datang dari dalam tubuh itu sendiri. Faktor dari dalam ini juga termasuk keturunan loh. Apabila ada salah satu kerabat kamu yang punya riwayat penderita kanker otak, maka tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa terkena penyakit kanker otak.

Aduh. Bukan nakut-nakutin ya gaes. Tapi inilah faktanya. Maka dari itu lagi-lagi kamu harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan.

Hal ini juga diketahui bahwa penderita dengan penyakit keturunan seperti sindrom neoplasia endoktrin lebih rentan terhadap tumor otak.

3Kelainan Gen

mutiaohorella.blogspot.com

Sejumlah kelainan pada gen bisa menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak terkontrol sehingga bisa menyebabkan penyakit kanker.

4Kondisi Genetik Tertentu

genigma.com.tr

Kondisi genetik tertentu seperti neurofibromatosis dan sindrom retinoblastoma bisa menyebabkan kanker otak dengan mengubah gen atau kromosom.

Yang paling penting untuk mencegah kanker otak adalah dengan menjalani pola hidup sehat, seperti misalnya rajin berolahraga, menjaga pola dan asupan makan, tidak merokok, dan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol yang dapat memicu adanya sel kanker.

Selain itu, perbanyaklah konsumsi air mineral, buah dan sayur yang kaya akan anti oksidan, sehingga akan memperlancar aliran darah dari dan ke dalam otak.

Jangan lupa untuk sebisa mungkin menghindari paparan radiasi dengan cara mengurangi aktivitas penggunaan ponsel.

Terakhir, rajinlah mengkonsultasikan kesehatan ke dokter ya. Ini akan membantumu mendeteksi segala bentuk penyakit sejak dini.