Sebagai wanita, kebersihan daerah intim adalah hal yang tak lagi harus namun memang wajib untuk dijaga. Karena, dengan kebersihan daerah intim tersebut, bisa menjaga organ reproduksi untuk menjadi lebih sehat dan terjaga kebersihannya.

Kondisi ketidakbersihan daerah intim bisa mengakibatkan banyak hal yang tentunya merugikan kaum hawa. Salah satunya yang paling menakutkan tentu saja adalah adanya kanker.

Termasuk adalah keputihan. Keputihan di daerah intim wanita sebenarnya hal yang normal terjadi. Namun menjadi tidak normal ketika keputihan tersebut berubah menjadi sumber penyakit berbahaya.

Keputihan yang normal umumnya berwarna putih normal, tidak berbau, dan tidak menyebabkan perih atau gatal yang sampai parah.

Nah, jika keputihan yang dialami oleh seorang wanita telah menjadi berwarna hijau, atau cokelat tua, atau putih susu, kemudian berbusa serta bahkan berdarah dan berbau busuk, itu tanda bahwa keputihan telah dikategorikan tidak normal.

Keputihan yang seperti itulah yang bisa menjadi indikator adanya penyakit di daerah intim atau organ reproduksi seorang wanita. Dan sebelum terjadi, kamu perlu mewaspadainya sejak dini.

Untuk itu, beberapa langkah ini bisa kamu coba dalam rangka mengatasi keputihan yang mungkin semakin mengganggumu. Bahan-bahan alami ini telah terbukti efektif mengatasi keputihan di daerah intimmu.

1Bawang Putih

www.infomakan.com

Khasiat bawang putih memang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Orang-orang tua percaya bahwa bawang putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dan ternyata hasil penelitian pun juga mengamininya.

Satu siung bawang putih terkenal dan telah terbukti sangat efektif untuk mengatasi keputihan pada organ intim wanita. Cara memakainya pun cukup mudah.

Ambil satu siung bawang putih kemudian kupas kulitnya hingga bersih. Setelah itu potong bawang putih tersebut menjadi dua bagian dan letakkan di atas organ intimmu.

Biarkan bawang putih itu berada di sana sampai semalam, dan ambillah keesokan harinya.

2Kunyit

selingkaran.com

Sejak dahulu kala, kunyit memang telah terkenal khasiatnya sebagai bahan alami yang berfungsi sebagai antibakteri. Kunyit mampu menjadi bahan alami yang membantu tubuh manusia menangkal atau mengusir bakteri penyebab penyakit.

Nah, kondisi lembab di bagian intim wanita memang rawan menjadi tempat subur tumbuhnya bakteri-bakteri patogen penyebab penyakit. Sehingga resiko penyakit berbahaya akan semakin besar, apalagi jika kondisinya ditambah saat keputihan.

Untuk mengatasi keputihan, kamu bisa menggunakan umbi kunyit yang telah berusia sekitar satu tahunan.

Cara membuatnya cukup mudah. Ambil dua rimpang umbi kunyit, satu genggam daun beluntas, satu genggam buah asam, dan satu potong gula aren. Semua bahan dicampur dalam satu liter air.

Kemudian rebus bahan-bahan tersebut, dan minumlah dengan takaran satu gelas per harinya.

3Daun Sirih

daunsirih.com

Sekarang ini tentu sudah banyak kita tahu bahwa produk kesehatan bagian intim wanita yang berbahan dasar daun sirih mulai menjamur. Bentuknya yang paling banyak berupa sabun.

Namun, kondisi daun sirih yang diubah menjadi sabun juga bisa membahayakan kesehatan organ intim, karena sabun yang kadar asamnya terlalu tinggi malah bisa merusak ekosistem bakteri sehat di organ intim tersebut.

Sehingga bakteri patogen yang sedianya bisa dilawan oleh bakteri sehat agar tak mengganggu keseimbangan di bagian intim, malah akan bebas hidup saat ekosistem bakteri sehat rusak.

Untuk itu, dalam mengatasi keputihan lebih baik cobalah cara alami ini. Ambil daun sirih beberapa lembar secukupnya saja, kemudian rendam dalam air bersih selama kurang lebih satu atau dua jam.

Setelah itu, gunakan air rendaman daun sirih tersebut untuk mencuci bagian intimmu.