www.jihanherbal19.com

Inilah Fakta 5 Penyebab Kolesterol Meningkat Tajam di Dalam Tubuh

Posted on

Kondisi kolesterol yang tinggi di dalam tubuh adalah kondisi bumerang yang sangat merugikan bagi manusia.

Kolesterol sendiri sebenarnya akan sangat menguntungkan bagi manusia jika kadarnya normal di dalam tubuh.

Beberapa manfaat kolesterol bagi manusia adalah sebagai faktor pembantu perkembangan janin dan otak bayi, perkembangan syaraf, serta memproduksi hormon baik bagi sistem imun manusia.

Namun ketika kadar kolesterol dalam tubuh naik tajam menjadi tidak terkontrol, banyak hal merugikan yang akan dialami oleh para penderitanya.

Salah satu hal yang menakutkan karena naiknya kadar kolesterol dalam tubuh tersebut antara lain adalah penyakit jantung koroner akibat pembuluh darah tersumbat oleh lemak kolesterol.

Ciri-ciri seseorang yang mengalami peningkatan kadar kolesterol tinggi dalam tubuhnya biasanya adalah sering kesemutan pada persendian, serta rasa nyeri di bagian bahu atau leher.

Nah, untuk mengenal lebih dekat tentang apa saja penyebab dari meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh tersebut, kamu bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Pola Makan Tidak Sehat

ahlinyalambung.com

Pola makan yang dimaksud adalah, bukan saja tentang jadwal makan yang tidak teratur, namun juga asupan makanan yang sembarangan.

Sehingga tubuh yang seharusnya bisa tetap sehat karena asupan gizi yang banyak, menjadi sangat rapuh dan mudah terserang penyakit karena asupan gizi yang tidak memenuhi kebutuhan tubuh.

Makanan yang mengandung banyak lemak dan kolesterol, bisa menjadi potensi utama menimbunnya jumlah kolesterol dalam tubuh.

Beberapa makanan yang mengandung jumlah kolesterol tinggi antara lain adalah daging, susu, keju, kuning telur, dan mentega.

Bukan berarti kamu tidak boleh memakan bahan pangan tersebut, namun kamu harus lebih bijak dalam membatasi kadar asupannya bagi tubuhmu agar tidak kelewat banyak.

Jika yang kamu konsumsi ternyata dalam jumlah berlebih, otomatis kadar kolesterol dalam tubuh bisa menjadi naik juga.

Obesitas

terapijantungkoroner.com

Jika seseorang mengalami obesitas atau berat badan berlebih yang sangat jauh dari ambang normal, maka kemungkinan terserang beberapa penyakit akan semakin besar.

Salah satunya bisa menjadi pemicu naiknya kadar kolesterol dalam tubuh.

Kadar kolesterol yang biasanya mendominasi tubuh seseorang yang mengalami obesitas adalah dari kolesterol jahat yang bernama LDL (Low Density Lipoprotein).

LDL inilah yang biasanya sering menyumbat pembuluh darah, yang kemudian akan memicu tumbuhnya penyakit jantung koroner pada seseorang.

Kurang Olahraga

kabarfemale.com

Kondisi kurang olahraga juga bisa meningkatkan kadar kolesterol seseorang karena kolesterol tersebut menumpuk pada titik-titik tertentu.

Sebenarnya dengan kita banyak melakukan pemanasan dan gerakan-gerakan olahraga yang menyehatkan lainnya, bisa membakar beberapa kumpulan kolesterol jahat dalam tubuh.

Sehingga kadar kolesterol dalam tubuh akan tetap stabil.

Kebiasaan Merokok

saparil.com

Mengapa merokok sangat tidak dianjurkan bagi kesehatan?

Karena banyak sekali dampak negatif dari rokok dan sama sekali tak ada keuntungan yang didapat dari kebiasaan tersebut.

Selain bisa menyebabkan ketergantungan, kemudian membuat uang seseorang terbuang percuma, merokok juga bisa mendatangkan berbagai penyakit.

Diantaranya adalah kanker dan berbagai penyakit paru-paru, peradangan pada organ pernapasan dan saluran pernapasan, dan meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh.

Rokok mengandung zat bernama akrolein yang bisa mengurangi jumlah kolesterol baik bernama HDL (High Density Lipoprotein).

Sehingga meningkatkan jumlah kolesterol jahat LDL.

Faktor Genetis

www.ummi-online.com
www.ummi-online.com

Faktor genetis disebut juga keturunan. Biasanya angka penyumbangan faktor genetis pada penderita kolesterol tinggi cukup besar.

Jika seseorang memiliki orangtua atau saudara yang memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi, maka dia harus melakukan antisipasi sejak dini dan rutin konsultasi ke dokter.

Untuk itu, demi menjaga generasi penerus kita, tak ada salahnya kita jaga kesehatan kita sejak dini.

Karena dengan tubuh sehat kita bisa lebih maksimal melakukan banyak aktivitas bermanfaat, dan kita bisa mewariskan banyak kebaikan bagi anak cucu kita.

Bukan malah mewariskan penyakit.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *