Hingga saat ini belum diketahui dengan pasti penyebab dasar migrain. Terdapat beberapa faktor resiko yang diperkirakan dapat memicu terjadinya serangan migrain atau sakit kepala sebelah ini.

Aktifitas temporer yang tidak normal pada otak dapat berdampak pada pembuluh darah, sinyal saraf dan zat kimia di dalamnya. Serotonin merupakan zat kimia dalam otak yang mengelola rasa sakit dalam sistem saraf. Ketidakseimbangan padanya diduga memunculkan terjadinya migrain.

Faktor genetis dan lingkungan juga dapat membuat kamu lebih beresiko mengalami serangan migrain. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa hal yang diduga menjadi pemicu serangan migrain atau sakit kepala sebelah.

1Kecenderungan Genetis

blog-netizen.com

Resiko sakit migrain dipercaya dapat diturunkan oleh generasi sebelumnya dalam sebuah keluarga. Ada sekitar 50% dari pasien penderita migrain memiliki anggota keluarga dekat yang sama-sama memiliki keluhan yang sama.

Walau demikian, bukan berarti seluruh anggota keluarga tersebut akan terkena gangguan penyakit ini.

2Perubahan Hormon Pada Wanita

fastmina.com

Fluktuasi kadar hormon pada penderita wanita erat kaitannya dengan migrain. Sebagian wanita sering terserang migrain ketika memasuki masa menstruasi. Kondisi ini sering dikenal dengan migrain menstruasi.

Kadar hormon estrrogen yang turun tepat sebelum masa menstruasi dimulai diduga menjadi faktor utama para penderita wanita mengalami migrain. Biasanya, wanita mengalami migrain menstruasi sejak dua hari sebelum hingga tiga hari sesudah hari pertama menstruasi.

Selain itu, menopause juga dapat memicu migrain. Namun ada juga yang merasa bahwa penyakit ini semakin membaik setelah mereka memasuki masa menopause.

3Pola Makan dan Bahan Makanan

sharingdisana.com

Pola makan yang banyak mengkonsumsi makanan dan minuman mengandung alkohol, zat tiramin dan produk-produk yang mengandung kafein seperti teh dan kopi dipercaya menjadi faktor penyebab migrain.

Beberapa jenis bahan makanan tertentu seperti cokelat, buah jeruk dan keju juga dapat memicu serangan migrain. Selain itu, jadwal makan yang tidak teratur dan kondisi tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi menjadi faktor lainnya.

4Lingkungan Sekitar

motherearthisours.blogspot.com

Faktor lingkungan sekitar memang termasuk hal yang sulit untuk dikendalikan. Namun faktor ini juga berpengaruh cukup kuat terhadap munculnya serangan migrain sewaktu-waktu.

Beberapa faktor lingkungan sekitar yang dapat memicu munculnya migrain antara lain seperti ruangan yang penuh dengan asap rokok, bau yang menyengat tajam, cahaya yang terlalu terang, udara dengan kelembaban terlalu tinggi (pengap), bunyi bising serta perubahan cuaca ekstrim.