Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan mimisan. Kejadian ini mungkin beberapa kali menimpa saudara atau temanmu. Mimisan adalah kondisi dimana darah mengalir keluar dari hidung. Beberapa orang akan panik ketika menyaksikan kejadian ini atau bahkan mengalaminya sendiri.

Penyakit mimisan bisa dialami oleh siapa saja. Dewasa atau bahkan anak-anak. Nah, pada anak biasanya mimisan juga kerap kali terjadi. Wah, tentu ini akan sangat membuat orangtua khawatir.

Untuk diketahui, bahwasanya dibagian rongga hidung terdapat beberapa pembuluh darah. Nah, pada anak pembuluh darah ini memang lebih rentan pecah dan menimbulkan pendarahan. Tapi tenang, pembuluh darah ini akan menjadi lebih kuat seiring tumbuh kembang sang anak kok.

Selain cara mengatasi, ada baiknya kamu ketahui juga penyebab mimisan. Supaya lebih bisa berhati-hati dalam menjaga kondisi sehingga terhindar dari mimisan.

Berikut adalah beberapa penyebab dari mimisan.

1Obat-obatan

lighthouse-indonesia.com

Jika terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan maka akan sangat mudah sekali terserang mimisan. Misalnya adalah penggunaan obat jenis steroid yang mempunyai fungsi melegakan hidung yang mampet.

Ada baiknya kamu melakukan konsultasi ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan dan mengetahui penyebab utama dari mimisan yang dialami.

2Polusi

intisari-online.com

Di pedesaan mungkin udara masih terjaga kesegarannya. Tetapi di kota sangat berbeda kondisi udaranya. Polusi bisa kamu temui kapan saja, bahkan tidak hanya disiang hari.

Polusi udara akan sangat mempengaruhi kesehatan pernafasan pada anak. Seperti polusi asap kendaaraan, atau bahkan asap rokok. Asap-asap ini akan menyebabkan iritasi pada bagian selaput lendir.

Selaput lendir pada anak memang sangat tipis, maka dari itu anak-anak rentan terserang mimisan.

3Trauma

pondokibu.com

Trauma yang terjadi pada bagian hidung anak, bisa disebabkan oleh benturan atau mengorek hidung terlalu keras. Ini bisa menyebabkan anak terserang mimisan.

Untuk itu kamu bisa memberikan pengarahan pada anak agar berhati-hati supaya hidungnya tidak mengalami benturan atau tidak mengoreknya dengan terlalu keras.

4Infeksi

konsultasisehat.com

Beberapa kondisi infeksi bisa menyebabkan mimisan pada anak. Misalnya terjadi peradangan pada bagian selubung akar rambut yang biasanya terjadi pada bagian depan rongga hidung anak.

Infeksi sistematis juga bisa terjadi karena anak mengalami gangguan masalah kesehatan dan salah satu diantaranya adalah penyakit demam berdarah. Untuk mimisan yang terjadi karena infeksi, kamu harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapatkan penanganan.

5Perubahan Cuaca

lahatonline.com

Hal ini mungkin menjadi penyebab utama sering terjadinya mimisan pada anak. Biasanya dikarenakan perubahan suhu yang signifikan. Misalnya saja, setelah berlama-lama diruangan AC, tiba-tiba sang anak keluar untuk bermain dan kondisi cuaca sangat terik.

Ini bisa menyebabkan terjadinya mimisan. Karena perubahan dari suhu yang dingin ke suhu yang terlalu panas.

6Alergi

polip.obatpenyakit.co.id

Anak usia dibawah 5 tahun memang cenderung lebih mudah mengalami alergi yang ditandai dengan bersin-bersin, flu atau pilek yang kadang disertai dengan batuk berdahak dan nafas bau.

Bersin dan flu dapat menyebabkan mimisan. Untuk menghindari mimisan maka perlu dicari tahu penyebab utama pada alergi tersebut.

7Tumor

dbagus.com

Mimisan juga bisa terjadi ketika anak menderita tumor dirongga hidung. Tumor ini sering kali terlihat seperti benjolan sebesar biji nangka dan berwarna merah keputihan dihidungnya.

Nah, itulah tadi beberapa penyebab mimisan pada anak. Setelah kamu mengetahuinya upayakan untuk menjaga kondisi tubuh anak agar stabil dan tidak mudah terserang mimisan yang disebabkan oleh beberapa hal seperti diatas.