jumir21.wordpress.com

6 Hal Penyebab Mimisan yang Harus Kamu Ketahui

Posted on

Mimisan adalah proses keluarnya dari hidung seseorang karena adanya pendarahan. Pendarahan ini terjadi akibat terlepasnya mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil.

Tak hanya pada anak-anak atau balita, biasanya mimisan yang memiliki nama medis epitaksin ini juga menyerang orang dewasa, bahkan ibu hamil.

Bagi sebagian besar orang, mimisan mungkin merupakan hal biasa apalagi jika seseorang tersebut tak mengalaminya secara berkala atau sering.

Namun bagi sebagian besar orang yang lain, mimisan bisa menjadi sebuah kekhawatiran tersendiri, apalagi jika hal tersebut terjadi secara berkala atau sering.

Nah, sebagai bentuk kewaspadaan kita semua, kamu wajib mengetahui beberapa penyebab dari mimisan tersebut.

Hal ini sebagai pengetahuan antisipasi, sehingga kamu bisa segera melakukan tindakan pengobatan atau bahkan pencegahan sebelum muncul hal-hal yang tidak diinginkan.

Alergi

www.pengobatanalergi.com

Alergi yang dialami seseorang, bisa karena alergi dari dalam atau lur tubuh, bisa memicu terjadinya mimisan.

Alergi yang berasal dari luar misalnya jika seseorang tak tahan udara dingin, cuaca panas, udara kotor, atau hal-hal lair yang berasal dari luar tubuh.

Sedangkan alergi yang berasal dari dalam biasanya karena seseorang tak tahan terhadap beberapa zat yang terkandung dalam makanan atau obat yang dikonsumsi.

Sehingga membuat tubuh bereaksi dan menganggapnya sebagai zat asing, kemudian muncul perlawanan dari tubuh yang disebut kondisi alergi.

Nah biasanya, alergi ini dapat memicu terbukanya pembuluh kapiler dan berakibat keluarnya darah segar dari hidung, atau mimisan.

Cuaca Panas

mushroomali.blogspot.co.id

Sama halnya dengan alergi, kondisi cuaca panas dapat memicu terjadinya mimisan pada seseorang.

Hal ini terjadi karena saat cuaca panas kelembaban tubuh menjadi kurang, sehingga termasuk juga daerah hidung menjadi mengering.

Area hidung yang mengering ini akan sangat rawan dan mudah sekali mengalami iritasi, sehingga jika sudah terjadi iritasi, pendarahan bisa terjadi, dan akhirnya mimisan.

Trauma

panduanhidupsehat.com

Trauma di sini maksudnya adalah sebuah benturan entah ringan atau keras yang bisa mengenai hidung, sehingga menyebabkan pembuluh darah pecah dan terjadilah mimisan.

Trauma ringan biasanya terjadi karena terlalu kerasnya kita saat mengorek hidung atau ngupil. Beberapa sebab lain bisa juga karena terantuk benda keras secara tidak sengaja.

Sedangkan trauma berat atau keras, biasanya karena ada hantaman hebat pada daerah hidung, sehingga darah yang mengucur biasanya juga lebih deras.

Tekanan Darah Naik Drastis

caracepatmenyembuhkanpenyakit.web.id

Saat seseorang mengalami tekanan darah yang meninggi dengan drastis, maka mimisan bisa saja terjadi padanya karena beberapa sebab.

Sebab tersebut antara lain adalah karena kenaikan tekanan darah membuat pembuluh kapiler menjadi kaget sehingga mengalami pecah, dan darah bisa saja keluar melalui hidung.

Beberapa juga karena kondisi tegang akibat tekanan darah tinggi, membuat pembuluh kapiler pecah dan juga mengeluarkan darah dari hidung, yang disebut mimisan.

Flu

www.oralanswers.com

Jika pada umumnya penderita flu hanya menganggap bahwa yang keluar dari hidung adalah ingus, namun jangan salah karena bisa saja darah ikut keluar menyertainya.

Pada beberapa kasus penderita flu, saat seseorang berusaha mengeluarkan ingus dari dalam hidung, seseorang akan melakukannya dengan sedikit memaksa, atau agak keras.

Kekerasan ini yang membuat hidung mengalami trauma, sehingga membuat pembuluh kapiler pecah dan keluarlah darah segar dari dalam hidung, atau disebut mimisan.

Gejala Penyakit Berbahaya

karunia789.tumblr.com

Beberapa penyakit berbahaya seperti kanker darah atau leukemia, beberapa tumor, atau sinus berbahaya, bisa ditandai dengan gejala awal berupa mimisan.

Jika mimisan terjadi sangat sering atau berkala, kemudian disertai batuh berdarah dan gejala keluarnya banyak darah di bagian tubuh lainnya, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Membuang Ingus Terlalu Keras

majalahonlinewanitaindonesia.com
majalahonlinewanitaindonesia.com

Ketika kamu sedang flu dan tidak enak badan, biasanya tubuh akan merespon dengan bersin dan mengeluarkan ingus.

Ingus yang muncul di hidung wajib dikeluarkan, namun terkadang beberapa orang membuang ingus terlalu keras, sehingga dapat menimbulkan mimisan.

Terlalu dalam Mengorek Hidung

obatsakit2011.blogspot.com
obatsakit2011.blogspot.com

Kebiasaan mengorek hidung atau yang biasa dikenal dengan istilah mengupil sepertinya memang sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Bahkan seringkali ada orang yang mengupil di sembarang tempat.

Namun demikian perlu diperhatikan, karena kegiatan ini dapat berbahaya bagi hidungmu, dan berpotensi menimbulkan gejala mimisan apabila terlalu dalam mengorek hidung terutama ketka kamu tidak sengaja melukai bagian dalam hidung.

Perubahan Tekanan Udara

health.kompas.com
health.kompas.com

Nah, perubahan tekanan udara ini merupakan salah satu faktor alam yang berperan dalam menimbulkan gejala-gejala mimisan.

Perubahan tekanan udara yang ekstrim dapat menimbulkan terjadinya mimisan secara tiba-tiba. Biasanya perubahan tekanan udara ini muncul pada kondisi tertentu. Dingin yang ekstrim atau panas yang sangat menyengat.

Penggunaan Jenis Obat-obatan

solusisehatku.com
solusisehatku.com

Mimisan juga dapat terjadi karena efek atau pengaruh dari penggunaan obat-obatan tertentu. Jenis obat-batan ini dapat membuat pendarahan pada bagian hidung karena kandungan kimianya yang tinggi.

Iritasi Akibat Senyawa Kimia

deherba.com
deherba.com

Selain akibat allergen dan polutan di udara, mimisan juga dapat terjadi karena adanya iritasi pada bagian rongga dan pangkal hidung yang disebabkan oleh adanya senyawa atau bahan kimia yang masuk ke dalam hidung.

Ada beberapa bahan kimia dapat menimbulkan reaksi gatal dan pendarahan pada bagian hidung apabila terhirup. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti ini, maka disarankan untuk menggunakan masker.

Wajib hukumnya menggunakan masker ketika harus bekerja dengan banyak senyawa dan zat kimia. Sebisa mungkin menghindari peralatan yang dapat menghasilkan atau menimbulkan senyawa kimia.

Penggunaan NAPZA

en.yeni.mobi
en.yeni.mobi

Narkotika dan obat-obatan terlarang alias narkoba, terutama jenis narkoba yang dihirup masuk ke dalam tubuh juga dapat menimbulkan iritasi dan mimisan pada hidung. Salah satu jenis narkoba yang paling umum adalah jenis kokain.

Muncul Tumor di Rongga Hidung

lifestyle.analisadaily.com
lifestyle.analisadaily.com

Tumor merupakan pertumbuhan sel yang tidak normal, dan menimbulkan benjolan pada bagian tubuh tertentu. Dalam hal ini muncul dan tumbuh pada bagian rongga hidung.

Ketika tumor menjadi semakin besar, maka tumor tersebut dapat menyebabkan tertutupnya saluran pernapasan.

Lalu menekan pembuluh darah hingga pecah. Tumor ini muncul sebab adanya suatu kelainan pada sistem pembekuan darah. Beberapa orang memiliki kondisi yang berbeda dari kondisi orang normal pada umumnya.

Apabila pada umumnya luka yang dialami oleh seseorang dapat kering dan sembuh dalam waktu singkat, maka penderita hemophilia (kelainan dalam sistem pembekuan darah) akan sulit dalam melakukan proses tersebut.

Salah satu gejala utama dari hemophilia adalah terjadinya pendarahan pada bagian-bagian tubuh, salah satunya adalah pada bagian hidung (mimisan).

Gejala Psikosomatis

obatherbaluntukpneumoniapadaanak.wordpress.com
obatherbaluntukpneumoniapadaanak.wordpress.com

Gejala psikosomatis merupakan salah satu gejala fisiologis yang disebabkan oleh faktor psikologis.

Faktor psikologis yang biasanya sering menyebabkan terjadinya gangguan psikosomatis antara lain perasaan tertekan, stress, depresi, kecemasan akan sesuatu, takut, dan phobia yang berlebihan.

Beberapa kondisi psikologis divatas telah terbukti memiliki dampak terhadap kondisi kesehatan dan kondisi fisik seseorang, salah satunya adalah dengan kondisi tubuh terutama hidung yang mengalami mimisan.

Kecelakaan

parenting.co.id
parenting.co.id

Ada beberapa kondisi dimana mimisan yang dialami oleh seseorang merupakan akibat dari kecelakaan yang menimpa dirinya. Kecelakaan ini dapat mencakup banyak hal, mulai dari kecelakaan ringan hingga berat.

Contohnya ada beberapa kasus diman seorang anak sedang bermain kejar-kejaran dan terjatuh, mengalami mimisan. Namun demikian, tidak semua kecelakaan akan berujung pada gejala mimisan

Singkatnya adalah, mimisan merupakan salah satu gejala yang ditimbulkan suatu penyakit. Beberapa penyakit yang mungkin menimbulkan gejala mimisan antara lain demam berdarah, darah tinggi, kanker, tumor, leukimia

Pertolongan Pertama

 

dokterkamu.com
dokterkamu.com

Ketika kamu mengalami suatu gejala mimisan, kamu dapat melakukan beberapa hal, antara lain jangan panik, dan tetap tenang. Duduk tegak atau agak tidur sedikit

Pencet hidungmu dengan kedua jari. Hal ini dapat membantu menghentikan pendarahan yang terjadi pada hidung.

Tutup bagian hidung dengan menggunakan tissue, dan bersihkan sisa darah yang masih keluar dari hidung.

Kompres hidung yang mimisan dengan menggunakan es batu. Hal ini dilakukan agar darah dapat membeku dan berhenti keluar.

Apabila ditelusuri berdasarkan penyebab dan gejala yang muncul akibat dari mimisan pada hidung, pada dasarnya, mimisan bukanlah merupakan suatu gejala yang patut ditindaklanjuti secara berlebihan.

Cukup tunggu saja selam 10 – 15 menit, dan lakukan tips menangani mimisan yang sudah disebutkan sebelumnya. Berikut ini merupakan ‘syarat’ yang harus dipenuhi ketika mimisan tidak dianggap berbahaya.

Pendarahan terjadi tidak lebih dari 30 menit. Pendarahan hidung atau mimisan terjadi dalam frekuensi yang jarang. Darah yang keluar dari hidung tidak banyak dan dapat terkontrol. Tidak ada rasa perih atau sakit ketika mimisan.

Apabila kamu mengalami hal tersebut, maka kamu tidak perlu panic. Kamu baru boleh merasa panik ketika ke-4 hal yang sudah disebutkan diatas berlaku kebalikannya, seperti pendarahan atau mimisan terjadi dalam frekuensi waktu yang sangat sering.

Terasa sakit dan nyeri pada bagian-bagian tertentu. Volume darah yang keluar sangat banyak. Detak jantung yang tidak teratur. Muntah darah. Kulit menjadi pucat. Mimisan yang dibarengi oleh bagian atau organ tubuh lainnya.

Apabila kamu merasakan gejala seperti itu, maka kamu patut waspada. Gejala-gejala di atas mungkin saja merupakan ciri atau gejala yang ditimbulkan oleh berbagai macam penyakit, baik itu kronis maupun penyakit yang ringan.

Ada baiknya kamu langsung pergi ke dokter yang ahli dan profesional menangani penyakit tersebut, apabila kamu mengalami gejala-gejala di atas.

Jenis Mimisan

instagram.com
instagram.com

Secara garis besar, mimisan sendiri memiliki 2 jenis utama. Kedua jenis utama dari gejala mimisan ini sendiri terbagi atas dasar lokasi dari pendarahan pada hidung. Berikut ini adalah kedua jenis mimisan

Pertama, mimisan anterior. Mimisan anterior merupakan salah satu jenis mimisan yang paling sering terjadi pada tubuh secara umum.

Kira-kira 90% kasus mimisan merupakan mimisan yang berjenis anterior. Mimisan anteriot merupakan mimisan yang terjadi karena pendarahan pada bagian depan hidung.

Kedua, mimisan posterior. Mimisan posterior merupakan jenis mimisan yang jarang terjadi dan memiliki kondisi yang lebih serius dibandingkan dengan mimisan posterior. Biasanya pendarahan yang muncul lebih banyak daripada mimisan anterior.

Mimisan anterior terjadi karena pendarahan yang berasal dari pembuluh darah yang berada pada bagian belakang hidung, di antara langit-langit mulut dan rongga hidung.

Pada dasarnya, siapapun ketika dihadapkan atau mengalami kejadian yang memicu atau penyebab dari mimisan, maka dia akan mengalami gejala mimisan tersebut.

Namun demikian, beberapa kelompok individu merupakan kelompok yang memiliki faktor resiko cukup tinggi dalam mengalami gejala mimisan, yaitu anak-anak, lansia, Ibu hamil, pengguna obat-obatan yang bersifat antikogaulan, penderita hemophilia.

Ketika kamu mengalami gejala mimisan, mungkin ada di antara kamu yang bertanya-tanya, mengapa bisa mengalami gejala mimisan seperti ini? Apa sih penyebabknya?

Cara Mencegah Mimisan

penyakitdemamberdarah.com
penyakitdemamberdarah.com

Untuk mencegah terjadinya mimiasn sendiri lebih ditekankan kepada perubahan kebiasaan atau perilaku, seperti tidak mengorek hidung terlalu dalam.

Menggunakan masker saat bekerja di lokasi yang banyak allergen dan polutan. Tidak membuang ingus terlalu keras

Selalu jaga kesehatan dan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi.

Obat Tradisional Mimisan

caratono.blogspot.com
caratono.blogspot.com

Akar Teratai. Sediakan 200 gram akar teratai, lalu ditumbuk sampai halus. Gunakan airnya sebagai obat tetes hidung, sebanyak 3 tetes air. Silahkan minum sisanya.

Rambut Jagung. Ambil 50 gram rambut jagung, kemudian rebus bersama 400 cc air. Biarkan airnya mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah itu, airnya disaring. Minumlah airnya selagi hangat.

Akar Alang-Alang. Sediakan 60 gram akar alang-alang, kemudian direbus bersama 400 cc air sampai mendidih. Biarkan airnya menyusut hingga setengahnya. Minum airnya selagi hangat.

Pegagan. Ambil 60 gram pegagan, kemudian direbus ke dalam 400 cc air. Biarkan airnya mendidih selama beberapa menit, sehingga tersisa setengahnya. Segera minum airnya selagi hangat.

Kangkung segar. Sediakan 25 gram kangkung segar dan air secukupnya, kemudian masukkan ke dalam blender. Jus kangkung dapat diminum secara teratur untuk mengatasi mimisan yang sering dialami.

Kacang Tanah. Siapkan 25 gram kulit kacang tanah, kemudian rebus bersama 400 cc air. Setelah airnya berkurang setengah dari semula, disaring. Minum airnya ketika hangat.

Daun Sirih. Ambil daun sirih 2 lembar. Cuci hingga bersih. Gulung daunnya, lalu masukkan ke dalam hidung.

Cara menghentikan mimisan pada anak, yaitu mintalah anak untuk duduk dengan posisi badan dan kepala agak maju. Jangan biarkan anak berbaring untuk menghindari tersedaknya darah di tenggorokan.

Lalu tekan hidung yang mimisan selama 5 menit untuk mengecilkan pembuluh darah yang pecah. Kompres hidung anak dengan es batu untuk mempercepat proses pembekuan darah.

Masukkan 1 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih dan diremas ke dalam hidung anak. Mimisan yang tidak kunjung berhenti mengindikasi adanya penyakit serius. Bila ini terjadi, segera bawa anak ke dokter.

Daun sendok. Siapkan. 30 gram daun sendok. Cuci bersih daun sendok. Kemudian tumbuk sampai halus. Lalu peras dan minum airnya

Bawang Putih. Siapkan 5 siung bawang putih. Bawang putih dicuci bersih. Kemudian di tumbuk sampai halus. Lalu tempelkan pada lubang hidung yang mengalami mimisan.

Khasiat Daun Sirih selain untuk Mimisan

lifestyle.liputan6.com
lifestyle.liputan6.com

Bisa mengobati penyakit asma, dapat Mengobati radang tenggorokan, bisa membantu menghilangkan bau ketiak, dapat mengobati eksim, atau penyakit kulit lainnya.

Air rebusan sirih juga dapat digunakan untuk membersihkan mata. Meminum air rebusan sirih juga bisa membantu memperlancar haid yang tidak teratur

Tanaman sirih hijau ternyata juga bisa mengusir lalat, semut, nyamuk dan serangga lainnya. Sirih hijaau bisa dijadikan obat mimisan, caranaya ambil selembar daun sirih lalu digulung, sumpalkan kehidung anda.

Selain itu, jika secara rutin berkumur dengan rebusan sirih hijau maka bau mulut tidak sedap pun akan hilang.

Cairan daun sirih hijau, bisa dijadikan sebagai obat semprot hama dan tidak membuat tanaman mati. Hama penyakit yang menyerang tanaman bisa sirna.

Dapat mengobati gigi dan gusi yang bengkak. Caranya adalah cukup kunyah daun sirih hijau secukupnya atau berkumur dengan menggunakan rebusan daun sirih ini. maka sakit gigi dan gusi bengkak secara berangsur-angsur akan hilang.

Daun Sirih Hijau juga dipercaya mampu untuk mengobati keputihan. caranya rebus daunnya dengan porsi secukupnya. air rebusan tersebut dapat diminum dan disamping itu airnya juga digunakan untuk membasuh miss V.

Jika terkena sariawan, maka daun sirih hijau dapat dijadikan solusi yang baik untuk mengatasinya. caranya cukup kunyah daunnya atau bisa juga kumur dengan rebusannya.

Daun sirih hijau juga dipercaya dapat untuk mengobati penyakit demam berdarah. caranya, minum rebusan daunnya, air rebusan itu bisa mematikan kuman yang menjadi penyebab demam berdarah.

Atau bisa juga oleskan daun sirih hijau yang telah dihaluskan ke tubuh, maka nyamuk penyebab demam berdarah tidak akan berani menggigitnya.

Dapat mengobati luka bakar. Caranya panaskan daun sirih hijau agar layu, kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang terkena luka bakar.

Daun sirih hijau juga bisa menghilangkan gatal-gatal di kulit. Caranya cukup oleskan daun sirih hijau yang sudah ditumbuk halus ke bagian tubuh yang gatal-gatal.

Penyebab Mimisan Pada Ibu Hamil

dinifauziah.com
dinifauziah.com

Beberapa wanita mengeluhkan hidungnya yang terasa penuh atau mimisan yang sering terjadi selama kehamilan.

Beberapa peneliti menganggap bahwa gejala-gejala ini terjadi karena perubahan pada peredaran darah akibat perubahan hormon selama masa kehamilan.

Keadaan ini dapat menyebakan membran mukosa dari hidung dan saluran pernapasan membengkak dan mudah berdarah.

Jangan mencoba memakai berbagai obat-obatan untuk meredakan hal ini, seperti dekongestan dan semprotan hidung. Beberapa di antaranya merupakan kombinasi dari beberapa obat-obatan dan tidak dianjurkan pemakaiannya selama kehamilan.

Alat pelembab udara bisa membantu terutama di negera barat di mana pemakaian pemanas pada bulan-bulan musim dingin membuat udara menjadi kering.

Beberapa wanita merasa keadaan membaik bila mereka menaikkan asupan cairan dan memakai pelumas ringan seperti jeli petroluem.

Tindakan pertolongan yang lain adalah menunggu sampai bayi anda lahir sehingga anda dapat bernapas kembali secara normal melalui hidung.

Beberapa kondisi yang terjadi pada masa kehamilan kerap membuat para calon ibu khawatir akan tertular pada janin. Termasuk jika ibu hamil sering mimisan. Mereka khawatir kelak bayinya juga akan mengalami hal yang sama saat beranjak dewasa.

Jangan khawatir, menurut dr Mahatma Sotya Bawono, SpTHT dari RS Akademik UGM Yogyakarta, mimisan atau keluarnya darah dari hidung bukanlah suatu kondisi yang pasti akan diturunkan pada anak.

Tetapi jika kondisi mimisan tersebut disebabkan karena alergi atau penyakit kelainan pembuluh darah (teleangiektasia), kondisi tersebutlah yang diturunkan ke janin dan pada akhirnya dapat menyebabkan mimisan.

Oleh sebab itu, meskipun dianggap sebagai kondisi yang normal dan wajar terjadi saat hamil, tak ada salahnya Anda mengonsultasikannya ke dokter agar dikenali secara pasti apa penyebabnya.

Bisa saja mimisan yang terjadi ini disebabkan karena hal lain yang sifatnya tak sewajarnya, misalnya karena penyakit kelainan pembuluh darah yang disebutkan dr Bonnie sebelumnya.

Periksakan kondisi mimisan untuk memastikan apakah itu merupakan mimisan normal atau kondisi yang patologis.

Penyebab Mimisan Pada Anak

tanyabidan.com
tanyabidan.com

Anak-anak lebih sering mengalami mimisan daripada orang dewasa. Penyebab mimisan pada anak biasanya karena daya tahan tubuh mereka lebih lemah daripada orang dewasa. Berikut ini hal-hal yang menjadi penyebab mimisan pada anak :

Faktor Organik. Ditandai kelainan organ bawaan sejak usia dini. Bisa berupa kelemahan pada organ hidungnya atau pembuluh darah hidung.

Contohnya, pembuluh darah hidung yang terlalu lebar, terlalu tipis atau rapuh. Dengan begitu, ketika aktivitas anak berlebihan, terkena iritasi atau mengalami stres sangat mudah mengalami mimisan.

Faktor Gangguan Medik. Terjadi karena adanya gangguan pembekuan darah. Sel darah merah atau trombosit akan segera bereaksi menutup luka ketika tubuh mengalami luka.

Setelah luka berhasil ditutup maka trombosit secara otomatis terlibat dalam pembekuan darah. Mimisan karena faktor medik ini, disebabkan pembuluh darah dan trombosit gagal berfungsi menutup luka. Berarti, gagal dalam pemeliharaan pembuluh darah.

Jika Bayi Mimisan

motherandbaby.co.id
motherandbaby.co.id

Pernah mengalami hal demikian? Itu artinya selaput bayi memiliki selaput lendir dengan pembuluh darah yang tipis. Anak-anak, terutama bayi, memiliki pembuluh darah dan selaput lendir yang masih tergolong tipis.

Inilah mengapa hidung bayi rentan sekali mengalami pendarahan karena hal kecil sekalipun. Pembuluh darah yang tipis tentu saja sangat rapuh dan mudah sekali pecah.

Salah satu pemicunya adalah cuaca yang terlalu panas maupun terlalu dingin. Hal ini terjadi saat si kecil mengalami demam tinggi yang membuat udara terlalu kering.

Trauma fisik yang kecil sekalipun seperti mengorek hidung dengan jari atau terbentur saat jatuh bisa menjadi penyebab mimisan pada bayi. Hal ini juga berlaku ketika hidung si kecil iritasi akibat flu dan alergi.

Kelainan anatomi penyebab mimisan pada bayi. Tidak semua bayi dilahirkan dengan sempurna. Sedikit kelainan pada anatomi hidung bisa menyebabkan pendarahan yang disebut dengan epistaksis atau mimisan.

Misalnya kelainan rongga hidung yang lebih kecil sebelah karena dinding pembatas yang miring atau bergeser. Adanya sinusitis atau tumbuhnya polip juga merupakan salah satu penyebab mimisan pada bayi yang ditemukan dalam berbagai kasus.

Cara menangani mimisan pada bayi. Dari berbagai penyebab mimisan pada bayi, disarankan agar orang tua melakukan prosedur pertolongan pertama agar pendarahan dapat berhenti dan tidak mengganggu pernapasan sang bayi.

Usahakan untuk tetap tenang dan tidak panik. Sebisa mungkin bujuk anak untuk duduk tegak atau gendong dalam posisi kepala yang mendongak ke depan untuk memungkinkan darah tidak kembali tertelan.

Pakai jari telunjuk dan jempol untuk menekan pelan cuping hidung anak. Ajari anak untuk bernapas melalui mulut.

Bila diperlukan, dapat menggunakan es batu yang di bungkus dengan kain untuk mengompres hidung si kecil.

Daun sirih juga bisa digunakan untuk menyumbat lubang hidung si kecil yang mengalami mimisan. Lepaskan sumbat atau tekanan di hidung bayi setelah 3-5 menit. Jika mimisan masih berlangsung, lakukan lagi langkah-langkah diatas.

Bila dalam total waktu 30 menit darah masih juga mengalir, bawa bayi ke klinik atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis.

Dokter akan menyarankan pemeriksaan lebih lanjut untuk mencari penyebab mimisan pada bayi yang sebenarnya.

Pemeriksaan bisa meliputi CT Scan atau bahkan MRI untuk memastikan ada atau tidaknya penyakit berbahaya yang menyebabkan mimisan pada si kecil.

Alangkah lebih baik, kenali gejalanya sejak sedari dini, sebelum semua terlambat. Lakukan tindakan pencegahan penyakit dalam tubuh dengan melakukan pola hidup dan pola makan yang sehat.

Perbanyak juga wawasan mengenai beberapa gejala awal penyakit-penyakit tertentu, sebagai bentuk kewaspadaan dini.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *