kutono.blogspot.com

Gejala dan Penyebab Penyakit Kista yang Perlu Diwaspadai oleh Kaum Hawa

Posted on

Penyakit kista dalam ovarium atau rahim wanita, adalah sebuah penyakit mungkin dianggap tidak terlalu berbahaya.

Mungkin beberapa tak sampai menyebabkan kematian.

Namun yang paling membahayakan adalah ketika kista tersebut menghambat seorang wanita untuk memiliki momongan, akibat tingkat stadiumnya yang telah tinggi.

Bagi kaum hawa, kebahagiaan terbesar dan rasa seutuhnya sebagai seorang wanita adalah kala bisa melahirkan seorang anak dan menjadi Ibu.

Namun penyakit kista ini seringkali justru menjadi sebuah sebab. Dimana beberapa kaum hawa harus diangkat rahimnya, sehingga selamanya tak bisa memiliki keturunan.

Sedih sekali bukan?

Untuk itu, bagi kamu para wanita, atau kamu yang memiliki saudara wanita, isteri, atau ibu, perlu mewaspadai beberapa gejala dan penyebab penyakit yang satu ini.

Karena kista kadang datang mendadak dan tiba-tiba sudah masuk stadium besar. Sehingga dari awal kita harus bisa mewaspadainya.

Berikut adalah beberapa gejala dari penyakit kista tersebut:

Perubahan Siklus Menstruasi

caracepatmengobatirefi.blogspot.com

Bagi beberapa wanita yang telah mengidap penyakit kista, bisa dipastikan sebagian besar mereka akan mengalami perubahan jadwal atau siklus dari menstruasinya.

Ada yang datangnya terlalu cepat atau justru terlambat. Ada yang kadanga banyak sekali darah yang keluar, atau justru sangat sedikit sekali.

Kadang juga akan ditemukan di tengah-tengah masa menstruasi maka akan terjadi pendarahan hebat yang abnormal atau tidak sewajarnya.

Perut Membengkak dan Membesar

blog.bukalapak.com

Pada wanita yang menderita penyakit kista, biasanya akan mengalami pembengkakan atau pembesaran abnormal pada perutnya.

Hal ini terjadi karena kista telah membengkak sehingga menginfeksi organ-organ disekitarnya. Apalagi ketika kista melebar dan tumbuh semakin membesar.

Kista bisa berubah menjadi tumor ganas jika dibiarkan saja dan tidak segera ditangani atau diangkat dari rahim.

Dan inilah yang seringkali membuat seorang wanita harus rela diangkat rahimnya.

Rasa Nyeri pada Perut

klikdokter.com               

Rasa nyeri pada perut seorang wanita ini akan timbul kala kista telah membesar menjadi tumor ganas dan mulai menginfeksi organ-organ atau bagian tubuh di sekitarnya.

Rasa nyeri ini sangat menyiksa, dan akan lebih terasa apabila seseorang wanita itu pada masa awal menstruasinya, yang disebut masa PMS (Pre Menstruasi Syndrome).

Selain rasa nyeri pada bagian perut, terkadang pada wanita penderita penyakit kista akan merasakan ngilu di bagian perut bawah, sebelah kiri atau kanan secara bergantian.

Rasa ngilu atau sakit ini rasanya seperti digigit oleh semut. Dan itu juga biasanya berlangsung pada masa-masa tertentu, terutama pada masa PMS tersebut.

Nah, tak hanya perlu mewaspadai gejala-gejala yang bisa timbul akibat penyakit kista tersebut.

Yang perlu diperhatikan juga adalah apa saja sih penyebab dari terjadinya penyakit yang satu ini.

Karena tidak adil ya rasanya, jika kita hanya mewaspadai gejala-gejalanya saja namun tak berusaha mencegah penyebabnya agar tak timbul penyakit ini.

Untuk itu, silahkan kamu simak juga beberapa penyebab penyakit kista di bawah ini:

Pola Makan yang Buruk

www.videoaneh.com

Tak bisa dihindari bahwa pola makan selalu berpengaruh pada kondisi kesehatan seseorang.

Apalagi jika pola makannya buruk. Maka bisa dipastikan akan semakin besar menjadi sebab adanya penyakit di tubuh.

Penyakit kista bisa timbul karena terlalu banyaknya seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dan kurang serat.

Selain jenis makanan tersebut, adanya zat tambahan pangan tak sehat pada makanan akan membuat tubuh semakin rentan pada penyakit.

Zat tambahan pangan kurang sehat ini biasanya ada pada makanan-makanan cepat saji atau makanan instan buatan pabrik, terlebih jika tidak memenuhi standar mutu dan gizi.

Pola Hidup yang Buruk

anakiklan.tumblr.com

Selain pola makan, ternyata memang pola hidup juga sangat berpengaruh pada tingkat kesehatan seseorang.

Seperti halnya penyakit kista ini. Dia akan bisa timbul dengan mudah kala seseorang itu melakukan pola hidup yang sangat buruk.

Misal, dengan terlalu banyak merokok atau minum minuman beralkohol, yang kita semua tahu betapa berbahayanya zat-zat yang terkandung di dalamnya terhadap tubuh kita ini.

Selain itu, kurang olahraga atau sama sekali tak mau berolahraga juga akan membuat tubuh rapuh, lemah, dan semakin mudah dihinggapi penyakit.

Stress

www.caba.org.uk

Kondisi stress atau depresi adalah kondisi yang bisa membuat tubuh menjadi lemah.

Dalam kondisi lemah, tubuh akan lemah imun atau daya tahan juga, sehingga penyakit akan semakin mudah masuk.

Faktor Eksternal

jalantikus.com

Faktor luar atau eksternal seperti polusi udara atau paparan zat kimia, juga bisa menjadi pengaruh yang besar bagi datangnya penyakit di dalam tubuh.

Termasuk penyakit kista ini. Sehingga seorang wanita harus selalu waspada terhadap kondisi eksternal yang tidak menguntungkan bagi kesehatan.

Faktor Genetik

intisari-online.com

Tak bisa dipungkiri bahwa faktor keturunan adalah salah satu sebab terbesar juga dalam tumbuhnya suatu penyakit dalam tubuh seseorang.

Bahkan sebagian besar penderita kista jika diruntut silsilahnya, akan ditemukan Ibu atau Nenek atau Saudaranya ada yang menderita penyakit tersebut.

Itulah tadi beberapa gejala dan penyebab dari penyakit kista yang perlu kaum hawa waspadai sejak dini. Jangan sampai setelah penyakit berubah parah, kita baru menyadarinya.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *