carauntuk-terbaru.blogspot.com

Waspadai 9 Gejala Penyakit Lupus!

Posted on

Istilah autoimun yang belum banyak diketahui oleh masyarakat maupun para dokter, menjadi penting untuk dipelajari saat ini. Sebab penyebab munculnya penyakit lupus masih berkaitan dengan istilah autoimun.

Autoimun terjadi karena tubuh tidak bisa membedakan antara yang mana bakteri jahat dan yang mana bakteri baik.

Dalam hal ini, bakteri baik masuk ke dalam kategori antibodi yang diperoleh dari protein dan berfungsi untuk menghancurkan bakteri jahat.

Sedangkan bakteri jahat itu sendiri biasanya berupa virus atau kuman. Bakteri yang pada awalnya bersifat sebagai antibodi ini kemudian berubah menjadi autoantibodi. Akibatnya, semua bakteri tersebut menyerang sistem kekebalan tubuh kita sendiri.

Meskipun belum ada kepastian jelas dari para ahli kesehatan mengenai penyebab munculnya penyakit lupus, namun 9 hal ini diduga dapat mempengaruhi timbulnya penyakit lupus.

Faktor Genetika

lacaxcom.blogspot.com
lacaxcom.blogspot.com

Ada saja orang-orang yang pola hidupnya sudah sehat, asupan gizi juga seimbang, sangat menjaga kebersihan, rutin berolah raga, namun terserang penyakit lupus tanpa tahu penyebab pastinya karena apa.

Jika ada kejadian seperti ini, maka kemungkinan besar orang tersebut terkena lupus karena factor genetic. Barangkali ada saudara, kakek, nenek, atau orang tua yang pernah terkena lupus.

Sinar Matahari

miriadna.com
miriadna.com

Sinar matahari dapat menjadi salah satu faktor munculnya penyakit lupus pada diri seseorang. Paparan sinar matahari dapat memicu respons internal yang biasa terjadi pada seseorang dengan kondisi tubuh rentan. Akibatnya, orang tersebut akan mudah sakit.

Konsumsi Obat-obatan

rumahsakit.unair.ac.id
rumahsakit.unair.ac.id

Lupus juga bisa terjadi karena penggunaan obat-obat antibiotik, anti kejang dan obat tekanan darah yang berlebihan maupun penggunaan obat yang sesuai daran dokter tapi ternyata tidak cocok untuk tubuh tertentu.

Jika gejala lupus terjadi karena mengkonsumsi obat-obatan jenis ini, lebih baik dihentikan segera. Penyakit lupus yang diakibatkan oleh obat-obatan ini bisa hilang kok.

Asalkan ketika penderita sadar akan efek yang muncul ini, ia bisa segera menghentikan penggunaan obat-obatan tersebut.

Kelebihan Sistem Kekebalan Tubuh

m.keepo.me
m.keepo.me

Penyebab lain dari munculnya penyakit lupus ini adalah karena kelebihan sistem kekebalan tubuh.

Jika seharusnya kekebalan tubuh menjadi tameng yang dapat menangkal masuknya virus atau penyakit, termasuk membunuh virus yang ada didalam tubuh,

Maka bagi penderita lupus, kekebalan tubuh justru menyerang sistem organ dalam, seperti ginjal, paru-paru, jantung, hati, dan lain-lain.

Autoimun

balf.org
balf.org

Seperti yang disebutkan di awal bahwa lupus merupakan penyakit autoimun yang muncul ketika tubuh terkena zat asing tertentu, seperti bakteri dan virus. Kemudian sistem imun tersebut juga menyerang jaringan tubuh yang sehat.

Serangan dari system imun tersebut menyebabkan peradangan dan kerusakan pada berbagai bagian tubuh, antara lain sendi, kulit, ginjal, jantung, paru-paru, pembuluh darah dan otak.

Kurangnya Sel Darah Merah

news.tumblr.com
news.tumblr.com

Sel darah dalam jaringan tubuh diserang oleh antibodi yang jumlahnya berlebih. Misalnya saja pada sel darah merah yang hancur. Maka dapat menyebabkan penderita mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah.

Penggabungan Antibodi Berlebih

biologionline.info
biologionline.info

Adanya penggabungan antibodi berlebih dengan anti gen juga menjadi penyebab terjadinya penyakit ini. Antigen adalah zat yang berfungsi sebagai perangsang pembentukan antibodi. Penggabungan ini akan membentuk ikatan yang disebut juga dengan kompleks imun.

Gabungan dari kedua zat ini mengalir bersama darah menuju ke bagian-bagian tubuh lain dan tersangkut pada pembuluh kapiler, kemudian menyebabkan peradangan.

Beban Pikiran (Stres)

carauntuk-terbaru.blogspot.com
carauntuk-terbaru.blogspot.com

Jangan salah. Jika kamu terlalu banyak dan sering memikirkan hal-hal berat, tidak menikmati setiap aktivitas dengan ringan, tenang, dan santai, maka bisa jadi pemicu munculnya gejala penyakit lupus.

Kontrol diri dan emosi menjadi penting agar kamu bisa lebih menikmati setiap aktivitas tanpa terbebani dengan masalah yang pasti akan muncul.

Kelelahan

selasar.com
selasar.com

Terlalu lelah juga tidak baik bagi kondisi imun. Imunitas yang rendah cenderung membuat tubuhmu menjadi rentan dan lemah. Maka jaga pola hidup, mulai dari jam tidur, makan, olah raga, dan asupan gizi.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *