Meningitis adalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada selaput pelindung yang menutupi saraf otak dan tulang belakang yang dikenal sebagai meninges.

Peradangan biasanya disebabkan oleh infeksi dari cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang.

Ketika meradang, meninges membengkak karena infeksi yang terjadi. Sistem saraf dan otak bisa rusak pada beberapa kasus. Tiga gejala meningitis yang patut diwaspadai adalah demam, sakit kepala, dan leher yang terasa kaku.

Meningitis dapat berkembang sebagai respon terhadap sejumlah penyebab, biasanya bakteri atau virus, tetapi meningitis juga bisa disebabkan oleh cedera fisik, kanker atau obat-obatan tertentu.

Tingkat keparahan penyakit dan pengobatan untuk meningitis berbeda tergantung pada penyebabnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab spesifik dari meningitis.

1Virus

taloshealthsolutions.com

Sebenarnya penyebab penyakit meningitis ini bukan merupakan jenis virus yang begitu berbahaya.

Namun, jika sudah parah dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang serius seperti kerusakan otak, kurangnya daya ingat, kurangnya kemampuan pendengaran dan bahkan menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara serius.

Virus penyebab penyakit meningitis pada awalnya menginfeksi bagian tubuh penderita dan mengalir masuk ke dalam sel-sel syaraf pusat yaitu otak manusia.

Jika meningitis akut menyerang secara tiba-tiba, meningitis kronis berkembang kira-kira dalam hitungan hari bahkan dua minggu aau lebih. Namun demikian, gejala keduanya hampir sama, yaitu sakit kepala, demam, muntah-muntah, kondisi kesehatan mental rendah, dll.

Penyebab utama penyakit meningitis pada dasar nya adalah virus yang dapat menyerang manusia dalam kondisi kekebalan tubuh seperti apapun.

2Bakteri

obatradangotak.com

Selain itu juga dapat disebabkan karena infeksi akibat bakteri atau pun jamur, meskipun ini sangat jarang dijumpai.

Bakteri penyebab meningitis tersebut antara lain: Streptococcus pneumonia yang biasanya menginfeksi bayi, anak-anak, maupun dewasa. Bakteri ini paling lazim menyebabkan pneumonia, infeksi telinga, atau sinus.

fitnessformen.co.id
fitnessformen.co.id

Bakteri Neisseria meningitides dengan jenis penyakit yang umumnya terjadi saat bakteri dari infeksi pernafasan atas masuk ke aliran darah. Infeksinya sangat mudah menular, umumnya menjangkiti remaja dan dewasa, bersifat epidemic dalam ruang lingkup lokal.

Bakteri Haemophilus influenza dulu pernah menjadi penyebab utama meningitis pada anak-anak. Tetapi setelah ditemukannya vaksin baru bagi bakteri ini, risiko meningitis semakin mengecil.

Bakteri Listeria monocytogenes biasanya ditemukan pada makanan siap saji. Bakteri ini dapat menembus penghalang plasenta. Terjadinya infeksi di akhir masa kehamilan dapat menyebabkan kematian bayi di dalam kandungan atau setelah lahir.

3Jamur

voaindonesia.com

Meningitis karena jamur (fungi) jarang ditemui dan biasanya menyebabkan meningitis kronis. Bahkan, kadang-kadang meningitis jamur bisa menyerupai meningitis bacterial akut.

Tetapi meningitis jenis ini tidak memiliki sifat menular. Biasanya mempengaruhi orang dengan kasus defisiensi imun, misalnya yang bisasa ditemukan pada penderita AIDS.

Meningitis jenis ini bisa mengancam jiwa jika tidak segera ditangani dan diobati dengan obat antijamur.

obatinfeksirahimpalingampuh.wordpress.com
obatinfeksirahimpalingampuh.wordpress.com

Pada tahun 2012, meningitis jamur sempat menjadi topic utama dunia karena menyebabkan wabah di beberapa Negara.

Kasus-kasus meningitis jamur berkaitan dengan obat tertentu yang telah terkontaminasi dan disuntikkan ke tulang belakang untuk mengatasi sakit punggung atau leher.

4Lemahnya Kekebalan Tubuh

nbcnewyork.com

Pada dasarnya, seseorang akan terserang penyakit meningitis dikarenakan kekebalan tubuh yang lemah.

Maka penting bagi kita yang masih memiliki tubuh yang sehat untuk tetap menjaga kesehatan dengan memilih makanan atau suplemen untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Dengan kekebalan tubuh yang baik, maka berbagai virus atau bakteri penyebab penyakit akan secara otomatis dibunuh dan dikeluarkan melalui saluran pembuangan.

Penyebab lain meningitis juga bisa diakibatkan berbagai factor yang tidak bersifat infektif (menyebabkan infeksi) misalnya, reaksi kimia tertentu, alergi obat, dan penyakit peradangan.