Setiap pasangan suami istri pasti pernah mengalami masalah. Itulah bumbu yang ada dalam bahtera rumah tangga dan dapat digunakan sebagai peluang kebaikan maupun keburukan.

Konflik yang hadir tersebut dapat terjadi pada pasangan yang baru menikah maupun pasangan yang telah lama menikah, dengan beragam penyebab.

Masalah tersebut lantas menimbulkan perdebatan antara suami istri, hingga keadaan rumah menjadi panas dan tidak nyaman.

Namun, yang harus disadari oleh setiap pasangan yang telah menikah adalah tidak mungkin tidak ada solusi dalam masalah apapun yang muncul. Nah, masalah rumah tangga yang muncul dapat dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya:

1Kurangnya Komunikasi

muslimahcorner.com

Komunikasi sangat penting dalam berumah tangga. Sekecil apapun kegiatan yang dilakukan masing-masing (suami dan istri) jika berkaitan dengan keluarga, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu kepada pasangan.

Ketika kurang menjalin komunikasi dengan pasangan, dan mengambil tindakan atau keputusan sendiri tanpa memberitahukan hal tersebut sebelumnya, maka berpotensi memunculkan perdebatan.

Pasangan akan mulai berpikir negatif dan merasa tidak dihargai, tidak dihormati, tidak dianggap, atau tidak ada kedudukan dalam memberikan keputusan di dalam rumah tangga.

2Waktu yang Tidak Tepat

indonesianfilmcenter.com

Pemilihan waktu sangat penting dalam diskusi. Jika ingin mengajak pasangan dalam berdiskusi, sebaiknya lihat keadaan atau waktu yang tepat.

Misalnya saat suami sedang sibuk, baru pulang kerja atau saat sedang tidur, tiba-tiba istri mengajak diskusi. Rasa lelah yang dirasakan akan dapat memancing emosinya.

3Hanya Memikirkan Diri Sendiri

aawannnn.blogspot.com

Setelah menikah, tidak sedikit orang yang hanya memikirkan diri sendiri sehingga menuntut pasangannya untuk selalu mengerti dirinya tanpa memikirkan apakah hal tersebut bermanfaat bagi pasangannya juga atau tidak.

Sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut karena saat status pria dan wanita telah menjadi suami istri, artinya sudah harus siap menyatukan dua pemikiran yang berbeda.

4Membentak Pasangan

ummi-online.com

Setiap pasangan yang sudah menikah selalu mendambakan hubungan yang harmonis. Bersikap lemah lembut dan bertutur kata yang manis akan dapat menyenangkan hati pasangan.

Cobalah untuk lebih mengontrol emosi dan hindari sikap membentak. Kalimat yang diucapkan, yang awalnya mengandung pesan, akibat disampaikan dengan bentakan akan berubah menjadi kesalahpahaman dan menimbulkan masalah baru.

5Meninggalkan Pasangan Saat Debat

ummi-online.com

Ketika sedang berdebat dengan pasangan, sebaiknya berusahalah untuk lebih tenang dan pelan-pelan sambil mencari solusinya.

Sebuah penelitian dari University of Michigan menemukan bahwa pasangan yang berargument disaat yang satu sedang berusaha mencari solusi, sedangkan pasangan yang satunya justru meninggalkan debat, ternyata bisa berakibat pada perceraian.