Setiap orang yang telah menikah pasti menginginkan segera mendapatkan momongan. Karena hadirnya anak yang lucu-lucu bisa menambah semangat hidup.

Selain itu, hadirnya momongan juga dapat menjadi perekat cinta pasangan, karena sejatinya anak adalah titipan Tuhan yang harus dijaga dan dididik dengans epenuh jiwa dan raga.

Namun bagi sebagian pasangan, ada sebuah hal yang sangat meresahkan, seperti misalnya setelah sekian lama menikah namun belum juga dikaruniai momongan.

Dan bahkan bukan tak mungkin bahwa dimulai dari masalah itu, komunikasi pasangan menjadi semakin memburuk dan parahnya ada yang sampai memutuskan berpisah.

Sebenarnya, seseorang yang tak kunjung hamil setelah sekian lama menikah itu bukan karena salah satu atau keduanya mandul, namun mungkin ada beberapa hal yang menjadi penyebab seseorang susah hamil.

Nah, apa sajakah itu?

Yang pertama adalah program penunda kehamilan. Bagi para pengantin baru disarankan untuk jangan langsung menjalankan program menunda kehamilan terlebih dahulu.

Jika memang terpaksa, maka jangan sampai menjalankan program ini dalam waktu yang lama.

Karena semakin lanjut usia seorang wanita maka dia akan semakin jauh dari usia produktif yang maksudnya adalah kemampuan dalam menghasilkan keturunan.

Sel telur wanita semakin lanjut usianya semakin berkurang pula jumlah yang dihasilkan. Selain itu kualitasnya dalam kemampuan untuk dibuahi juga semakin menurun.

Yang kedua adalah gaya hidup tak sehat. Jelas sekali bahwa kebiasaan buruk dalam hidup kita, serta konsumsi pangan yang tak sehat bisa menjadi faktor kuat kondisi kesehatan kita.

Terlebih dalam masalah kehamilan, dimana sel telur akan sulit dihasilkan jika seseorang dalam kondisi tak sehat, pun kualitasnya dalam kemampuan untuk dibuahi juga semakin menurun.

Dan yang ketiga adalah kualitas sperma. Karena tak bisa dipisahkan juga masalah yang satu ini. Sel telur tak akan mampu berubah menjadi sosok bayi tanpa adanya sperma yang membuahi bukan?

Untuk itu, yuk jalankan pola hidup sehat sejak dini!