Usus buntu merupakan organ berbentuk tabung kecil dan tipis berukuran 5-10 cm yang terhubung di usus besar (tempat tinja terbentuk). Penyakit ini merupakan penyakit pembengkakan dan infeksi yang terjadi pada usus.

Penderita penyakit ini akan sering mengeluhkan perutnya yang sakit, melilit dan sakitnya kadang hilang tapi tambah rasa sakitnya. Gejala lain seperti mual, susah buang air, nafsu makan turun, demam dan pembebengkaan pada perut.

Penyakit ini termasuk penyakit yang urgent yang harus segera ditangani, kalau tidak akan mengakibatkan bahaya bagi penderita. Untuk itu kita harus hati-hati dalam soal begini.

Kita harus tahu apa penyebab penyakit ini dan cara pecegahannya, karena mencegah lebih baik daripada mengobati kan?

Penyebab penyakit ini belum diketahui dengan pasti sehingga pencegahannya juga belum diketahui, tapi sebagian besar diperkirakan terjadi akibat tersumbatnya ‘pintu masuk’ menuju usus buntu oleh tinja.

Tapi ada beberapa penyebab ringan yang harus kamu hindari guys, yuuk disimak di bawah ini.

1Pola Makan yang Buruk

detik24.com

Pola makan yang buruk pasti akan membuat kamu menyesal, selain tubuh menjadi tidak karuan, kesehatan juga akan terganggu.

Yang perlu kamu tahu bahwa pola makan buruk tidak hanya mengakibatkan usus buntu tapi juga banyak penyakit lain yang akan datang. Makanan yang instan dan yang banyak mengandung minyak harus dihindari.

2Menunda Lapar Terlalu Lama

segiempat.com

Menunda lapar untuk makan juga tidak baik untuk usus guys, selain akan membuat kehilangan tenaga, lapar yang tidak diatasi akan merusak usus dan menyebabkan sakit-sakit yang lain.

Hal ini berbeda dengan orang puasa, kalau puasa itu seperti kegiatan ajaib guys, tidak makan tapi malah sehat, tapi kalau lagi tidak puasa, mending kamu makan dech.

3Susah Buang Air Besar

cloverjelly.com

Buang air besar lancar merupakan bagian dari kesehatan yang harus dijaga betul, karena kegiatan ini juga sangat berpengaruh bagi kesehatan. Buang air besar jika sulit maka akan juga mempengaruhi pencernaan dan usus.

Agar kegiatan di toilet ini lancar kamu harus seimbangkan kebutuhan serat di tubuhmu, jangan sampai kurang kalau tidak mau bermasalah dengan pencernaan.

4Kurangi Makanan terlalu Asam, Pedas dan Asin

inforesepku.com

Makanan yang terlalu pedas harus kamu kurangi, karena untuk usus juga tidak terlalu baik, selain itu makanan yang terlalu asin juga kurang baik karena kandungan garam terlalu tinggi akan merusak usus.

Selain itu kurangi juga makanan yang terlalu asam, karena asam akan berpengaruh pada lambung dan usus.

5Bakteri

desa-informasi.blogspot.com

Penyebab sakit usus buntu juga bisa karena ada bakteri yang masuk ke saluran cerna yang kemudian berkembang biak dengan membelah diri. Bakteri jenis E.colli dan Salmonella yang sering menghinggapi tubuh manusia.

Bakteri ini masuk melalui makanan manusia yang tidak bersih ketika mencuci, akibatnya bakteri ikut masuk ke dalam tubuh ketika di makan manusia.

Bakteri yang di dalam usus akan memakan sari-sari makanan dan meninggalkan kotoran di dalam usus, otomatis usus akan terinfeksi, menjadi radang dan kotoran tersbut sulit dikeluarkan, harus operasi untuk mengeluarkannya.

Untuk itu membersihkan makanan sangat penting guys, mata telanjang manusia tidak bisa melihat bakteri yang sangat kecil, pilih juga makana yang jelas bersih dan higienis, jangan asal-asalan, bisa bahaya.

Itu beberapa hal yang menjadi penyebab sakit usus buntu dan mari kita berusaha maksimal untuk hidup sehat. Karena sehat mahal harganya guys, yuuk berusaha! semoga menginspirasi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here